Apa yang masyarakat tidak ketahui dengan teknologi kapal selam.

Amerika memiliki 72 kapal selam, dari kemampuan menyerang kapal selam lain dan kapal selam dengan kemampuan meluncurkan rudal balisitik.

Awak di kapal selam mungkin sangat berbahaya, perintah mereka hanya diterima dari satelit. Ketika terjadi perang, awak kapal tidak pernah tahu apa yang terjadi karena mereka akan menghilang di lautan. Perintah hanya diterima dari komando pusat perang.

Cerita pasukan atau pelaut di kapal selam juga tidak seindah di film. Ruangan di dalam kapal selam sangat sempit dan semua ruangan dimanfaatkan seefisien mungkin untuk peralatan kapal

Dibawah ini sekilas kehidupan dan peralatan di dalam kapal selam militer
  • Setiap pelaut akan berada di kapal selam modern dan berlayar selama 90 hari.
  • Sebelum berangkat, kapal selam akan diperiksa untuk memastikan tidak ada kebocoran
  • Semua pasukan yang berada di dalam kapal akan bekerja selama 18 jam dengan waktu tidur 6 jam setiap hari
  • Tidak semua kapal selam memiliki tempat tidur yang cukup. Terkadang beberapa awak kapal tidur di samping ruang terpedo
  • Karena ruang terbatas, tempat tidur di dalam seperti kotak sempit
  • Semua ruangan benar benar sempit, termasuk lorong antar ruangan, mirip seperti tinggal di dalam kaleng. Hanya ruangan tengah untuk pemandu kapal dapat memuat beberapa orang.
  • Kamar mandi dan WC sangat terbatas, hanya tersedia 1 untuk 40 awak. Ruang shower / mandi dibuat seminimal mungkin untuk memberikan tempat bagi peralatan vital kapal selam.
  • Ruangan cukup besar kedua adalah ruang juru masak
  • Makan segar setidaknya tersedia, dalam kondisi normal paling lama hanya 1 minggu di simpan dan logistik akan dikirim ke kapal selam.
  • Pasukan di kapal selam memiliki urutan berdasarkan pangkat. Senior mengendalikan kapal sedangkan junior tahap belajar berdiri dari belakang. Ruang periskop dipastikan ada ditengah atau tepat di belakang kemudi. Dan ruang Comm , radio atau navigasi juga bersebelahan disamping periskop
  • Ruang konsol diatur di dalam satu ruangan untuk senjata pertahanan. Termasuk peluncuran terpedo sampai ruang kendali peluncur rudal balistik Trident ditempatkan dalam satu tempat.
  • Senjata paling mematikan. Satu rudal balistik Trident dapat membawa hulu ledak nuklir di kapal selam nuklir. Memiliki jangkauan dari kota New York sampai Moskow. Rudal nuklir kelas ini dapat menghancurkan 12x dari seluas kota Washington DC. Tetapi rudal Trident tidak selalu berisi hulu ledak nuklir, bisa saja di isi dengan peledak biasa
  • Satu jenis kapal selam terbesar milik Amerika adalah kelas Ohio USS Pennsylvania (SSBN-735) yang di awaki 140 orang lebih.
  • Kapal selam nuklir mengunakan alat elektrik untuk merubah air menjadi udara (oksigen).
  • Ketika bertugas, kapal selam nuklir praktis tidak perlu muncul ke atas permukaan. Terus saja menyelam berminggu minggu lamanya sampai perbekalan mereka habis.
  • Kapal selam nuklir praktis tidak membutuhkan pengisian bahan bakar selama 25 tahun. Setelah fusi nuklir diaktifkan dan dapat berlayar nonstop selamanya.



Bagaimana dengan kebosanan bagi awak kapal selam. Hiburan di dalam kapal selam tersedia film untuk tontonan para pelaut, terkadang mereka bermain kartu untuk menghabiskan waktu. Di satu ruangan disediakan alat untuk olahraga ala Gym sampai sepeda statik agar kebugaran awak kapal dapat dijaga. Selama pelayaran maka awak kapal tidak bisa kemana-mana selain bertugas.

Kapal selam militer tidak mudah terditeksi. Setelah berangkat mereka lenyap menghilang dari peradaban, dan mereka bisa muncul dimana saja sesuai tugas yang diberikan.

Kapal selam dapat bersembunyi dan muncul di tengah laut yang beku. Ketika kapal berada di bawah permukaan es atau laut , artinya tidak ada yang tahu keberdaan mereka kecuali para awak kapal dan pusat komando.



Hanya beberapa negara saja yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir. Pembuatan kapal selam kelas Ohio saja. dapat menghabiskan dana tidak kepalang tanggung. Satu kapal selam Ohio menghabiskan $2 miliar di tahun 1990an dengan biaya perawatan 50 juta dollar pertahun.
Untuk membuat satu kapal selam Ohio sekarang meningkat menjadi $4 miliar lebih.

Dan proses konstruksi membutuhkan waktu bertahun tahun, setelah selesai harus kembali di uji coba selam 1 tahun atau lebih. Bila selesai uji coba dan tidak ada masalah, baru kapal selam baru masuk ke gugus angkatan laut.

Selanjutnya - Negara mana saja yang memiliki kapal selam nuklir, dan apa kemampuan sebuah kapal selam