Bagaimana cara kerja kapal selam

Kapal selam sendiri dibuat dengan lambung bertekanan. Seperti sebuah silinder yang tertutup, dan awak kapal berada di dalam terlindung tekanan air laut.

Di luar lambung adalah casing atau penutup suprastuktur, dan membentuk hidrodinamika. Membuat kapal dapat bergerak efisien dan halus. Dan paling penting adalah tidak terditeksi alias Silent.

Pada bagian lambung kapal terdapat pompa untuk memasukan air. Agar berat kapal dengan air dapat seimbang dan kapal dapat menyelam dan naik ke permukaan.

Bagian paling menonjol  adalah sirip kapal, kita sering tertipu benda tersebut seperti menara.

Kapal selam di era perang dunia ke 2, memiliki tiang untuk periskop di bagian tengah kapal.

Kapal selam modern seperti kapal selam nuklir berbeda. Memiliki bagian periskop di bagian depan.

Menara kapal bukan untuk berdiri diatas, tapi ketika kapten bisa mengendarai kapal selam selama berada di permukaan. Beberapa peralatan ditempatkan diatasnya seperti antena, periskop dan tiang radar. Bagian belakang berisikan ruang rudal, karena tugas kapal selam nuklir untuk melakukan penyerangan dari laut ke darat.

Di antara tabung luar dan dan lambung ditempatkan tangki pemberat. Tangki tersebut barada di bagian bawah, dan memiliki katup dibagian atas.

Saat menyelam katup diatas terbuka dan membiarkan udara keluar dan air masuk ke dalam tanki beban. Membuat kapal selam menjadi lebih berat untuk menyelam.
Ketika kapal selam ingin naik, katup tertutup dan udara bertekanan ditiupkan untuk membuat kapal mengapung kembali.
Di tangki terdapat terdapat tangki trim, memungkinkan kapten untuk menyempurnakan daya apung ketika dibawah permukaan air.



Kapal selam modern dikembangkan dengan banyak teknologi. Memiliki peredam getaran baling, bagian ubin kapal anti sonar membungkus lambung kapal, dan kemampuan  kapal selam menyelam lebih dalam untuk menghindari sensor atau sonar.

Kapal selam 
nuklir termodern

Untuk mencari keberadaan kapal selam memang sangat sulit.

Dibutuhkan kapal khusus dan pesawat patroli untuk mencari jejak keberadaan kapal selam. Seperti mencari jejak magnetik atau mengunakan pelampung sonar.

Negara Amerika dan Eropa serta selat di Inggris dan Islandia dilindungi oleh sistem SOSUS Amerika. Merupakan jalur sonar dibawah air untuk menditeksi keberadaan kapal selam yang lewat. Sonar dapat menditeksi keberadaan sebuah kapal selam yang jaraknya ratusan km. Bahkan sonar dapat menditeksi migrasi udang sampai plankton karena sangat sensitif.

Kapal selam tenaga nuklir hanya dimiliki oleh Amerika, Soviet, Inggris, Perancis, China dan India.

