Quasar menimbulkan ilusi optik seperti cahaya lingkaran


Science | 7 March 2014

Benda ini ada di konstelasi Crater. Dilakukan observerasi pada tahun 2009, benda ini adalah Quazar atau lubang hitam. Diabadaikan oleh teleskop X-Ray Chandra dan baru dipublikasikan 5 Maret 2014.

Benda berbentuk lensa gravitasi tersebut adalah sebuah galaksi berbentuk elip  sebuah Quazar. Quazar tersebut dikenal dengan RX J1131 - 1231 dan disingkat RX J1131. Letaknya 6 miliar tahun cahaya dan lebarnya membentang 1.6 juta tahun cahaya.

Menurut peneliti, lubang ini memiliki putaran sangat cepat. Putaran lubang hitam ini mencapai separuh kecepatan cahaya. Peneliti mengatakan benda ini telah berkembang menjadi sangat besar karena kombinasi dengan benda lain. Lubang hitam dengan putaran sangat cepat juga pernah ditemukan di galaksi NGC 1365, mencapai putaran 84% dari kecepatan cahaya

Ini hanya penemuan lubang hitam dan terlihat seperti cermin gravitasi, sehingga cahaya bisa dibelokan dan terlihat membundar dari bumi. Sedangkan gambar disekitar galaksi ini terlihat normal. Diperkirakan lubang hitam ini pernah bergabung dengan benda sejenis.
Bentuk gambar yang melingkar tersebut adalah gambar galaksi yang ada dibelakangnya. Karena terhalang oleh gravitasi lubang hitam dari arah depan, cahaya si galaksinya dibelokan menjadi bentuk lingkaran cahaya. Seakan tampak sebagai portal waktu di ruang hampa.

Foto kiri dengan 4 cahaya jingga merupakan benda asli yang berada disana bila ditangkap oleh camera X-Ray Chandra. Gambar kanan bila dilihat dengan teleskop optik akan terlihat lingkaran cahaya. Lingkaran cahaya terbentuk karena ilusi optik dari kekuatan gravitasi black hole. Karena Blackhole berada di depan yang menghalangi cahaya dibelakangnya membuat cahaya seakan memutar.



Berita terkait
Peneliti mulai mengamati sebuah gas besar sedang mengarah ke lubang hitam di galaksi Bima Sakti. Diperkirakan akan ditelan oleh lubang galaksi kita. Foto terbaru, benda yang diperkirakan gas tersebut adalah bintang dan selamat tidak dimakan oleh Black Hole.

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.



Dari peneliti Nasa menemukan sinyal yang berasal di cluster Perseus. Salah satu objek yang dikenal paling besar di alam semesta. Tapi mereka tidak bisa menjelaskan sinyal tersebut. Pengamatan dilakukan selama 17 hari dari teleskop Chandra X-Ray.

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak

Tahun 1979 dari dunia astronomi menemukan sebuah cahaya yang dianggap terpisah tapi terlihat identik. Akhirnya disadari bahwa benda yang sama dan berdekatan hanya ilusi optik, karena terhalang oleh sebuah galaksi besar.




No popular articles found.
< /body>