Teleskop James Webb dijadwal ulang kembali


Kategori : Science | Date : 20 July 2018
Teleskop infra-red yang ditunggu para ilmuwan untuk melihat alam semesta
Teleskop Hubble vs James Webb

Teleskop Hubble sudah lama bekerja, sedangkan teleskop James Webb baru tahap rencana diluncurkan.

Teleskop James Webb sudah dibangun, apakah sudah siap ?. Sampai tahun 2018 masih belum selesai walau teleskop untuk melihat di masa lalu ini telah selesai.

Apa perbedaan Hubble vs James Web.

Teleskop Hubble dirancang untuk penglihatan optik, ditambah beberapa instrumen infrared. Kedua teleskop berbeda melihat cahaya infra merah di ruang angkasa, dimana cahaya infra merah hanya bisa dilihat secara gelombang spektrum visual.

Teleskop James Web mampu melihat lebih dalam, untuk melihat cahaya yang datang sangat terlambat. Mendekati usia ketika alam semesta mulai terbentuk. Pada rentang usia 1 miliar tahun bahkan sampai 300 juta tahun setelah big bang

Teleskop James Webb vs Hubble


Teleskop James Webb telah lolos test uji coba di ruang vacum selama 116 hari. Teleskop dimasukan ke sebuah ruangan besar, dan udara dipompa keluar seperti simulasi di ruang angkasa. Silinder raksasa dimasukan nitrogen cair sampai suhu jatuh dibawah -380 derajat C. Nasa melaporkan teleskop James Webb sudah lolos uji untuk suhu dingin. Nasa

Mengapa teleskop harus di uji dengan suhu sangat dingin. Posisi teleskop nantinya sangat jauh dari Bumi, di ruang angkasa maka teleskop harus bekerja  mencapai suhu sangat dingin.

Teleskop ruang angkas James Webb



Teleskop James Webb nantinya tidak ditaruh mengitari orbit bumi. Tapi ada di sisi gelap bumi atau titik L2. Sekitar 1,5 juta km dari bumi.

Teleskop ini tidak mengunakan cermin optik, tapi lempengan cermin utama berlapis emas. Cermin dari materi beryllium sebagai cermin paling kuat dan cermin utama dari lapisan emas yang dapat menyerap cahaya infra red lebih baik. Untuk membawa ke orbit bumi, teleskop ini harus dilipat. Karena ukurannya terlalu besar dengan cermin ukuran 6 meter. Di luar angkasa, teleskop ini akan terbuka seperti biasa, berbeda dengan teleskop Hubble yang tertutup berbentuk tabung dengan sistem cermin optik

Teleskop Hubble sudah tua dan sudah mencapai batas kemampuannya. Pengantinya adalah teleskop James Webb yang hanya dilengkapi sensor infrared karena untuk melihat benda yang lebih jauh dari Hubble.





2 halangan terbesar untuk meluncurkan teleskop ini adalah ukurannya yang besar dan penempatannya harus jauh dari bumi. Teleskop James Webb harus tetap dijaga dengan suhu sangat dingin. untuk membuat pengamatan obyek yang akurat. Karena targetnya adalah galaksi paling jauh yang tidak terditeksi dengan jelas oleh Hubble. Di teleskop James Webb nantinya dilengkapi dengan 4 sensor.




Teleskop ini memerlukan waktu pembangunan dan peluncuran yang tepat. Karena berada sangat jauh dari bumi, bila sudah diatas maka tidak bisa diperbaiki bila terjadi masalah.

Berbeda dengan Hubble yang berada di orbit 500km, sempat diperbaiki dan dipasang instrumen baru 4 kali. Dan terakhir dengan penambahan instrumen di tahun 2002. Penempatan teleskop Hubble sekitar 5-600km jauhnya dari permukaan Bumi. Jadi masih cukup dekat untuk di reparasi bila terjadi kerusakan..

Sedangkan posisi James Webb berada 1,5 juta km dari bumi, siapa yang bisa pergi kesana bila terjadi masalah. Karena jarak tersebut mencapai 4x jauhnya dari bumi ke bulan.



Ukuran teleskop James Webb mencapai 24x12x12 meter. Ukuran teleskop Hubble hanya 13,2 dengan diameter 4,2 meter ditambah panel surya 2,45x7,56 meter.
Rancangan pelindung panas dari radiasi matahari mencapai lebar lapangan tenis. Cermin harus tetap mampu berada di suhu dingin untuk bekerja.