Kapal selam dibagi dalam beberapa kelas (jenis dan ukuran), dan melihat bentuk disainnya, jenis persenjataan dan peralatan.
  1. Amerika kelas Ohio, memiliki 18 kapal selam aktif dengan kemampuan membawa 14 rudal balistik kelas Trident (total 24), 4 Tomahawk atau rudal laut ke udara , dan Harpoon yang diluncurkan dari ruang torpedo. Memiliki tabung peluncur sebanyak 22 unit. Rudal Trident II dapat membawa bom nuklir dengan jarak jelajah 12000km. Tergantung tipe bom dimasukan ke rudal dan dibawa kapal selam. Nama kapal selam kelas Ohio : Ohio, Michigan, Florida, Georgia, Henry M Jackson, ALabama, Alaska, Nevada, Tennessee, Pennsylvania, West Virginia, Kentucky, Maryland, Nebraska, Rhode Island, Maine, Wyoming dan Lousiana. Sebagian besar masih aktif. Dari 18 kapal selam, tapi 14 yang dirancang untuk membawa rudal balisitik. Melajut dengan kecepatan 37km, memiliki 4 tingkat. 4 kapal selam kelas Ohio ada di dermaga dan siap di berangkatkan kapan saja. Rekor paling lama adalah kapal selam Ohio Pennsylvania yang menyelam selama 140 hari.
  2. Amerika kelas Seawoft , ada 3 dengan tipe kapal selam SeaWolf, Connecticut dan Jimmy Carter. Ketiganya masih aktif sampai tahun 2014, dari rencana sebelumnya 26 unit. Awalnya dirancang untuk memerangi kapal selam Soviet dengan kemampuan rudal balisitik seperti kapal selam Typhoon, dan kapal selam penyerang tipe kapal selam Akula. Kapal selam SeaWolft dirancang dengan dinding baja, ukuran lebih besar dari kelas Los Angeles, lebih cepat dan lebih tenang. Bahkan memiliki kemampuan dengan 8 tabung terpedo. Kapal selam ini dirancang untuk membawa rudal Tomahawk dan menyerang ke darat atau sasaran di permukaan laut. Hanya dibuat 3 kapal selam, karena biayanya terlalu mahal, 33,6 miliar dollar (setara 300 triliun satu kapal) walau Amerika memiliki kapal selam lebih besar dan lebih banyak di kelas Ohio. Kapal selam ini hanya dibatasi oleh pengiriman makanan untuk awak kapal. Panjang 108+ meter, berlayar tentang 37 km perjam, kecepatan penuh 65 km perjam. Jarak jelajah tidak ada batas. Dipersenjatai 12 misil K15 SLBM dengan jarak jangkauan 1900km, 4 SLBM 3500km, 5 torpedo atau digunakan untuk melepas rudal ukuran kecil dan ranjau laut.
  3. Amerika kelas Virginia penganti Seawolf. Kapal selam penyerang, kemampuan membawa 6 rudal Tomahawk. Dibuat 16 kapal selam, aktif 14, rencana 48 kapal selam. Model kapal selam paling canggih, baru beroperasi tahun 2024-25.
  4. India Arihant masuk tugas tahun 2015, satu kapal selam lain dalam konstruksi , rencananya akan dibuat sampai 4 kapal selam. Kemampuan membawa rudal balisitik, panjang 112 meter, kecepatan 22-28km perjam, menyelam 44km perjam. Jarak jelajah tidak terbatas, kemampuan menyelam 300 meter, India memerlukan pengawasan laut, karena memiliki masalah dengan negara tetangganya.
  5. Rusia Typhoon, 1 aktif. Kapal selam terbesar di kelas kapal selam militer. Dapat meluncur sangat cepat, 50km perjam dibawah air. Kapal selam ini termasuk kapal selam tua, tapi di tahun 2012 dikabarkan kembali di modernisasi Rusia tapi tidak jelas untuk masuk gugus tugas atau pensiun. Yang menakutkan dari kapal selam ini seperti kelas Ohio milik Amerika bahkan lebih besar. Kemampuan peluncur rudal balisitik. Rusia sempat memiliki 7 kapal tipe ini. 1 batal diselesaikan, 2 pensiun tapi masih disiapkan untuk pasukan area utara, 3 kapal terakhir sudah dihentikan operasi, tersisa 1 Dimitry Donskoy yang mampu membawa rudal balistik Bulava yang berisi 6 bom nuklir. Rudal tersebut memiliki jarak jelajah 9000km, tapi jarak sebenarnya mencapai 8000km lebih dengan sistem satelit navigasi Glonass dan akurasi 350m. Kabar terakhir rudal balisitik tersebut sudah di coba untuk dibawa dengan kapal selam tipe Borei
  6. Rusia Borei 4 kapal . Nama kapal selam K-535 Yury Dolgorukly di wilayah utara, dan K-550 Aleksandr Nevskly sudah masuk gugus tugas di Pasifik serta K551 Vladimir Monomakh di Pasifik. Masih 4 kapal selam sejenis yang akan dibuat, ditambah 2 unit dalam perencanaan. Tipe kapal selam Borei mampu membawa rudal balisitik. Kemampuan berlayar selama 1 tahun dan dibatasi oleh cadangan makanan untuk awak kapal. Kapal selam ini mengunakan teknologi pertama sistem daya dorong pump-jet, dan mampu berlayar dengan kecepatan penuh 56km perjam. Kemampuan menyelam sampai 450 meter dibawah permukaan. Persenjataan 20 rudal Borei II dan rudal balistik Beluva serta 6 ruang torpedo.
  7. Rusia  Delta, 14 terakhir kapal tapi hanya 3 atau paling banyak 7 masih bekerja termasuk 3 tipe Delta III dan 6 Delta IV. Kemampuan membawa rudal balisik. Tapi class Delta masuk kelas kapal selam tua bertenaga nuklir. Kapal selam Delta memiliki panjang 166 meter dengan lebar 12,3 meter. Kemampuan membawa 16 rudal.
  8. China Jin , 2 kapal aktif
  9. China Xia, 1 aktif
  10. Perancis, Triomphant, 4 aktif
  11. Inggris kelas Vanguard. Rencana 4 kapal selam besar yang aktif dengan nama HMS Vanguard, HMS Victorious, HMS Vigilant, HMS Vengeance dengan kemampuan membawa rudal balistik. Kemampuan membasa 16 tabung rudal balistik, terpedo yang mampu mencapai jarak 65km, 2 terpedo SSE Mark 10 untuk penghancur kapal
  12. Inggris memiliki 7 kapal selam nuklir lain kelas Trafalgar dan Astute milik angkatan laut Inggris, dengan kemampuan pemburu / anti kapal selam dan rudal Tomahawk untuk melancarkan serangan ke darat.
  13. Inggris kelas Astute HMS Artful dengan mesin tenaga nuklir, 4 sudah selesai dari rencana 7 kapal selam milik Inggris. Kapal selam Artful tidak mengunakan periskop analog, tapi sistem periskop elektronik sebagai mata kapal selam, Dan kualitas gambar lebih tajam serta cukup dilihat di layar monitor ruang navigasi. Kapal selam ini bahkan memiliki radar array terbanyak dan mampu menditeksi kapal selam musuh yang jaraknya ratusan km. Kapal selam tipe Hunter Killer. Membawa terpedo, rudal Tomahawk laut ke darat dan terpedo kelas berat Spearfish

