Fotographer bintang Big Dipper gaya Selfie


Digital | 24 February 2014

Ada saja ide si Stargazer ini, sampai fotonya masuk di Space.com. Si Fotographer mengambil objek kelompok bintang yang saling berdekatan Big Dipper.  Mengunakan Canon 50D, ISO 2500, 24mm f/2, exposure 15 detik. Untuk menambah kesan cahaya bintang, dipasang filter Difusse. Membuat objek bintang di Ursa Major terlihat lebih besar dan terang. Si Miquel Claro terlihat ikut nongkrong di ujung jalan. Yah semi Selfie gitu.

Si Miquel Claro niat banget nongkrong di jalan yang bebas polusi cahaya di La Palma Road ke Los Muchachos pulau Canary Spanyol . Fotonya diambil 30 September 2013, waktunya tepat  ketika 7 bintang tampak di atas garis horizon.





Tentang Big Dipper adalah satu spot dimana ada 7 bintang yang terlihat dari bumi seakan saling berdekatan Ke 7 bintang tersebut amat penting dalam astronomi Taoisme. Kadang disebutkan ada 9 bintang. Cerita 2 bintang yang dihilangkan itu, dahulunya memang ada. Tapi sejalan dengan umurnya mulai memudar.  Di Mongolia dikenalkan dengan 7 Dewa, di pedesaan India disebut Samantha, cerita di Arab dengan 4 bintang Plough , di Indonesia dikenal dengan bintang Biduk yang digunakan sebagai alat navigasi kapal kecil. Dan banyak lagi cerita dengan Big Dipper ini sesuai kepercayaan masing masing negara.
Disebut Big Dipper dalam bahasa Inggris dan Amerika, karena bentuknya seperti formasi sendok atau gayung

Web om Miguel + www.miguelclaro.com

Dimana letak bintang Big Dipper. Untuk mencari letak bintang seperti ini bisa dicari dengan aplikasi bintang Skeye
Seperti gambar dibawah ini, tinggal di click kanan bawah dan tekan icon Search. Masukan nama salah satu dari 7 bintang seperti Alkaid, Mizar, Alioth, Megrez, Dubhe, Phecda dan Merak. Aplikasi akan mengarahkan lokasi 7 bintang tersebut dari smartphone atau tablet.



Berita terkait
1Rob Maclennan fotografer usia 50 tahun ini niat benar mengejar foto pesawat F15 .Dia sedang naik di gunung Welsh setinggi 300 meter dan mengabadikan momen paling lucu, menurutnya dan menurut saya juga. Untuk mengabadikan pesawat jet dengan jarak cukup dekat seperti pesawat akan berbelok memang tidak mudah. 400 foto hanya 1 yang ini, peralatan camera bukan hal utama tapi momen.

Tip membuat foto menarik dan sempurna untuk media sosial. Di era Selfie malah meningkatkan permintaan operasi plastik. Apa yang terjadi, foto camera dapat menganggu hasil foto wajah. Kita semua salah melihat, dan foto di Selfie. Foto Selfie juga menunjukan kepribadian seseorang. Awas terkena sindrom Snapchat.



2 foto unik dari kontes Insight Astronomy Photographer of the Years. Dani Caxete membuat foto ketika ISS melintas di depan bulan. Nicholas membuat foto Big Dipper dari dalam gua tepat dengan 8 bintang muncul

Satu foto di pulau Bali, mendapatkan garis galaksi Bima Sakti. Diabadikan pada hari Nyepi tanggal 21 Maret 2015.

Matt Payne mengabadikan foto galaksi Bima Sakti dalam bentuk setengah lingkaran. Mungkin foto ini paling bersih karena bentuk cahaya bintang paling banyak.Galaksi Bima Sakti membuat foto 219 juta bintang, penemuan terbaru galaksi kita tidak rata seperti yang dibayangkan.

Foto galaksi atau nebula biasanya hanya 2 dimensi. Yang ini terlihat seperti 3 dimensi, tapi gambar ini asli dan bukan dibuat oleh foto rekaan dari gambar artis. Tekniknya mengunakan foto miniatur seperti di camera atau disebut teknik Tilt Shift.

Fotographer dari Uzbekistan, Ravshaniya suka sekali membuat efek foto seperti melayang. Foto dengan gabungan Photoshop karya fotographer ini sanngat halus dan menarik.



Lucunya kalau orang sudah terbiasa dengan foto Slefie. Begitu dibilang Selfie, ada yang kaget ada yang sudah siap dengan gayanya masing masing. Tidak heran bila gaya Selfie memang mewabah. Contohnya ulah si Jason ini.

Foto Selfie memang lagi top. Bisa sendiri dengan latar belakang yang menarik, atau bersama beberapa teman. Tapi yang ini, si pilot bersama sebuah misil yang sedang diluncurkan.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Bintang Antares mulai 15 Agustus akan terlihat berada disamping bulan. Ukurannya yang besar bisa terlihat dari bumi. Matahari memiliki lebar 700 ribu km, sedangkan Antares 300 juta km atau setara jarak dari matahari ke planet Mars




No popular articles found.