Matahari berbanding Bumi itu kecil sekali tapi matahari juga kecil


Science | 24 February 2014

Melihat perbandingan ukuran planet dan matahari. Matahari adalah bintang dan menjadi benda paling besar di tata surya
Planet Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin unik.
Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 dengan ukuran sepertiga ukuran Saturnus. Ke empat planet tersebut adalah planet gas. Bagaimana dengan ukuran bumi, tentu kecil sekali.

Dari urutan ada 8 planet dan satu bintang. Planet dalam dengan permukaan berbatu termasuk bumi, disusul Mars, Merkurius dan Venus. Mungkin ada yang belum membayangkan sebesar apa perbandingan dari planet bumi dan 7 planet lainnya bila di bandingkan dengan seluruh planet planet di tata surya.

Dibawah ini, bumi itu ternyata sangat kecil.



Matahari terlihat sangat besar sekali. Apakah matahari sebuah bintang yang besar, sebenarnya matahari masuk sebagai bintang dengan ukuran rata rata yang kecil bila dibanding bintang lain di galaksi Bima Sakti. Ukurannya matahari boleh dibilang timik timik dibanding bintang lain seperti bintang Antares . Bila cuaca cerah dan tidak berawan, bintang Antares sering terlihat di malam hari.
Bintang Antares memiliki ukuran 800x lebih besar dari matahari, tapi bintang Antares pun bukan bintang terbesar yang pernah ditemukan
Bintan terbesar yang tercatat oleh peneli saat ini adalah bintang Cygni.

Berita terkait
Bumi mengitari matahari 365 hari, apakah matahari juga mengitari benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak ke pinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit ke inti galaksi. Bagaimana bila melihat kecepatan dari asal alam semesta ke Bumi, seberapa cepat semuanya bergerak termasuk isi tata surya.

Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.



Seandainya matahari menghilang satu detik saja. Apa yang terjadi dengan kita. Bagaimana tata surya terlindung dari ruang antar bintang. Matahari memiliki pancaran angin yang membentuk gelembung dan melindungi planet

Peneliti dari universitas Nagoya, bersama rekan dari Amerika dan Swiss mengidentifikasi bekas kuatnya matahari di sebuah pohon tua. Berdasarkan penelitian tertanggal tahun 5480 sebelum Masehi atau 7000 tahun lalu ada tanda tanda ditemukan bekas kadar karbon-14 di lingkaran pohon. Mengapa jejak tersebut membekas di sebuah pohon.

Di tahun 2010, Pan-STARRS1 atau Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System mulai mengambil gambar. Sampai seluruhnya selesai, dapat dicetak sepanjang 2,4km. Bahkan memerlukan kaca pembesar untuk melihat objek yang tersembunyi

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.



Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Seperti apa erupsi matahari. Bila gas terlempar begitu besar sampai membentuk dinding api. Untuk pertama kali Nasa mampu menangkap letusan matahari besar dengan detail yang belum pernah diambil gambarnya.

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.

Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik

Seperti apa bila bintang seperti matahari meledak menjadi supernova. Proses bintang meledak masih menjadi misteri. Profesor W David dari Arizona membuat bentuk animasi ledakan bintang, bagaimana proses sebuah bintang yang membengkak sebelum mati.

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.



Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Minggu ini sampai akhir bulan, orbit Merkurius, Jupiter dan Venus akan sangat dekat terlihat dari bumi. Ketika planet akan melintas beriringan seperti planet sedang berdansa. Dimulai 23 Mei sampai 31 Mei. 40 menit setelah matahari terbenam




No popular articles found.