Timelapse satu tahun membuat foto langit dibuat dari alat ini


Digital | 14 February 2014

Video ini sih enga ada seru serunya, bukan menampilkan keindahaan alam, bukan menampilkan galaksi atau keindahan warna nebula. Video ini mengabadikan satu foto setiap 10 detik, selama satu tahun.

Bisa dilihat video timelapse dibawah ini bentuknya banyak kotak. Satu kotak adalah rekaman satu hari. Ada 18 x 20 kotak, masing masing menunjukan cuaca di langit yang direkam oleh satu camera selama satu hari.
Ini teka teki yang ingin disampaikan oleh pembuat video. Pada jam pertama rekaman dibuat, dimulai sekitar jam 3:57 pagi. Di depan video terlihat warnanya hitam (malam hari). Memasuki waktu 4:25 AM, terlihat bagian kotak dibawah mulai terang. Atau matahari lebih dahulu terbit dan cahaya biru langit tampak.

Dibagian akhir video terlihat pada menit 3:42, terlihat hari mulai gelap dengan bentuk garis tengah hitam pada jam 17:30 menjelang sore. Mungkin masih sama seperti waktu matahari terbenam di negara tropis. Setelah jam 17:30 mulai terliath perubahan waktu malam hari, dan cahaya matahari baru pergi setelah jam 8 malam di kota San Francisco



Pembuatnya Ken Murphy seorang programmer di California. Dia membuat alat seperti dibawah ini, satu camera point of shoot, satu computer mini yang memicu untuk mengambil gambar, dan computer yang bisa dihubungkan secara remote control. Satu lagi box bekas di beli di pasar loak  seharg $3.



Berita terkait
Tim Uncaged mencoba mengabadikan galaksi Bima Sakti dengan teknik video Timelapse. Hasilnya sangat menarik, dan diambil pada bulan Agustus 2016 lalu. Dimana beberapa anak sekolah dan sekitar 600 astronom berkumpul untuk mengabadikan hujan meteor Perseids.

Video Timelapse Exhale dibuat fotografer Jesse Attanasio. Bikinnya aja 2 tahun. Tekniknya sudah direncanakan, dari waktu perjalanan, perencanaan, dan fokus akhir untuk post-production. Bila pernah belajar video Timelapse, melihat video yang ini bukan saja indah dengan musik yang tepat. Sekaligus membayangkan berapa lama harus membuat video dalam durasi kurang dari 3 menit



Constantine Konovalov dan Irina Neustroeva membuat video cantik dengan durasi 5 detik. Memberikan detil dari kota Paris Perancis. Yang ini, videonya bikin sakit gigi. Begitu panjang dengan gambar sangat baik. 40 hari pengambilan gambar dan 3 bulan untuk mengumpulkan foto. Hasilnya sangat detil tentang kota Paris

Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.

Video timelapse Flow Motion dari fotographer Rob Whitworth mengambil ide dengan gabungan timelapse dan hyperlapse. Seperti menonton perjalanan liburan seseorang ke kota Dubai. Camera bergerak mengikuti objek, mengambil timelapse dengan pemandangan dan zoom.

Sean mahasiswa pHD astronomi membuat video di puncak gunung Mauna Kea Hawai. Foto diabadikan dekat dengan teleskop observasi. Walau mengunakan camera Canon, dia lebih mengandalkan lensa produsen non Canon. Untuk mengisi baterai, mengunakan baterai lithium RC sebagai powerbank.

Video ini menunjukan betapa luasnya galaksi kita. Bassem pertama kali menghabiskan waktu dengan astro fotografi. Terbang ke satu tempat, dan  mendapatkan Milky Way dibalik bukit.



Justin mengunjungi Argentina selama 25 hari. Dalam kunjungannya dia membuaf foto dan berjalan jalan untuk sebuah siaran TV show Mojo Outdoor. Sementara lokasi disana sangat indah. Peralatan slider malah ditinggalkan agar bisa berlatih kompisisi foto

Konstantinos Vasilakakos membuat video timelapse dengan latar belakang galaksi Bima Sakti. Lengkap dengan video resolusi 4K. Dia mengabadikan galaksi Bima Sakti mengunakan camera Nikon D610 ditambah 3 lensa Samyang 14mmf2.8, Nikkor 50mm f1.4 dan Nikkor 70-200f.28

Video ini memperlihatkan video dalam bentuk Timelapse. Ketika waktu berlalu di bumi selama 23 September 2013. Badan Antariksa Rusia mengunakan satelit Elektro-L. Mengabadikan foto bumi selama Equinox di musim gugur.

Milton Tan fotographer profesional berhasil mendapatkan ijin untuk masuk ke daerah terlarang di bandara Changi. Dia membuat beberapa foto untuk video timelapse. Maklum Changi adalah salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara

Fotografer Gavin Heffernan memiliki keahlian dalam foto stargazer. Bulan Mei lalu dia pergi ke Grand Canyon dan Valley Navago di Arizona. Hasilnya video 4 menit, gambar video galaksi yang dibuat memang indah dan tajam. Lengkap dengan pengalaman mencari tempat di hutan..

Video ini masuk kategori Hyperlapse atau video di percepat dan bergerak. Diambil dari penerbangan Tokyo ke San Francisco diatas pesawat Boeing 747.

2 keluarga, 2 camera, 30 negara, 60 kali penerbangan, 1000+ time lapse video, 200 ribu gambar lebih dan 20 TB data. Video ini direkam selama 2 tahun, ketika pembuatnya jalan jalan ke Eropa. Katanya nonton di HD video



Dari Earthcam merekam pembangunan hotel Marriott, sebagai hotel tertinggi di Amerika Utara. Perusahaan konstruksinya dari G Holding, lokasi di New York. Direkam dengan camera HD dari pondasi sampai tower hotel semuanya selesai.

Menyatukan kemampuan beberapa fotographer dan memasukan semua hasil karya mereka bersama sama dalam satu video. Hasilnya sebuah video yang mengangkat budaya, kemajuan negara, budaya, pemandangan alam yang dikemas dalam satu video.

Video konstruksi gedung One World Trade Center direkam sejak tahun 2004. Pemandangan dari sisi gedung baru berakhir pada tahun 2013 setelah gedung jadi. Pembuatnya dari EarchCam

Joe Capra mengunakan 2 camera salah satunya camera medium format. Video yang dibuat ini mengunakan teknik Time Lapse. Joe meengatakan setelah mempelajari apakah camera medium format bisa menghasilkan resolusi tinggi untuk video Time Lapse.

Kapal milik Emma Maersk kelas Triple E dibuat video Timelapse. Kapal dengan kemampuan membawa cargo raksasa ini sedang parkir di Busan Korea. Seperti apa kapal tersebut bila parkir.




No popular articles found.
< /body>