Bila dibandingkan ukuran cermin James Webb mencapai 6,5 meter, dengan Hubble hanya 2 meter.
Ukuran zoom Hubble memiliki focal length 13,2 meter atau 13.200mm vs James Webb memiliki 131 meter. atau 131.000mm

Mei 2015
Apa yang dapat dilihat dengan teleskop James Webb. Charles Bolden dari tim Nasa mengatakan teleskop James Webb memiliki kekuatan 100x lebih kuat  dari teleskop Hubble. Apa yang dapat dilihat oleh teleskop ini, setidaknya dapat melihat benda yang berada 13,5 miliar tahun cahaya. Seakan melihat waktu masa lalu jauh ke belakang.

Teleskop JWST menjadi teleskop paling kuat dan paling sensitif di ruang angkasa. Mendampingi teleskop terbesar lain yang sedang dibangun di bumi (permukaan bumi) dan baru selesai pada tahun 2020 sampai 2022 mendatang.

Teleskop Thirty Meter di Bumi sebagai teleskop terbesar mulai dibangun 2018, European Extremely Large / teleskop kedua terbesar diperkirakan selesai tahun 2022, disusul rencana teleskop besar lain seperti Large Synoptic Survey dan Giant Magellan. Setidaknya ada 4 pembangunan teleskop raksasa untuk melihat alam semesta nanti. Tapi konstruksinya tergantung berapa banyak dana yang diberikan untuk ruang observasi teleskop tersebut.
Sedangkan teleskop Nasa sudah selesai, perkiraan menghabiskan dana 8 miliar dollar lebih.

Desember 2015.
Cermin teleskop James Webb baru selesai separuh. Pada tanggal 17 Desember 2015, baru 6 cermin terpasang. Akhir bulan Desember sudah 9 cermin terpasang dari 18 cermin yang dibutuhkan.


Membuat cermin teleskop ruang angkasa bukan hal mudah. Bagian dikirim dari seluruh dunia, struktur pendukung diuji, pelindung matahari dikumpulkan. Maklum saja, ukuran satu cermin mencapai 1,3 meter

Februari 2016
Proses perakitan cermin teleskop




November 2016
Teleskop James Webb atau JWST dengan ukuran 2x dari teleskop ruang angkasa Hubble. Konstruksi sudah selesai, 20 tahun dimulai perencanaan dan pembangunan.



April 2017
Konstruksi teleskop sudah diuji untuk tes akustik dan getaran beberapa bulan lalu. Untuk menguji daya tahan teleskop dengan getaran 5-100 kali perdetik.
Tahap selanjutnya, teleskop dikirim ke Johnson Space Center di Houston Texas untuk pengujian lebih lanjut.
Di Johnson Space, teleskop masih harus diuji seperti sistem instrumen, termasuk kaca premier berukuran 6,5 meter dari 18 heksagonal.

Foto teleskop James Webb selesai dibangun siap di uji

Juli 2017
Teleskop JWST harus di uji dalam ruang vakum udara. Ada alasan mengapa Nasa perlu melakukan pengujian teleskop ini.
Di ruang angkasa, suhu yang menghadap ke matahari secara perlahan akan mencapai 85 derajat C. Sedangkan di baliknya, seperti bagian teleskop yang terlindung akan mencapai suhu --240 sampai 273 derajat C.

Disini peralatan pemandu buatan Kanada di uji coba. Teleskop dimasukan di dalam sebuah ruangan bekas pengujian pesawat ruang angkasa Apollo. Disana akan di vakum, dan membutuhkan waktu 10 hari untuk mengosongkan udara dari ruangan khusus. Dan 1 bulan setelah itu baru mendapatkan suhu yang sangat rendah untuk pengujian.

Dibawah ini foto ruang pengujian, dengan suhu -174 derajat dibawah 0. Dan akan terus diturunkan sampai -253 derajat Celcius.

Di dalam ruangan, peralatan inframerah dapat bekerja pada suhu ideal -236 derajat C. Dan dibantu dengan dimasukan nitrogen cair dan gas helium.

