>

Seberapa besar uang dan penghematan energi dengan lampu LED

Mengunakan 1 lampu CCFL 20W dengan cahaya 1200 lumen, memerlukan power diatas 25W. Bila kebutuhan cahaya tidak terlalu besar bisa diganti dengan 1 lampu 9W LED yang lebih hemat dengan cahaya 600 lumen dan konsumsi power hanya 12W AC.

Atau dapat dipasang 2 lampu 9W dengan konsumsi listrik yang sama seperti lambu neon. Jangan lupa lampu TL atau Neon akan menghitam sejalan pemakaian. Nantinya cahaya akan semakin redup bila lampu mulai rusak. Sedangkan lampu LED akan terus menyala sampai bagian LED Emitter terjadi kerusakan.

Khususnya lampu yang menyala lebih lama seperti ruang tamu, lampu depan dan lampu taman, lebih efisien mengunakan lampu LED.
Satu lampu depan akan menyala mulai jam 6 malam - jam 6 pagi atau selama 12 jam setiap hari. Selisih 10W konsumsi listrik dapat dihemat, dihitung dengan 12 jam setara 120Wh/lampu (120W perjam)

Asumsi perhitungan biaya lampu LED

Seandainya sebuah rumah mengunakan 4 lampu neon 20W untuk malam hari (diluar lampu lain seperti lampu kamar)
  • Mengunakan 4 lampu neon 20W di dalam rumah (konsumsi sebenarnya 25W). Mengunakan total listrik 100W perjam dan dikalikan saja 12 jam setiap hari = 1,2Kwh sehari.
  • Bila lampu Neon 20W digantikan dengan LED 6W dengan konsumsi listrik maksimum mengkonsumsi 12W = 48W (4 lampu LED), untuk 4 lampu dirumah = 0,576 kwh sehari. Artinya dengan menganti lampu LED maka pemakaian listrik dapat dihemat separuhnya dibanding lampu Neon.
  • Setidaknya pemborosan 50W atau setengah Kwh yang dipakai perhari dapat dihemat dari pengantian 4 lampu.
  • Bila tarif PLN per 1kWh = Rp.1000 (untuk R1 2200VA) tahun 2013. Setiap hari dapat dihemat Rp.500 dari pengantian ke 4 lampu LED . Penghematan tagihan listrik tersebut kelihatannya kecil. Dalam sebulan hanya dapat dihemat Rp.15.000, tetapi dalam satu tahun mencapai Rp.180.000.
  • Biaya tagihan listrik selama pemakaian 1 tahun dapat menutup biaya pembelian 4 lampu LED bila menganti 4 lampu CCFL / Neon tabung. Jadi tidak perlu menunggu sampai lampu TL (Neon) rusak dan menganti ke lampu LED. Sekarang diganti, 1 tahun biaya pemakaian listrik akan ditutup dari biaya pembelian lampu. Note. Diatas diambil perhitungan dari tarif lama, tahun 2014 tarif dasar listrik tanpa subsidi sudah naik.
Update TDL - Tarif Dasar Listrik

Catatan. Harga lampu LED 2017 lebih murah dari harga lampu neon.

Kelebihan lampu LED

Lampu LED menyala lebih lama. Rata rata dapat digunakan sampai 50 ribu jam.
Warna lampu LED akan diberi nama Soft White (putih) dan Warm White (agak kuning).
Lampu LED dihitung berdasarkan cahaya yaitu Lumen, dan bukan hitungan Watt. Jadi 2 lampu LED 10 W akan memiliki perbedaan angka Lumen
Lampu LED instan menyala. Click dan langsung terang.

