Apa yang masyarakat tidak ketahui dengan teknologi kapal selam.

Amerika memiliki 72 kapal selam, dari kemampuan menyerang kapal selam lain dan kapal selam kemampuan meluncurkan rudal balisitik.

Awak di kapal selam mungkin sangat berbahaya, perintah mereka hanya diterima dari satelit.

Ketika terjadi perang, awak kapal tidak pernah tahu apa yang terjadi karena mereka akan menghilang di lautan. Selama menghilang, perintah hanya diterima dari komando pusat perang.

Awak kapal selam akan berada di dalam sebuah tabung kapal selama 1 bulan tanpa pernah muncul di ke permukaan laut. Bisa dibayangkan bila kita berada di dalam tabung baja, tanpa internet, TV dan bertemu dengan orang yang sama tetapi tidak dapat melihat langit selama sebulan lebih.

Cerita pasukan atau pelaut di kapal selam juga tidak seindah di film. Ruangan di dalam kapal selam sangat sempit dan semua ruangan dimanfaatkan seefisien mungkin untuk peralatan kapal.

Dibawah ini sekilas kehidupan dan peralatan di dalam kapal selam militer
  • Setiap pelaut akan berada di kapal selam modern dan berlayar selama 90 hari.
  • Sebelum berangkat, kapal selam akan diperiksa untuk memastikan tidak ada kebocoran
  • Semua pasukan yang berada di dalam kapal akan bekerja selama 18 jam dengan waktu tidur 6 jam setiap hari
  • Tidak semua kapal selam memiliki tempat tidur yang cukup. Terkadang beberapa awak kapal tidur di samping ruang torpedo
  • Karena ruang terbatas, tempat tidur di dalam seperti kotak sempit
  • Semua ruangan benar benar sempit, termasuk lorong antar ruangan, mirip seperti tinggal di dalam kaleng. Hanya ruangan tengah untuk pemandu kapal dapat memuat beberapa orang.
  • Kamar mandi dan WC sangat terbatas, hanya tersedia 1 untuk 40 awak. Ruang shower / mandi dibuat seminimal mungkin untuk memberikan tempat bagi peralatan vital kapal selam.
  • Ruangan cukup besar kedua adalah ruang juru masak
  • Makan segar setidaknya tersedia, dalam kondisi normal paling lama hanya 1 minggu di simpan dan logistik akan dikirim ke kapal selam.
  • Pasukan di kapal selam memiliki urutan berdasarkan pangkat. Senior mengendalikan kapal sedangkan junior tahap belajar berdiri dari belakang. Ruang periskop dipastikan ada ditengah atau tepat di belakang kemudi. Dan ruang Comm , radio atau navigasi juga bersebelahan disamping periskop
  • Ruang konsol diatur di dalam satu ruangan untuk senjata pertahanan. Termasuk peluncuran torpedo sampai ruang kendali peluncur rudal balistik Trident ditempatkan dalam satu tempat.
  • Senjata paling mematikan. Satu rudal balistik Trident dapat membawa hulu ledak nuklir di kapal selam nuklir. Memiliki jangkauan dari kota New York sampai Moskow. Rudal nuklir kelas ini dapat menghancurkan 12x dari seluas kota Washington DC. Tetapi rudal Trident tidak selalu berisi hulu ledak nuklir, bisa saja di isi dengan peledak biasa
  • Panjang kapal selam modern rata rata lebih dari 100 meter.
  • Satu jenis kapal selam terbesar milik Amerika adalah kelas Ohio USS Pennsylvania (SSBN-735) yang di awaki 140 orang lebih.
  • Kapal selam nuklir mengunakan alat elektrik untuk merubah air laut menjadi udara (oksigen). Dari pemecahaan dengan sistem elektrik dapat membuat H2O menjadi Hidrogen dan Oksigen. Termasuk alaat destilasi air laut menjadi air minum.


  • Ketika bertugas, kapal selam nuklir praktis tidak perlu muncul ke atas permukaan. Terus saja menyelam berminggu minggu lamanya sampai perbekalan habis.
  • Kapal selam nuklir praktis tidak membutuhkan pengisian bahan bakar selama 25 tahun. Setelah reaktor nuklir diaktifkan dan dapat berlayar nonstop. Kapal selam nuklir yang bertugas 20 tahun lalu, juga tidak pernah di isi bahan bakar nuklir baru.



Udara di kapal selam
Dihasilkan dari pemisahaan air laut dengan elektrik untuk menghasilkan oksigen. Mengunakan elektrik sisi negatif dan positif, atom dapat dipecah dari H2O (air laut) menjadi Hidrogen dan Oksigen.

Sebuah mesin generator  oksigen dapat menghasilkan 400 liter oksigen setiap jam. Dari mesin ini akan dihasilkan oksigen murni dan dialirkan ke seluruh ruang kapal. Nah disini keuntungan bagi awak kapal selam, mereka akan menikmati oksigen paling murni selama bertugas.
Kapal selam modern tidak perlu mengambil udara dari permukaan, dan mesin memberikan suplai oksigen tidak terbatas melalui mesin generator oksigen.