Foto teleskop 
James
 Webb masuk ruang pengujian dengan suhu minus 120 derajat dibawah 0

Update video 10 Januari18 dari Nasa



Cermin teleskop James Webb memerlukan suhu dingin untuk menangkap cahaya inframerah secara sempurna yang amat sangat jauh. Nasa tentu ingat kejadian teleskop Hubble ketika bermasalah di tahun 1990. Teleskop tidak fokus dan masalah pada cermin utama. Astronot harus memperbaiki ke ruang angkasa dengan menambah optik koreksi. Sederhananya, teleskop Hubble ditambahkan sebuah kacamata untuk melihat lebih jelas.

Badan antariksa Kanada - CSA menyediakan sejumlah peralatan untuk JWST. Tetapi banyak orang yang terlibat dalam pembangunan teleskop ini. Baik para ilmuwan dari Kanada yang ikut membantu merancanga teleskop dan dari seluruh dunia termasuk tim nasional tentu saja Nasa dari Amerika.

CSA menyediakan sistem pengarah teleskop, dan 4 instrumen sain yang disebut Near Infrared Imager dan Slitless Spectrograph.
Satu instrumen paling penting Fine Guidance, terdiri dari dua camera identik yang sangat penting ketika teleskop JWST menemukan target di ruang angkasa. Dan tetap mengarah ke satu arah untuk waktu lama sambil mengumpulkan data.

Penguncian posisi bintang dengan mengarahkan teleskop dengan tepat.
Berita selanjutnya ditunggu dari laporan pengujian sebelum teleskop ini benar benar berangkat ke ruang angkasa.

September 2017
Nasa mengumumkan penundaan peluncuran James Webb, setidaknya dijadwal ulang pada musim semi 2019.
Teleskop tidak memiliki masalah dengan hardware dan masalah teknis. Tetapi teleskop terebut membutuhkan waktu lebih banyak dari perkiraan Nasa.
Penundaan peluncuran terkai dengan semua tugas dan sisa percobaan lain. Sisi baiknya memberi kesempatan untuk menguji semua peralatan yang mungkin bermasalah. Walau katanya sih sudah tidak masalah.

Maret 2018
Masalah masih melanda rancangan JW teleskop. Tercatat rancangan Northrop Grumman, masalah sistem power terjadi karena terlalu banyak dipangkas. Sementara insinyur Nasa meminta jangan melewati batas daya, dan terkendala biaya.
Rancangan panel pelindung cahaya matahari dibuat seperti bunga terlipat. Baru dibuka setelah 2 minggu berada di ruang angkasa. Membutuhkan 180 tahapan, jadi ada kemungkinan salah satu tahap salah bila tidak diranang dengan baik. JW teleskop hanya dapat memperbaiki 6 langkah sampai membuka penuh. Bila gagal teleskop menjadi sampah di ruang angkasa.
Tidak seperti teleskop Hubble yang jaraknya masih cukup dekat untuk diperbaiki. JW Teleskop ditempatkan jauh dari Bumi.

April 2018
Perusahaan pembuat teleskop JW. Melalukan simulasi test uji getaran. Apa yang didapat.
Bagian pelindung matahari yang penting, terdapat 20 dari 1000 sekrup di antarannya lepas. Bagian sekrup dapat mengores pelindung matahari. Tekniksi akhirnya mencoba memperbaiki.



Mei 2018
Uji kejut dan tes akustik dilakukan 4 Mei 2018, pengujian dilakukan tanpa unit optik. Untuk menilai bagaimana pesawat ruang angkasa akan menangani prosedur peluncuran dan kondisi keras di ruang angkasa.
Hasil yang didapat, teleskop akan mengalami masalah selama test lingkungan kedua. Bagian penahan pelindung matahari lepas karena stres belebihan.

Juli 2018
Mengapa teleskop yang dirancang 20 tahun lalu tidak dibuat lebih kecil. Agar lebih mudah dikirim ke ruang angkasa.
Ukuran cermin menentukan kekuatan sensitif menangkap objek kata John Mather ilmuwan senior Nasa.

Dana teleskop JW sudah diambil bagi proyek Nasa lain. Jadwal kembali dimundurkan. Target 2007, 2011, 2013, terakhir 2018 akhirnya pindah ke 2021.