Bila ditotal untuk kapal selam penyerang.

  • Amerika - 14 kapal selam peluncur rudal antar benua, 4 rudal pemandu, 37 kapal selam penyerang dan total 70 kapal selam
  • Inggris - 4 kapal selam peluncur rudal antar benua, 7 kapal selam penyerang
  • Rusia -13 kapal selam peluncur rudal antar benua, 7 pemandu rudal, 17 kapal selam nuklir penyerang, 23 kapal selam konvensional
  • Perancis - semua kapal selam nuklir, 4 peluncur rudal balistik, dan 6 kapal selam penyerang
  • China - 5 kapal selam peluncur rudal balistik, 5 kapal selam nuklir penyerang, 56 kapal selam konvensional
  • India -  1 kapal selam rudal balistik, 1 kapal selam nuklir penyerang, 13 kapal selam konvensional

Jumlah kapal selam dapat berubah, setiap tahun setiap negara menyelesaikan kapal selama mereka.

Dan beberapa jenis kapal selam militer berbeda kelas dan ukuran masih aktif atau tercatat sebagai peralatan tempur angkatan laut. Termasuk  Indonesia, Korea, Jerman,  Jepang, Italia,  dan negara lainnya.



Salah satu gambar dibawah ini  adalah kapal selam nuklir kelas Los Angeles. Dengan nama USS Hartford yang memiliki kemampuan meluncurkan rudal nuklir.



Kapal selam tersebut menembus permukaan es di linggkaran Arktik selama pelatihan Ice Exercise / ICEX 2016.

Bukan untuk berperang, tapi melakukan penelitian ilmiah, dari test dan evaluasi di laut. Selain satu kapal selam ini, satu lagi USS Hampton juga muncul di dekatnya.

Kapal selam nuklir menembus es kutub sampai muncul ke permukaan

Selama 10 tahun terakhir, Amerika belum mengupdate kapal selam nuklir mereka. Sampai presiden Obama mengalokasikan anggaran besar dalam memodernisasi seperti pengadaan kapal selam baru.

Kira kira kabarnya seperti ini. Sebuah kapal selam modern hanya membutuhkan 50 awak. Dan sistem peluncuran rudal tidak lagi secara manual tapi dengan jaringan keamanan. Bagaimana setelah pengantian presiden Trump, masih dipertanyakan kelanjutan generasi kapal selam tersebut.

Kapal selam USS Jimmy Carter
September 2017, kapal selam USS Jimmy Carter baru pulang ke pangkalan Kitlap dengan mengibarkan bendara bajak laut. Kapal selam tipe Sea Wolf ini jarang disebutkan Pentagon, dan menjadi kapal selam paling rahasia dari seluruh kapal selam nuklir milik Amerika.

Kapal selam USS Jimmy Carter dimodifikasi dengan ukuran lebih panjang 30m dibanding kapal selam sekelasnya, dan mengikuti tradisi kapal Inggris HMS E-9 yang setiap keberhasilan misi akan mengibarkan bendara hitam dengan gambar bajak laut.

USS Jimmy Carter memuliki tugas sangat rahasia, umumnya bertugas untuk intelijen.
Mampu membawa pasukan komando, kapal yang dimodifikasi sangat khusus. Tugasnya mengantikan kapal USS Parche.
Melihat kebelakang dengan kapal selam USS Parche. Pembuatan dari tahun 1968, diluncurkan 1973, dan akhir tugas 2004. Mendapatkan 9 penghargaan Presiden.
Melakukan penyadapan komunikasi militer Soviet tahun 1979 dalam operasi Ivy Bells.
Dimodifikasi kembali sampai tahun 1991, dengan antena intelijen, gear elektronik, perangkat navigasi dan lainnya.
Tahun 1995 ditugaskan mencari bekas pecahan dari rudal DF-21 dan DF-15 China yang dijatuhkan ke laut.

