Pulau Diomede dibelah antara Rusia dan Amerika


Kategori : Stuff | Date : 1 March 2014
Sepasang  pulau berbatu di Diomede dibelah oleh 2 perbatasan negara, antara Amerika dan Rusia. Jarak keduan pulau hanya 3,8km. Keduanya bahkan terpisah antara tanggal internasional. Disisi kiri adalah Rusia menunjukan tanggal lebih awal, dan sisi kanan milik Amerika masuk ke tanggal paling akhir. Misalnya di sisi kiri sudah tanggal 2 jam 12 siang, disebelah kanan masih tanggal 1 jam 12 siang.

Kedua pulau memiliki cuaca dingin dan bersalju, bila cuaca buruk maka keduanya akan terisolir oleh daratan es. Kedua pulau awalnya dihuni oleh penduduk eskimo sejak 3000 tahun lalu. Penemu pertama dari Rusia Semyon Dezhnyov tahun 1648, 8 tahun kemudian tercatat oleh navigator dari Denmark Vitus Bering tahun 1728.

Amerika membeli pulau kecil dari Alaska tahun 1867. Penduduk di sisi negara Amerika kabarnya hanya 130 orang saja. Sedangkan sisi Rusia pernah dijadikan pangkalan perbatasan Rusia. Tidak ada catatan resmi dari penduduk disana. Penduduk di Little Diomede yang lebih kecil dihuni oleh penduduk eskimo, mereka memburu ikan, anjing laut dan lainnya. Sebagian besar pasokan ke pulau tersebut
Ukuran pulau Little Diomede hanya seluas 7,3km persegi, pulau yang besar memiliki luas 29km persegi

Ketika musim dingin, kedua pulau akan tersambung dengan lautan es. Katanya, kalau mau menyebrang, bisa berjalan kaki melintas perbatasan.




View Larger Map

Ketika badai datang seperti dibawah ini.




Berita terkait
Saab mengembangkan teknologi tembok pelindung anti peluru. Walau ditembakan dalam jarak 1 meter, hanya bagian permukaan saja yang rontok, tapi tembok tidak akan jebol. Dengan kaliber besar, peluru yang ditembakan pada jarak 100 meter juga tidak mampu melewati tembok Saab

Sebuah gunung di bawah laut baru muncul ke permukaan dekat laut jepang. Sekarang ukurannya 8x lebih besar dan menyambung dengan pulau disamping.



Dubai sudah memiliki World Island terdiri dari 300 pulau kecil membentuk peta dari daratan dunia. Lokasinya 4km dari teluk Dubai di Arab Saudi. World Island  dibangun dengan 321 juta meter kubik pasir dan 31 juta ton batu. Meliputi area 6 x 9 km.

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.




No popular articles found.