Situs Dr Lie Dharmawan dan rekan rumah sakit apung membantu masyarakat miskin


Kategori : Green | Date : 7 March 2014


Bila menyaksikan tayangan dari Kick Andy di MetroTV. Menceritakan seorang dokter ahli bedah yang mendirikan rumah sakit apung pertama di Indonesia. Dr.Lie Dharmawan adalah doktor lulusan Jerman, kembali ke Indonesia untuk melayani masyarakat miskin dengan hati.

Dia mulai menjemput pasien tahun lalu ke daerah terpencil. Satu kalimat yang menarik ketika sang ibu menyampaikan pesan kepada dirinya. "Bila kau menjadi dokter, jangan peras pasien miskin, karena mereka tetap membayar. Tetapi sesampai dirumah, mereka akan menangis karena tidak bisa membeli beras"

Satu lagi adalah langkah dari organisasi para dokter yaitu Doctershare.org. Adalah upaya nyata dari para dokter untuk mengabdikan ilmu yang mereka miliki kepada masayarakat. Jasa mereka terkadang tidak dibayar, bahkan lebih banyak nombok. Mendampingi layanan Dr Lie untuk bidang lain seperti dokter umum.

Dibawah ini kutipan dari situs Doctorshare.org - Sejarah Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan

26 Maret 2009, doctorSHARE melakukan pelayanan medis cuma-cuma di Langgur, Kei Kecil – Maluku Tenggara. Saat melangsungkan bedah, di luar rencana datang seorang ibu membawa anak perempuannya yang berusia 9 tahun dalam keadaan usus terjepit. Mereka telah berlayar selama tiga hari dua malam mengarungi lautan. Menurut teori medis, seseorang dengan usus terjepit harus sudah dioperasi dalam 6-8 jam. Anak perempuan tersebut dioperasi dan akhirnya sembuh. 

Peristiwa ini sangat menggugah hati pendiri doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli), dr. Lie A. Dharmawan, Ph.D, FICS, Sp.B, Sp.BTKV. Bayangan anak perempuan tersebut selalu melintas dalam benaknya. Beliau pun terpanggil melakukan sesuatu bagi mereka yang tidak mendapatkan pelayanan medis sebagaimana mestinya karena kendala geografis dan kondisi finansial. Ide utamanya adalah “menjemput bola” melalui Rumah Sakit Bergerak atau Rumah Sakit Terapung di atas sebuah kapal.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga masih harus melakukan banyak hal untuk memberikan pelayanan medis sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945. Banyak warga pra sejahtera belum mendapatkan pelayanan medis memadai. 

Penelitian mulai dilakukan. Diketahui bahwa jenis kapal untuk Rumah Sakit Apung yang sesuai dengan kondisi Indonesia bukanlah kapal besar yang sulit merapat ke pulau-pulau kecil. Di samping itu, jenis kapal berbahan fiber juga terlalu ringan dan akan segera bocor ketika menabrak karang.

Di Seattle, Amerika Serikat – dr. Lie A. Dharmawan mengunjungi museum kapal laut dan melihat kapal laut berbahan kayu berusia seratusan tahun dalam kondisi yang masih sangat baik. Dari perpustakaan di sana, terdapat sebuah artikel yang menulis bahwa jenis kayu terbaik bagi kapal adalah kayu ulin yang tumbuh di Indonesia dan Filipina.

Pulang ke Indonesia, dr. Lie mulai mencari kapal kayu dan akhirnya menemukan sebuah kapal barang di Palembang. Kapal berjenis pinisi tersebut akhirnya dibeli tahun 2012. Kapal dapat memuat barang hingga 250 ton dan mampu berlayar dari Palembang menuju Riau, Batam, dan sebagainya. Dengan kualifikasi tersebut, Rumah Sakit Apung dapat berdiri di atas kapal ini.

Draft kapal sangat tinggi yaitu 4,4 meter. Kamar-kamar pun mulai didirikan di dalam lambung kapal. Kondisi ini sangat menguntungkan karena guncangan saat melangsungkan tindakan bedah (operasi) di dalam lambung kapal jauh berkurang dibandingkan jika harus melakukannya di atas geladak.