Bagaimana dengan kebosanan bagi awak kapal selam. Hiburan di dalam kapal selam tersedia film untuk tontonan para pelaut, terkadang mereka bermain kartu untuk menghabiskan waktu.

Di satu ruangan disediakan alat untuk olahraga ala Gym sampai sepeda statik agar kebugaran awak kapal dapat dijaga. Selama pelayaran maka awak kapal tidak bisa kemana-mana selain bertugas.

Kapal selam militer tidak mudah terditeksi. Setelah berangkat mereka lenyap menghilang dari peradaban, dan mereka bisa muncul dimana saja sesuai tugas yang diberikan.

Kapal selam dapat bersembunyi dan muncul di tengah laut yang beku. Ketika kapal berada di bawah permukaan es atau laut , artinya tidak ada yang tahu keberdaan mereka kecuali para awak kapal dan pusat komando.



Hanya beberapa negara saja yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir.

Biaya pembuatan kapal selam kelas Ohio saja. menghabiskan dana tidak kepalang tanggung.
Satu kapal selam Ohio menghabiskan $2 miliar di tahun 1990an
Biaya perawatan 50 juta dollar pertahun.
Untuk membuat satu kapal selam Ohio sekarang meningkat menjadi $4 miliar lebih.

Ukuran kapal selam nuklir kelas Ohio pembawa rudal balistik.
Seperti USS Pennsylvania dengan kode SSBN-735 adalah kapal selam tipe Ohio.

Pemerintah Amerika memesan tahun 1982, dan konstruksi dimulai 1984. Membuthkan waktu 4 tahun dan baru diluuncurkan 1988 untuk satu kapal selam.

Panjang kapal mencapai 170 meter dan lebar 13 meter. Mengunakan mesin pembangkit nuklir S8G PWR.
Dengan 15 perwira dengan 140 awak kapal.

Kapal kelas Ohio dirancang khusus untuk membawa rudal balistik Trident II sebanyak 24 unit, dan torpedo MK-48.
Torpedo digunakan untuk pertahanan dari kapal selam lain
Tapi kapal selam Ohio bukan untuk menyerang kapal biasa Tugas utama meluncurkan rudal antar benua dengan hulu ledak nuklir dari tempat yang tidak pernah diketahui.

Kapal selam Louisiana dengan nomor SSBN-743.


Pemesanan tahun 1990, pengerjaan 1992, diluncurkan tahun 1997. Memiliki kemampuan membawa 24 rudal balistik Trident II dan torpedo MK-48

Disain kapal kelas selam besar untuk peluncuran rudal balistik tidak banyak berubah.

Ukuran kapal selam nuklir kelas Virginia - Seawolf
Memiliki panjang 115 meter, dengan lebar hanya 10,3 meter. Memiliki mesin reaktor nuklir S8G - 30 Mega watts, kecepatan 46km +

Jarak tempuh tidak terbatas, hanya dibatasi untuk makanan dan perawatan kapal.

Mampu menyelam sampai kedalaman 240 meter dan batas maksimum 490 meter. Kecepatan 49km perjam atau kecepatan maksimum 64km perjam.

Tipe kapal selam Amerika ini terbagi dalam 2 model

Kapal selam kelas besar Seaolf ini khusus untuk serangan laut ke darat. Mampu membawa 12 rudal Tomahawk BGM-100.
Untuk menjaga dirinya atau menyerang kapal perang lain, dilengkapi 4 torpedo MK-48, dan 37 torpedo tipe lain serta misil
Model lain mampu membawa 48 rudal Tomahawk dengan unit modul, atau 12 rudal Tomahawk.
Targetnya untuk melakukan penyerangan dengan rudal dari laut ke darat.

Atau digunakan untuk operasi khusus seperti mengirim pasukan penyusup dengan pasukan Seal dan tugas lain.

Torpedo
Kapal selam modern mengunakan terpedo yang dikendalikan dengan serat optik. Dapat melihat arah sasaran dari kapal selam, setelah target terkunci maka terpedo langsung menuju target.

Torpedo kapal selam modern layaknya seperti robot yang dapat dikendalikan dan dapat berbelok sesuai arah pengendali.
Jauh berbeda dengan terpedo jaman dahulu. Yang harus dilihat, dipastikan posisinya.

Baling kapal selam dan peredam
Ketika kapal selam harus bergerak cepat, kecepatan putaran baling harus dibuat lebih cepat.

Untuk kapal selam yang tidak terditeksi, umumnya hanya memiliki 3 baling
Tapi putaran baling dapat menimbulkan suara, akibat udara yang di keluarkan di belakang kapal.
Gelembung yang pecah dapat menimbulkan suara, membuat suara dari kapal selam dapat terditeksi.