USS Jimmy Carter mengantikan tugas USS Parche dan berada di pangkalan yang sama.
Memiliki lambung Multi-Mission Platfom untuk peluncuran ROV dan pasukan Navy Seal. USS Jimmy Carter pernah memberikan informasi intelijen setelah pengemboman Korea Utara Yeonpyeong.

Tugas utama mengumpulkan data intelijen untuk operasi mendatang.
Mengingat bulan September 2017 adalah momen puncak dari Korea Utara dengan negara Barat. Apa tugas kapal ini, tentu saja sangat rahasia.

Kapal selam 
USS Jimmy Carter paling rahasia

Rusia dengan kapal selam kelas Yasen Rusia
Salah satu kapal selam Rusia dengan nama Severodvinsk K-560. Adalah kapal selam nuklir penyerang dan menjadi kapal selam terbaru kelas Yasen.
Pembangunan diperkirakan menghabiskan $1,6 milyar, dan Kazan lebih mahal lagi $3,5 miliar. Walau belum mengalahkan harga kapal selam Amerika  Jimmy Carter $4,8 miliar.
Membawa 90 awak kapal. Ruang reaktor terbaru generasi ke 4, mampu bekerja selama 25-40 tahun tanpa pengisian ulang.
Memiliki panjang 139 meter, kecepatan 37km perjam dipermukaan, kecepatan rata rata 52km perjam  dan kecepatan maksimum ketika menyelam 65km perjam.
Pengujian penyelaman paling dalam mencapai 600 meter.

1 kapal selam Kazan telah selesai dan di modernisasi, 1 kapal selam Severodvinsk telah bertugas, 5 tahap pembangunan.
Dibuat tahun 1993, rencana diluncurkan 1998. Masalah dana akhirnya diluncurkan tahun 2010 dan masuk uji coba 2011.


Tahun 2012 kapal selam K-560 berhasil melakukan peluncuran rudal balistik tipe Kalibr yang dirancang sebagai rudal anti kapal perang.
Tahun 2014 kembali di uji dengan meluncurkan rudal dari kedalaman 40 meter dari permukaan laut dan cukup membawa 5 awak kapal.
Tahun 2016 siap masuk tempur, dan tahun 2017 telah dilengkapi dengan rudal misil 3M14.

Kapal selam Severodvinsk K-560 ikut dalam perang Suriah.  Menembakan misil dengan jarak 600km. Tetapi kemampuan rudal dari posisi kapal selam dapat menempuh jarak 2600km dengan rudal Kalibr.
Kemampuan kapal selam tipe Yasen ini menjadi kapal selam paling tenang dari generasi kapal selam Rusia lainnya.

 Kapal selam kelas Yasen paling tenang dari seluruh tipe kapal selam Rusia

Tahun 2014, Rusia memperbaiki kapal selam lama sebanyak 13 kapal. Dan kapal selam lama lain juga di modifikasi.
Desember 2017, ada kabar Rusia memiliki 60 armada kapal selam.
Satu kapal selam dirancang membawa unit kapal selam kecil. Dan kemampuan untuk menginterfensi kabel serat optik bawah laut.
Mungkin dengan memutus atau menyadap, tetapi ini baru kabar saja.

Bila Rusia berminat menganggu kabel optik bawah laut, akan menganggu jaringan data termasuk internet di seluruh dunia. WashingtonPost

Dari jajaran kapal selam paling berbahaya, adalah tipe kapal selam nuklir SSBN atau kapal selam dengan kemampuan meluncurkan rudal balistik serta hulu ledak nuklir. Kapal selam tipe ini menjadi senjata pamungkas pertama atau serangan balasan ketika perang nuklir terjadi.

Amerika dengan 14 tipe Ohio dengan bobot 18.800 ton. Kemampuan rata rata membawa 24 rudal SLBM
Perancis Triomhant class 14,300 ton , memiliki 4 kapal selam. Kemampuan 8-12 rudal balistik Trident II
Inggris Vanguard 15.900 ton memiliki 4 kapal selam. Kemampuan 16 unit rudal M51.
Rusia memilikki 4 kapal selam Borei I Class SSBN. Kemampuan membawa 6 rudal Delta IV SSBN.
Rusia Borei dengan 10-16 rudal jarak dekat SLBM. Menjadi persenjataan paling mahal dari proyek Rusia.
Rusia dengan Typhoon class, kemampuan membawa 4 rudal lebih banyak rudal balistik dari Ohio.
China setidaknya 4 atau 6 (data masih dirahasiakan) tipe JIn Class. Data kapal selam China tidak banyak diungkap ke publik.

Dibawah ini infografik dari jumlah kapal selam nuklir yang ada dari jumlah kapal selam Rusia, Amerika dan negara di Eropa. Dikelas kapal selam nuklir dan kemampuan peluncur rudal balistik, update daftar kapal selam 2018

Kapal selam 
Rusia Amerika dan Eropa jumlah armada