Computer mungkin tidak seheboh tablet atau smartphone.

Notebook atau laptop adalah nama lain computer kecil, baik pengunaan kantor atau di rumah.

Kedua nama computer jingjing tersebut dibuat untuk kemudahan dibawa atau dipindah.

Ukurannya beraneka ragam, kecil besar, cepat, tipis atau hemat power.

Kata perbedaan laptop dan notebook tidak ada bedanya. Nama laptop adalah nama computer di era 90an. Computer kecil dengan layar LCD hitam putih, disusul layar plasma. Layar yang dapat dibuat dan dilipat dari separuh badan computer

Perkembangan teknologi membuat disain computer notebook atau laptop lebih kecil dan hampir setara kemampuan computer performa.

Dalam perkembangan teknologi, munculnya nama computer notebook karena bentuknya dibuat kotak. Seperti buku kecil, jadilah nama Notebook. Itu saja

Disebut Laptop oleh produsen untuk membedakan dari ukurannya lebih besar. Sedangkan Notebook cenderung dirancang dengan ukuran tipis.

Beberapa produsen juga mengunakan nama lain. Google memberi nama Chromebook, artinya notebook dengan OS Chrome dan tidak dapat di install dengan Windows. Netbook termasuk Chromebook, hanya diberi nama lain oleh produsen yang membuatnya. Targetnya computer sangat sederhana dan murah berbasis OS Chrome. Sekarang Chromebook dan Netbook tidak di update, karena fungsinya sangat terbatas.

Laptop terkait dengan disain seperti PC tapi bisa dibawa, dengan baterai lebih besar, computer laptop gaming dengan grafik lebih besar dan bentuknya tidak kotak seperti notebook. Laptop cenderung lebih berat, layar dapat mencapai 17 inci. Bahkan disebut sebagai notebook gaming.

Notebook dibuat dengan kemampuan terbatas. Umumnya memiliki disain dengan keyboard rata, dan bentuk seperti buku, serta membuang beberapa komponen yang jarang digunakan seperti slot CD/DVD untuk model saat ini. Sekali lagi, Laptop dan Notebook hanya berbeda tampilan.

Sekarang rata rata pembeli akan mengatakan notebook. Dan pembeli tinggal memilih, model apa yang dibutuhkan, lepas dari kata notebook dan laptop.

Melihat harga yang murah yang terbatas atau mahal untuk tampil lebih gaya. Pertimbangan apa yang anda butuhkan, dan harga berapa yang anda inginkan.

Bila kebutuhan notebook untuk pekerjaan biasa, notebook murah bisa menjadi pilihan. Tapi untuk disain, CAD atau gaming, ada faktor lain yang perlu dilihat seperti kekuatan procesor, grafik dan baterai dan layar notebook.

Karena harga notebook dimulai dari 3 jutaan untuk procesor terendah, dan naik mencapai 7 juta untuk procesor dengan kekuatan lebih baik. Beberapa notebook atau laptop dapat mencapai puluhan juta.

Pilihan internal grafik (GPU) dan jenis procesor menentukan kecepatan tampilan gambar. Rentang harga notebook saat ini cukup menarik. Perbedaan tipe notebook bisa berbeda 3x lebih mahal antara model low end dan high end.

Dibawah ini pertimbangan dalam membeli notebook.

Besar atau kecil.
Pilihan ukuran notebook mempengaruhi lebar keyboard. Notebook besar nyaman, keyboard lebar seperti computer desktop. Notebook kecil memiliki tombol keyboard lebih sempit. Notebook besar berat, notebook kecil pastinya ringan. Bila sering berpergian bisa memilih ukuran notebook sedang atau kecil yang ringan. Bila tidak terlalu banyak dibawa pergi dan lebih banyak mengunakan perangkat notebook, maka pilihan, notebook ukuran besar lebih nyaman.

Pikirkan layar, notebook kecil tentu layarnya kecil. Pembeli harus mempertimbangkan ukuran layar yang dibutuhkan selain ukuran besarnya notebook. Khususnya untuk pekerjaan yang lebih banyak melihat layar notebook. Kecuali pembeli memiliki monitor ekternal untuk memudahkan membaca grafik dari notebook. Bila anda membeli ukuran 10 inci, percayalah terlihat indah karena kecil. Tapi akan merepotkan ketika melihat layar, akhirnya membeli satu monitor dengan ukuran lebih besar untuk memindahkan monitor notebooke LCD monitor.