Melalui perombakan, lahirlah Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan yang terdiri dari dua tingkat. Bagian dasar digunakan sebagai ruang Rontgen, EKG, USG, serta laboratorium. Di tingkat atas terdapat Kamar Bedah, Ruang Resusitasi, Ruang Dokter, dan sebagainya.

Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan milik doctorSHARE berlayar untuk uji coba pelayanan medis perdananya pada 16 Maret 2013 ke Kepulauan Seribu dan diresmikan pada 6 Juni 2013.

Program-program yang dijalankan doctorSHARE adalah:

1. Pelayanan medis: pengobatan umum, bedah minor, bedah mayor
2. Bantuan Kemanusiaan Untuk Bencana Alam
3. Pendampingan Kesehatan
4. Panti Rawat Gizi
5. Kampanye Kesehatan
6. Rumah Sakit Apung

Langkah seperti Dr.Lie bisa ditemukan di beberapa klinik kecil atau praktek dokter yang mengenakan biaya murah. Umumnya dokter seperti ini membuka praktek di pinggir kota atau membuka klinik 24 jam dengan biaya murah bagi masyarakat. Atau pensiunan Dr Lo yang membuka praktek dokter gratis di Solo.

Lalu siapa Doctorshare.org ini. Organisasi tersebut adalah para dokter yang membantu dan mendampingi Dr. Lie. Puluhan dokter aktif disana, dan beberapa dokter akan ikut serta membantu layanan medis selain layanan operasi yang ditangani oleh Dr Lie.

Untuk kegiatan Dr. Lie bersama Doctorshare.org lebih banyak membantu masyarakat di daerah terpencil dan mencari dana dari sumbangan suka rela. Langkah nyata seperti mereka akan lebih membantu masyarakat Indonesia. Karena mereka tidak menunggu pasien datang, tapi langsung menjemput para pasien. Sayangnya baru satu rumah sakit apung yang dibuat.




Bila tertarik melihat upaya Dr Lie Dharmawan dan rekan bisa dibaca via www.doctorshare.org/index.php/news/2013/06/14/73/sejarah-rumah-sakit-apung-dr-lie-dharmawan.html

+ www.doctorshare.org

Berita terkait
Kanker kedua jumlahnya kembali meningkat. Data kesehatan di Amerika menunjukan 1 dari 5 kasus penyakit kanker, adalah pasien yang pernah terkena kanker dan harus kembali pendapatkan perawatan setelah terdiagnosis memiliki kanker kedua. Salah satu penyebab bahan akrilamida pada makanan yang di bakar

Dampak industri dan limbah serta irigasi pertanian, membawa bencana di daerah Punjab. Memiliki tingkat penderita kanker paling tinggi dari rata rata nasional di India.



Disisi pembuat impian atau mereka yang membutuhkan dukungan dapat menjelaskan proyek apa yang akan dibuat. Termasuk berapa biaya yang dibutuhkan. Setiap proyek yang masuk akan di nilai apakah termasuk kategori yang diberikan oleh Wujudkan.com

Menceritakan seorang pria yang berkoran bagi orang lain. Tidak hanya miliknya tapi jasanya. Seakan menjadi penyelamat semua mahluk hidup. Dan mendapatkan apa yang tidak bisa dibeli oleh uang dan membuat dunia lebih indah

Kaya raya bukan berarti berapa banyak yang kau miliki, tapi berapa banyak yang bisa kau beri. Dengan memberi kamu akan merasa bahagia. Salah satu film pendek Gift antara perbedaan kaya dari ayah dan anak

Coklat yang bermanfaat bagi keseyatan adalah coklat hitam atau Dark Chocolate. Berguna untuk kesehatan jantung. Ilmuwan menemukan kebiasaan orang memakan 70g coklat hitam setiap hari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah mereka secara dramatis.

Ini cerita dari India, ketika orang sakit jantung biasanya terlambat di tolong. Terlebih kota Mumbai yang macet, sama saja  bencana bagi penderita jantung. Dokter di rumah sakit KEM beralih dengan sistem lain dengan teknologi internet.



Menceritakan seorang pencuri cilik, dia mencuri untuk ibunya.30 tahun berlalu, si tukang sup masih sama saja. Selalu memberikan makan kepada pengemis. Sayang si penjual sup ternyata sakit dan koma. Apa yang diberikan pesan dari film pendek ini




No popular articles found.