Teleskop Gaia selesai membuat peta hampir 1,7 miliar bintang diumumkan April 2018. Observasi selama 21 bulan, mengunakan teknik paralak. Diperkirakan hanya 1 persen bintang yang ada di galaksi Bima Sakti dengan peta Zoom bintang jarak 10.000 tahun cahaya dari matahari.

Teleskop radio SKA selesai dibangun, setelah tahun 2016 memperlihatkan gambar pertama dari 25% kekuatan teleskop radio. Menjadi teleskop paling sensitif di dunia untuk memetakan langit dengan gelombang radio, dan menangkap paling detil dari sebelumnya. Salah satu yang dicari adalah jejak gas hidrogen.

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) hanya mencari planet pada jarak 200 tahun cahaya. Foto 200 ribu bintang pertama, yang jaraknya hanya 300 tahun cahaya dari bumi.



Smartphone memiliki sensor 16Mpix, camera profesional 100Mpix. Sensor camera yang satu ini bukan tandingannya lagi. Memiliki ketajaman 3,2Gpixel atau setara memasukan gambar 1500 video HD. Sensor camera miliki LSST nantinya menjadi jantug teleskop Large Synoptic Survey Telescope.

Satu teleskop raksasa Fast selesai dibangun di provinsi Guizhou, mungkinkan China menjadi bangsa pertama yang mendengar Alien.. Ukuran 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Sekarang butuh ahli digaji 1,2 juta dollar pertahun

Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Apa yang dicari oleh teleskop Hera, adalah waktu dan kejadian ketika 13 miliar tahun. Masa tersebut atau ketika 13 miliar tahun lalu, alam semesta belum terbentuk banyak bintang untuk membuat galaksi. Hera akan mempelajari bagaimana benda benda yang terkena perubahan dilingkungan waktu itu.



Teleskop DragonFly dibuat murah. Mengandalkan telezoom lensa komersil dan dipasang Array 10 unit sekarang 24 lensa telezoom. Teleskop Dragonfly dibuat oleh tim universitas Toronto, lebih murah dibanding membangun ruang observasi teleskop tapi biayanya sudah seharga satu mobil

Siapa pembuat notebook atau laptop pertama yang ada di pasar komersil. John Ellenby ketika memasarkan laptop generasi pertama seharga 8 ribu dollar. Harga laptop yang fantastik di jaman 1980an, karena semua computer masih berukuran besar. Jangan bandingkan dengan teknologi saat ini, bahkan dengan smartphone termurah sekalipun

Sinyal WOW pernah tertangkap radio teleskop mengunakan frekuensi Narrowband. Pada 15 Agustus 1977, Jerry R Ehman bekerja untuk proyek SETI di radio teleskop Big Ear milik universitas Ohio.3 pencarian di tahun berbeda, sinyal sudah lenyap. Teori sinyal WoW akan dicoba untuk dibuktikan.

Teleskop ruang angkasa ASTRO-H atau Hitomi milik Jepang seharga 3 triliun, baru diluncurkan 17 Februari. Mendadak teleskop yang baru diluncurkan tesrsebut hilang kontak ke Bumi. Teleskop yang dirancang khusus untuk mempelajari objek seperti lubang hitam raksasa dan kelompok galaksi hilang komunikasi

Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Salah satu program mengirim pesan ke Alien adalah program Lone Signal. Mengirim pesan ke bintang Gliese 526. Bagaimana ilmuwan mengirim berita ke Alien, apakah dengan bicara biasa. Tentu saja mengunakan bahaya paling umum



Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

Jangan tanya dengan camera dengan sensor terbesar yang satu ini. Dimiliki oleh teleskop SLAC National Accelerator Laboratory dan sedang dibangun di Chile

Manusia baru menemukan radio di era 1880an. Sampai seberapa jauh siaran radio tersebut bisa diterima oleh mahluk lain. Siaran radio dari Bumi tidak pergi terlalu jauh sejak dipancarkan pada tahun 1880. Pada tahun 2080 nanti, mungkin baru diterima oleh mahluk lain yang tinggal pada jarak 200 tahun cahaya

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak

Video Timelapse ini serius banget bikinnya. Ketika profesor fisika dan fotographer amatir Isidro Villo menyebut akan membawa anda ke Orion Nebula yang begitu jauh dengan cameranya.  Targetnya ada di M42, Messier 42 atau NC 1976. Jaraknya 1344 tahun cahaya. Tidak jauh sih.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.


No popular articles found.