Kapal selam modern mengunakan 7 baling lebih kecil dengan putaran lebih lambat dan menghasilkan daya dorong yang sama tanpa menimbulkan suara.
Dibuat lebih unik dengan putaran rendah dan kapal selam menjadi Silent (tidak mudah terditeksi)

Demikian juga bagian yang bergetar di dalam kapal harus diredam
Dipasang karet peredam agar tidak terjadi gesekan dan menimbulkan bunyi.
Bagian mesin kapal yang bergerak, peralatan motor, pipa, sampai alat pengering dipasang bantalan peredam untuk meminimiakan suara



peredam dari baling kapal selam sampai mesin dan pipa mengunakan teknik peredam

Sebuah kapal selam selama 90 hari dapat menempuh jarak 100 ribu km sebelum pengisian logistik atau kembali ke pangkalan
Kapal selam nuklir umumnya dirancang dengan satu poros baling. Amerika merancang sejak tahun 1955 dan Soviet mulai 1967 mengunakan satu poros baling

Pengerak kapal selam nuklir mengunakan sistem pemanas air, dan membentuk uap panas bertekanan.
Gas bertekanan akan mendorong mesin baling dan air panas kembali di dinginkan lalu dimasukan kembali ke dalam reaktor nuklir.

Mesin kapal selam dengan pengerak akan bergetar, membuat suara kapal dapat terditeksi
Solusi membuat ruang untuk gear / gigi pengerak yang mengerakan baling dengan tekanan dari reaktor pengerak turbin dibuat fleksibel. Sehingga getaran dapat diredam, dan dibantu dengan bagian dinding pelapis dengan peredam suara.
Seperti dibagian luar kapal selam, seperti ditempelkan ubin / lempeng untuk peredam

Gambar dibawah ini, pertama sistem reaktor nuklir dengan turbin dan pengerak. Ditempel ke struktur, dampaknya suara kapal selam akan terdeteksi oleh sonar
Gambar kedua bagian gear yang menghubungkan stem pendorong dari reaktor nuklir masuk ke ruang turbin pengerak. Untuk menekan getaran, ruang turbin mesin dan gear dipasangkan peredam dan bergerak fleksibel.

peredam ruang mesin kapal selam

Kapal selam modern tidak lagi mengunakan ruang turbin, seperti mesin diesel untuk menyimpan energi ke baterai.
Kapal selam diesel harus mengisi baterai secara penuh terlebih dahulu. Kemudian baru menyelam.

Rancangan sebuah kapal selam dapat terdiri dari 3 dek atau 3 tingkat.
Keperluan ukuran lebih besar, karena dibutuhkan ruang penempatan rudal balistik.

Click gambar untuk memperbesar.

Pembagian ruang di kapal selam nuklir kelas Ohio

Kapal selam penyerang kelas Los Angeles memiliki disain berbeda dibanding Ohio.
Dan tidak memiliki penempatan ruang rudal balistik yang besar.

Kapal selam kelas Virginia memiliki peluncur rudal Tomahawk di bagian depan
.
Diagram kapal selam nuklir kelas Los Angeles

Kapal selam Rusia kelas Akula, memiliki peluncur rudal di bagian depan
Kapal selam Inggris kelas Astute dan Vanguard memiliki peluncur rudal di bagian belakang.

Kapal selam nuklir mengunakan 2 sistem pendorong dengan motor tenaga listrik dan tekanan uap.
Listrik dihasilkan oleh generator yang dihasilkan dari turbin nuklir, dan motor power listrik dapat mengerakan baling kapal selam.

Ketika berlayar, tekanan uap mengerakan langsung ke motor pengerak baling kapal selam.
Karena pembangkit nuklir tidak dapat dimatikan seketika. Diperlukan sebuah gir untuk mengatur kecepatan baling.

Bagian kiri adalah ruang reaktor yang memanaskan air.
Panas membuat tekanan uap dan menorong mesin turbin.
Sekaligus menghasilkan listrik dari generator.
Bagian belakang terdapat turbin pengerak yang digerakan dari air yang dipanaskan reaktor.
Sekaligus mengerakan turbin generator untuk menghasilkan listrik dan power cadangan baterai

Cara kerja mesin kapal selam nuklir

Dibutuhkan presisi tinggi dalam pembuatan kapal selam, seperti komponen rotor mengunakan mesin CNC. Karena semua gear harus presisi dan pengerak turbin dan balik dapat meminimalkan terjadinya gesekan suara mesin kapal selam..
Untuk membuat ruangan gear tersebut dan mesin nuklir, membuat ukuran kapal selam modern harus dirancang lebih besar

Dan proses konstruksi membutuhkan waktu bertahun tahun, setelah selesai harus kembali di uji coba selam 1 tahun atau lebih. Bila selesai uji coba dan tidak ada masalah, baru kapal selam baru masuk ke gugus angkatan laut.

Selanjutnya - Negara mana saja yang memiliki kapal selam nuklir, dan apa kemampuan sebuah kapal selam