Pendingin server dengan minyak


Hardware | 11 April 2012

Pencinta computer umumnya mengenal kata overclock, memacu perangkat semaksimal mungkin untuk mendapatkan performa. Sebagian digunakan untuk pencapaian kinerja hardware maksimal, sebagian lagi hanya untuk uji coba. Kemunculan pendingin seperti watercooler, heatsink besar, Peltier sampai yang terakhir adalah pendingin dengan minyak. Pendingin ektrem tersebut dibutuhkan sebelum perangkat elektronik tergoreng terlalu panas bekerja akibat dipacu diatas kemampuan standar.

Data center / pusat computer dengan jumlah hardware computer yang besar, membutuhkan pendingin seperti ruang AC yang besar dan saluran pembuangan udara panas dari computer. Sayangnya pendingin yang besar untuk data center menambah beban listrik.

Baru baru ini muncul pendingin minyak untuk server, mengapa tidak. Cairan minyak pendingin yang umum dipakai disebut 3M Fluorinert. Cairan minyak tersebut sudah diolah sedemikian rupa sehingga tidak menghantarkan listrik. Beberapa perusahaan seperti Green Revolution Computing merubah blade server computer rancangan mereka, sehingga bisa di tengelamkan di sebuah kolam minyak pendingin. Suhu minyak di pompa dan dijaga panasnya melalui radiator diluar gedung, sehingga cairan minyak bisa mencapai suhu yang stabil dan hardware tidak kepanasan.

Berapa biaya bila mengunakan pendingin minyak bagi data center. Contoh, Green Revolution Cooling mengatakan dengan pendingin minyak, maka data center mampu memangkas 95% biaya pendingin konvensional seperti AC. Pemakaian power listrik bisa ditekan sekitar 10-20%. Sementara untuk kebutuhan power pendingin dari sebuah data center dapat mencapai 40% dari total beban listrik yang dibutuhkan.

Intel baru baru ini mengeluarkan hasil studi mereka yang menyatakan sistem pendingin minyak bekerja sangat baik, dan sistem tersebut mampu mendinginan server. Tetapi biayanya menjadi lebih mahal bila dipakai bagi perangkat low power server. Intel menyebutkan harus ada sistem campuran dan perhitungan lebih lanjut untuk membandingkan biaya, jenis perangkat dan pemakaian energi.

Kendala lain dengan ruang server diperlukan perubahan. Karena kolam untuk server yang berisi cairan akan lebih berat dibanding server dengan pendingin konvensional. Hal lain adalah perubahan sistem radiaotor untuk memompa minyak dari kolam minyak pendingin untuk di dinginkan ke radiator memerlukan biaya tambahan. Seperti biaya instalasi pipa harus diperhitungkan kembali.

Keuntungan dengan minyak pendingin, dapat meningkatkan kerapatan jumlah server dan menekan biaya AC. Seperti rangkaian dari supercomputer dengan jumlah computer mencapai ratusan unit dapat memberikan manfaat yang jelas dengan pendingin minyak.  Atau dipasang di daerah panas dengan kelembaban tinggi bisa memanfaatkan teknologi dari minyak pendingin.

Mungkin teknologi pendingin server dengan minyak masih harus dikembangkan lebih lanjut. Setidaknya teknologi tersebut menjadi alternatif sebagai pendingin data center masa depan.

 


Berita terkait
Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

Entah salah bicara di Worldwide Partner Conference di kota Houston. CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan Microsoft memiliki lebih dari satu juta server. Google lebih banyak dari Microsoft, Amazon sedikit lebih kecil, yahoo dan Facebook sekitar 100.000 server atau kurang



Cairan minyak hanya perlu diganti 10 tahun sekali. Semua komponen computer ditengelamkan kedalam cairan. Intel mengatakan sistem pendingin minyak hanya butuh 2-3% pemakaian power computer

WD baru menyelesaikan akuisisi pabrik harddisk Hitachi. Tetapi unit harddisk 3.5 inch dijual patennya ke Toshiba. Jangan kaget bila menemukan harddisk dengan 2 merek berbeda. Sejak kejadian banjir di Thailand, pabrik harddisk mengalami kerusakan

Beberapa tahun lalu masih banyak ditemui keyboad jenis mekanik, ketika ditekan akan berbunyi klik klik klik. Banyak yang tidak menyukai karena suaranya berisik dan munculah keyboard jenis membran yang lebih halus serta tidak banyak menimbulkan suara.

Port power 5V dan 3.3V dihapus, digantikan single rail konektor power supply ATX12VO . Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%. Artinya semakin besar angka sertifikasi maka semakin baik sebuah power supply dalam pemakaian power listrik AC.




No popular articles found.
< /body>