Planet Tau Boo ditemukan air tapi ukurannya gede banget


Science | 27 February 2014

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Gambar ilustrasi artis



Planet Tau Bootis b atau disingkat planet Tau Boo b memang tidak layak untuk tinggal walau terditeksi adanya air. Karena terlalu dekat dengan bintang induknya dengan orbit bintangnya setiap 3 hari 7,5 jam. Letaknya di konstelasi Bootes cukup dekat sekitar 51 tahun cahaya dari bumi. Tapi peneliti mengatakan ukuran planet ini besar sekali, ukurannya 4-6 kali Jupiter.

Planet Tau Bootis b menjadi planet eksotik bagi peneliti. Atmofer planet ini menjadi penting karena memmiliki kandungan banyak air. Keunikan planet ini antara kandungan yang dimiliki dari planet berbatu dan planet gas.

Jupiter dan Neptunus adalah planet besar, disebut juga  planet luar. Umumnya planet luar akan masuk kategori planet gas.
Sedangkan planet dalam seperti Bumi, Merkurius, Venus dan Mars memiliki permukaan batuan dengan ukuran relatif lebih kecil serta dekat dengan bintang utamanya.
Planet Tau Boo b ini berada dekat dengan bintangnya, ukurannya malah besar sampai disebut sebagai Jupiter yang panas. Dan masuk kategori planet gas karena air yang ada di planet dipanaskan dari cahaya bintang di dekatnya.




Manusia tentu tidak bisa tinggal disana , tapi peneliti memerlukan data seperti planet ini dan mencari tahu bagaimana planet tersebut terbentuk. Dianggap sebagai planet unik, karena planet seperti ini biasanya tidak terbentuk di dekat dengan bintang induknya

Dari peta dibawah ini adalah lokasi planet Tau Bootis b. Planet mengitari bintang Tau Bootis sebagai induknya.





Untuk mencari bintang Boo tidak jauh letaknya dengan bintang Arcturus. Tapi jangan berharap menemukan planet Tau Boo b dengan teleskop biasa Kecuali melihat dengan teleskop observasi, itupun hanya tampak ketika planet sedang melewati si bintang utama yang dibelakangnya.



Berita terkait
Planet 51 Pegasi b penemuan planet yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari. Planet hanya memiliki waktu mengitari bintang induk dalam 4 hari saja. Keunikan planet, posisi sebagai planet ukuran gas, memiliki posisi paling depan atau dekat ke bintang.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.



Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Disebut hipotesa Grand Tack Jupiter bukan saja sebagai planet penyelamat Bumi. Jupiter bisa saja membuat ukuran bumi lebih kecil dan layak huni. Dahulu planet di tata surya kita tidak seperti posisi sekarang ini.

Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. 2-3 juta tahun lalu disana ada air, tapi menghilang.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.



Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Masih di dunia Kosmos, penemuan dari astronom di ESO memberikan beberapa gambar paling menarik tahun ini. Dari nebula sebagai tempat pertumbuhan bintang dan bintang Abell 33 dengan bentuk cincin.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Bila bintang meledak mati menjadi bintan neutron atau black hole. Bila menjadi bintang neutron dan ada benda lain disampingnya, apa yang terjadi. Akan hangus terbakar karena radiasi si bintang induknya.

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.



Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.




No popular articles found.
< /body>