Pesawat F14 Tomcat ketika jet tempur dibawa pilot ahlinya


Stuff | 13 February 2014

Gambar ini bukan cerita CGI atau film dengan 3D teknologi terkini.

Manuver pesawat ini memang dibuat asli ketika sebuah pesawat F14 Tomcat melintas disamping kapal induk.

Oleh Dale Snodgrass seorang pilot F14, dia menjadi pilot dengan jam terbang tertinggi. Sudah mencapai 48 ribu jam terbang dengan pesawat jenis yang sama. Dan sudah 1200 kal mendaratkan pesawat F14 di atas kapal induk.

Foto dibawah ini dibuat tahun 1988 diatas dek kapal induk Kitty Hawk.

Katanya pesawat F14 bisa bermanuver terbalik seperti ini.

Tinggal dijaga kecepatannya dengan after burner dengan 350 knot pada jarak 650m, terus miring ke 10-20 derajat.

Foto diabadikan Sean E Dunn bagian perawatan di dek kapal, tangan yang yang dibelakang dengan seragam abu abu itu Admiral Jay Johnson kepala operasi angkatan laut



Pesawat F14 Tomcat

Pesawat supersonik dengan sayap tinggi dan dapat bergerak. Memiliki mesin ganda dan tempat duduk ganda.

Angkatan laut Amerika mengunakan F14 dari tahun 1972 sampai 2006 penganti pesaat F4 Phantom II.
F14 sempat di ekspor ke Iran tahun 1976.



Hanya 2 negara yang memiliki F-14 Tomcat, Amerika dan Iran saja.
Amerika dan Iran sangat dekat di awal 1970an. Ketika dipimpin oleh Shah terakhir di Iran. Walau Amerika masih khawatir dengan pesawat tempur canggih di jamannya.
Revolusi Iran membuat pesawat dibatalkan.
Perang Iran Irak, membawa F-14 milik Iran memiliki setidaknya 50 kemenangan dalam 6 bulan pertama ketika melawan Mig 21 Irak, Mig 23 dan beberapa SU-20s.
Hanya satu F-14A yang mengalami kerusakan akibat terkena pecahan puing Mig 21 didekatnya ketika meledak.

Tapi F14 Tomcat dipensiunkan seluruhnya oleh Amerika tahun 2006 setelah tiba F18 Super Hornet.
Terlibatnya F14 Tomcat terakhir di Irak.

F14 menjadi salah satu pesawat tercepat, dengan kecepatan maksimum 2,34Mach dan kemampuan terbang malam hari.

Seperti model F14D mampu terbang di segala cuaca, sedangkan pesawat lain tidak. Kemampuan menangkap pesawat musuh sampai 150km, dan target ke 6 sasaran.

Unit yang dibuat
F14 dibuat sampai 712 unit pesawat, sebagian pesawat Amerika termakan usia dan rusak lalu di hancurkan. Sparepart F14-D misalnya tidak lagi di produksi, mencegah pesawat yang di ekspor mendapat komponen termasuk memindahkan komponen dari pesawat bekas.
Tahun 2007, dari 165 pesawat F-14D ada 23 unit pesawat di hancurkan dengan benar dan biayanya mencapai $900.000.

Sayap Variabel pesawat F-14 dapat dibuka tutup, dalam arti bergerak sampai 60 derajat.

3 model F-14, F-14A versi pertama kursi ganda untuk angkatan laut Amerika. 545 pesawat di produksi, tapi 79 pesawat di ekspor ke Iran.
F-14B diperbaharui dengan sistem avionik mutakhir.
F-14D Super Tomcat menjadi seri terakhir. Mesin TF-30 diganti dengan GE-F110-400 seperti model F-14B. Tapi hanya 37 pesawat di produksi, dan 18 unit model F-14A di upgrade ke versi D.

Berita terkait
Amerika kabarnya akan membuat 2 pesawat kepresidenan. Pesawat tipe Boeing 747-8 atau tipe 200 tersebut masih dengan model yang identik. Kabarnya satu pesawat yang dibangun tahun 2013 tidak jadi dikirim ke perusahaan Transaero Rusia, dan mangkrak di gudang Boeing

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.



Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Mig 25 adalah jet tempur tercepat kedua di perang dingin. Ketika terungkap oleh barat, akhirnya diketahui pesawat tersebut bukan pesawat jet tempur biasa. Memiliki kecepatan 2,8Mach dan maksimum 3,2 Mach. Tidak ada yang bisa mengejar bila pesawat dipacu dengan 2 mesin jet Tumansky R-15. Sampai barat semua teungkap setelah barat membuka isi pesawat

Saab mengembangkan teknologi tembok pelindung anti peluru. Walau ditembakan dalam jarak 1 meter, hanya bagian permukaan saja yang rontok, tapi tembok tidak akan jebol. Dengan kaliber besar, peluru yang ditembakan pada jarak 100 meter juga tidak mampu melewati tembok Saab

Pesawat pembom nuklir supersonik XB-70 Valkyrie tampil di era 1968. Jet pembom XB-70 Valkyrie mampu terbang sampai kecepatan 3 mach+ berada di ketinggian 21 ribu meter. Dengan posisi yang sangat tinggi dan cepat, pesawat pembom ini tidak mampu dicegat ketika masuk ke daerah musuh

China membangun pesawat jet sendiri sampai satelit pencitraan. Dari pesawat stealh jet fighter, tank, rudal anti pesawat dan pesawat cargo. Peralatan perang China akan ditampilkan ke publik tapi semuanya untuk dijual



Senjata rancangan baru dari Railgun mengunakan proyektik elekrtromagnetik. Disebut Blitzer memiliki kecepatan peluru sampai 5+ kali kecepatan suara. Bahkan jangkauannya lebih setara tembakan meriam kapal.

Pesawat yang membawa 280 penumpang anjlok sampai 1500 meter di wilayah Turki. Regulator udara India meminta penyelidikan dengan pesawat Boeing 777 tersebut.

Nato dan Rusia memang sedang memanas. Beberapa foto dipublikasi ke media, menangkap 4 pesawat jet SU 27 Flanker yang mengawal Tupolev Tu 22 Backfire bomber. Ke 6 pesawat tersebut dicegat oleh 3 pesawat tempur Nato tipe Typhoon.

Arnold Schwarzenegger iseng ngerjain orang sedang nge gym. Agar tidak dikenali, dia menyamar dengan kumis. Timnya mulai menyiapkan peralatan dan om Arnold disuruh menjadi penjaga counter. Ada fotonya tapi tidak ada yang kenal dia.

Ini cara pesawat pemadam kebakaran mengambil air. Terbang rendah dan mendarat diatas air. Tapi terus terbang secara perlahan sambil mengambil air, dan kembali terbang. Kurang dari satu menit untuk mengambil air

Video ini adalah rekaman sebuah pesawat Douglas C-47 Skytrain atau versi militernya disebut pesawat Dakota. Sudah tua tapi tetap stabil dengan terbang rendah. Tidak ada yang berbahaya ketika pesawat ini melintas, tapi terbangnya nyaris diatas rumput.

Video dari jet tempur Mig 31 dengan camera. Salah satu pesawat pencegat yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat hanya dibuat sekitar 400 pesawat dan 30 pesawat dimiliki Kazakhstan. Kecepatan terbang mencapai 2,8 Mach.



Video dari Lockheed Martin memperlihatkan pengujian pesawat F35. Seperti pesawat dibuat simulasi stall dan kehilangan ketinggian. Di uji coba melakukan manuver berbalik turun




No popular articles found.
< /body>