Kebutuhan port
Rata rata disain notebook tidak bermasalah dengan jumlah port. Hanya yang perlu dilihat adalah ekternal output monitor. Apakah memiliki output HDMI, DisplayPort atau masih VGA biasa. Untuk notebook kecil dibatasi sampai 2 port USB saja. Bila anda ingin memasang keyboard, mouse dan monitor ekternal. Belum tentu port USB mencukup. Kecuali anda ingin memasang hub USB tambahan.

Notebook bagus pastinya tidak murah.
Notebook ringan, cepat, daya tahan baterai lama, tipis. Harus dibayar lebih mahal. Khususnya kelas Ultrabook, tapi ukuran kecil memiliki keterbatasan. Terlihat manis, disain sangat ramping, tapi DVD harus dipasang diluar atau storagenya terbatas dan perlu di upgrade. Atau notebook ringan umumnya lebih lambat dibanding notebook kelas menengah. Karena disain kecil dibuat untuk menghemat baterai dan mudah dibawa berpergian.
Bila membeli notebook paket hemat dan sekedar untuk mengetik saja. Notebook kecil tidak masalah.
Bagi mereka yang serius mengunakan notebook, seperti game, CAD, disain, photoshop. Sebaiknya mempertimbangkan tipe procesor yang dibutuhkan, hardware, serta output HDMI atau DisplayPort yang mungkin di perlukan di kemudian hari.

Tipe OS
Sekarang notebook dibuat dalam OS berbeda (diluar Mac OS). Ada pilihan dengan OS Windows dan Chrome. Untuk versi lengkap bisa memilih Windows. Bila kebutuhan perangkat notebook lebih banyak untuk mengerjakaan tugas biasa saja seperti mengetik surat sederhana, email, browsing, chatting, OS Chrome dapat menjadi alternatif dan harganya lebih murah. OS Chrome menyediakan beberapa software gratis seperti perangkat Windows, tapi aplikasi yang tersedia adalah aplikasi sederhana dan terbatas.
Untuk pekerjaan yang sering dilakukan di notebook, tidak ada pilihan adalah OS Windows.

Resolusi monitor notebook.
Layar kecil tajam sekelas 2K atau 4K. Jangan terpacu melihat layar monitor notebook dengan kerapatan tinggi. Kecuali aplikasi yang dibutuhkan menuntut monitor yang tajam. Seperti foto, CAD, video tetap lebih menguntungkan mengunakan notebook dengan gambar tajam. Tetapi bagi penguna biasa sudah cukup memilih notebook dengan kerapatan 200ppi. Harganya lebih murah dan cukup untuk penguna biasa.

Demikian tip dalam memilih notebook.
Tip pertimbangan memilih notebook diatas sebagai kebutuhan dasar pengunanya. Tentunya ada pertimbangan lain bila notebook diperlukan untuk tugas khusus seperti game. Terpenting utamakan apakah kebutuhan dimasa mendatang masih mencukupi dari notebook yang anda pilih.

Baterai notebook daya tahan dan iklan
Bila anda membeli perangkat notebok atau laptop, sebaiknya tidak melihat daya tahan baterai. Media Which melakukan uji coba daya tahan baterai dari beberapa model notebok, dan berbeda dengan klaim produsen. Produsen boleh mengatakan tahan 5 jam bahkan 10 jam.

Rata rata notebook memiliki daya tahan baterai lebih rendah dibanding apa yang mereka katakan. Kecuali produk Apple, membuat daya tahan baterai mereka sesuai dengan iklannya.
Test dibawah ini mengunakan test real seperti aplikasi Office
  • Lenovo Yoga 510 Claimed battery life: 5 hours  - Test sebenarnya: 2 hours, 7 minutes
  • Apple MacBook Pro 13 Claimed battery life: 10 hours - Test sebenarnya: 12 hours
  • HP Pavilion 14-al115na Claimed battery life: 9 hours - Test sebenarnya: 4 hours 25 minutes
  • Dell Inspiron 15 5000 Claimed battery life: 7 hours - Test sebenarnya: 3 hours 58 minutes
  • Acer E15 Claimed battery life: 6 hours - Test sebenarnya: 2 hours 56 minutes



Jadi. Model apa yang anda pilih, dan lupakan dengan kata notebook dan laptop. Karena keduanya hanya 2 nama saja.