Harga lampu LED Mei 2017

Disini diambil harga paling murah dari produk paling banyak dipasaran adalah lampu LED Philips
  • Philips 3W LED 13.000
  • Philips 3.5 W LED 13.000
  • Philips 4W LED 15.000
  • Philips 6W LED 20.000
  • Philips 7W LED 25.000
  • Philips 9W LED 29.000
  • Philips 10.5W LED 32.000
  • Philips 13W LED 37.000
  • Philips 16W LED 50.000
  • Philips 18W LED 56.000
  • Philips 19W LED75.000
  • Philips 23W LED 89.000

Berapa Watt lampu LED yang cocok

Untuk ruang kamar dengan ukuran kecil seperti 3x3 meter bisa mengunakan kekuatan 9W untuk satu lampu. Tidak terlalu terang, tapi cukup menyinari bagian kamar. Bila ruang lebih besar disarankan mengunakan lampu diatas 9W. Seperti ruang tamu atau kamar yang lebih besar.
Sedangkan lampu depan dengan mengunakan banyak lampu, misalnya 2 lampu bisa mengunakan 1 lampu dengan kekuatan 10 W atau lebih. Atau mengunakan beberapa lampu dengan kekuatan 6W atau lebih tinggi.
Pancaran cahaya lampu LED berbeda dibanding lampu Neon. Pancaran cahaya lampu LED tidak menyebar seperti lampu Neon, melainkan mengarah ke sudut 180 derajat ke arah bawah.
Hal ini perlu di pertimbangkan hosting dari lampu sendiri.

Menganti lampu CCFL dengan LED tidak akan menghemat pengeluaran biaya listrik cukup besar, tapi dapat mengurangi tagihan listrik. Keuntungan lain dengan lampu LED adalah umurnya yang tahan lama, dan cahaya yang konstan.
Lampu CFL biasa memiliki umur lebih singkat, biasanya tabung akan menghitam akan menurunkan kekuatan cahaya lampu walau konsumsi listriknya tetap. Bila lampu neon CFL mulai rusak, intensitas cahaya akan turun tapi konsumsi listriknya sama. Ingat label pada lampu menunjukan kekuatan lampu seperti lampu 20W menunjukan 1000 Lumen. Tapi tidak menunjukan berapa konsumsi listrik sebenarnya, lampu 20W akan mengkonsumsi listrik lebih tinggi dari label, bisa 25W bahkan lebih.

Data diatas bertujuan untuk memberikan pengetahuan. Lampu LED lebih hemat power dibanding lampu Tube neon CFL. Tetapi test ini bukan mencari merek atau tipe lampu apa yang paling hemat power. Karena hanya mengambil data dari masing masing konsumsi power setiap lampu secara singkat.

Disini tidak menguji intensitas cahaya (lumens) yang diberikan. Karena terbatasnya dana dan alat untuk melakukan pengujian lampu LED lebih lanjut, untuk sementara hanya mengambil dari data konsumsi power listrik yang ada dari masing masing lampu.

Penguna harus menentukan sendiri kualitas daya dan cahaya masing masing lampu LED. Cara paling mudah membeli 2 kekuatan lampu LED berbeda seperti kekuatan 6, 8, 9 atau 10W, lalu dicoba sendiri untuk melihat kekuatan cahaya yang dibutuhkan. Barulah menentukan berapa watt lampu LED yang dibutuhkan untuk penganti lampu neon lama.

Bila anda ingin menganti lampu CCFL yang kurang efisien, lihat label lumen di setiap lampu. Perhatikan cahaya lumen perwatt. Contoh 2 lampu tipe 20Watt CCFL, tetapi kekuatan cahaya kedua lampu berbeda. Ditunjukan dengan 55lumen/W lebih rendah dibanding lampu di sebelahnya 63 lumen/W.

Lampu LED dapat menghemat konsumsi listrik di rumah dan menurunkan tagihan listrik. Walau tidak banyak karena banyak produk elektronik lain yang mengunakan listrik jauh lebih besar. Seperti AC dan kulkas/freezer paling banyak mengunakan listrik, kedua adalah mesin cuci dan motor air umumnya mengunakan power listrik kedua paling besar di rumah.