Kemampuan cahaya lampu LED

Kami menguji kembali 2 lampu dengan kapasitas Watt yang sama dari lampu OSRAM LED.

Satu model yang diambil sampel pada tahun 2013, dan satu lampu model 2014. Keduanya lampu LED mengunakan label 6W. Tapi keduanya memiliki kekuatan cahaya yang berbeda.
Lampu LED Osram model 2013 lebih terang dibanding model 2014. Karena keduanya berbeda disain dari kedudukan mounting dan difuser (pemecah cahaya).

Lampu model lama mencapai kekuatan 600+ Lux, model baru sekitar 400 Lux. Mengapa jatuhnya cahaya lampu berbeda. Lampu model lama masih memfokus cahaya ke arah bawah, sedangkan lampu model baru mengunakan sudut lebih lebar.

Terlihat dari plastik transparan atau difuser (pembias cahaya) berbeda. Demikian difuser dibawah lampu mengunakan bahan berbeda. Osram 6W model 2013 mengunakan bahan plastik sedangkan Osram LED 2014 mengunakan difuser bahan kaca

ampu LED Osram model 2013 dan 2014

Dibawah ini hasil test konsumsi listrik dan cahaya yang dihasilkan dari lampu LED
  1. Generic LED 8W
  2. Osram LED 6W 2014
  3. Osram LED 6W 2013
  4. Osram LED 9W 2013
Angka LUX meter adalah kekuatan cahaya pada jatuhnya cahaya ke satu bidang. Pengambilan cahaya pada jarak 80 cm dari sumber lampu. LUX tidak dijadikan ukuran untuk mengetahui kekuatan sebuah lampu. Hanya dijadikan angka patokan ketika cahaya jatuh untuk menerangi bidang tertentu (meter persegi) pada jarak tertentu dari sumber lampu.

Mengukur LUX cahaya lampu LED

Kesimpulan dari tes diatas, kualitas cahaya masing masing lampu berbeda beda. Bahkan dengan satu model dari satu merek, produk dijual bisa saja dari tahun ke tahun. Setiap produsen memiliki disain berbeda, entah menganti model lebih baik. Dan teknologi lampu LED dapat berubah.

Untuk konsumen
  • Sebaiknya mencoba setiap lampu yang akan dipakai, seperti kekuatan cahaya dari perbedaan Watt lampu LED.
  • Lalu hitung berapa konsumsi  power lampu dengan multimeter. Dan lihat tipe apa yang tepat seperti kekuatan cahaya dan lebih hemat power.
  • Lihat efek cahaya yang diberikan, apakah mencukupi atau terlalu terang. Walau produsen lampu mengatakan cahayanya xxx lumens, tapi belum tentu memiliki cahaya yang sama kuat walau jumlah Emmiter di dalam lampu sama. Alasannya dari produsen, ada yang menginginkan lampu mereka tidak terlalu silau, sehingga cahaya akan lebih redup.
  • Selanjutnya baru tentukan merek, dan Watt yang akan dipakai.
  • Bila ingin membeli lampu selanjutnya, atau satu tahun kedepan. Beli satu sampel dahulu dan periksa ulang apakah disainnya satu merek masih sama atau sudah berubah.
  • Lampu LED Osram memberikan garansi lampu LED sangat baik, selama 3 tahun dari tanggal pembelian di toko online Lampu.com. Bila lampu Osram rusak atau mati tapi label tanggal pembelin masih dalam masa garansi. Tinggal lapor ke tempat pembelian (via email) dan kirim lampu rusak ke perusahaan Osram kembali (informasi garansi bisa dilihat di website lampu.com). Akan diberikan lampu LED sebagai penganti dan biaya pengiriman ditanggung oleh Osram. Osram memberikan keterangan garansi sangat jelas dan sederhana : Setiap pembelian di lampu.com untuk lampu LED (Bohlam dan TL) akan mendapatkan Garansi 3 tahun, dan untuk Lampu Hemat Energi (LHE) dapatkan garansi 2 tahun. (2015)
  • Lampu LED Philips agak repot karena menjual produk via retail atau toko online retail. Memerlukan label untuk garansi 2 tahun, resminya hanya 1 tahun sejak dipakai masuk sebagai garansi yang sah, bukti pembelian dan nomor garansi harus dilaporkan ke kantor Philips Indonesia via Hotline. (2015)
  • Apakah penting garansi lampu LED bagi pembeli. Sangat penting, lampu LED adalah komponen elektronik, bisa saja mengalami masalah cacat produksi. Rata rata sebuah rumah dapat mencapai 10-20 lampu LED yang terpasang.

Berapa Watt untuk lampu di rumah

  • Ruang tamu cukup besar dengan ukuran 5x5 meter disarankan mengunakan lampu LED 13W
  • Ruang kamar tidur ukuran kecil dapat mengunakan lampu LED 9W
  • Kamar mandi, tergantung kebutuhan. Bila membutuhkan cahaya sangat terang setidaknya 12+W. Mengingat kamar mandi adalah ruangan cukup penting untuk menjaga kebersihan
  • Lampu LED depan umumnya dipasang 2 lampu, dapat mengunakan 7-9W. Bila ruang teras atau halaman cukup besar dapat mengunakan diatas 9W.
Masalah lampu LED ada di cahaya yang tidak menyebar seperti lampu Neon biasa. Cahaya lampu LED secara umum hanya menyebar ke arah bawah dengan sudut 180 derajat.

Sehingga diperlukan tempat yang baik agar cahaya menyebar lebih luas. Masing masing lampu LED memiliki perbedaan tersendiri. Kadang disain lampu LED 9W dari produk A akan berbeda cahayanya dibanding lampu LED produk B

Philip SceneSwitch misalnya menawarkan lampu LED dengan 3 pencahayaan. Dari 9W untuk cahaya lampu maksimal, medium 40% dan low 10%. Lampu tipe ini cocok digunakan untuk ruang yang perlu pencahayaan tapi tidak terus menerus digunakan dengan cahaya maksimum