Februari 2014
Dari Digital Trend mengatakan pasar computer melemah. Acer saja rugi, produsen computer nomor satu Lenovo hanya mendapat kentungan sedikit. Siapa yang memerlukan computer, bila kegiatannya hanya surfing dan facebook. Tablet pasti lebih memudahkan untuk kegiatan itu.

Pasar computer melemah di kelas entry dan low end. Sebagian besar produsen berebut mengambil pangsa pasar yang sama. Penguna tidak mau notebook, bisa mengambil iPad tablet. Siapa yang mau membeli computer seharga $400-500, bila bisa digantikan tablet.



Berbeda dengan produsen computer builder. Di Amerika ada builder computer high end seperti merek Origin, Falcon Northwest atau Digital Storm. Perusahaan kecil ini hanya merakit computer kelas high end, khususnya gaming. Performa tinggi, power besar, dan hardware pilihan ada disana, pastinya harga PC mereka mahal. Apakah perusahaan ini terkena imbas dari penjualan PC secara keseluruhan.

Penjualan computer Origin tetap baik dan angka penjuaalan terus tumbuh. Perusahaan Digital Storm mengatakan perusahaan mereka memang kecil, tapi iPad bukan tandingan computer dengan 4 VGA GTX Titans buatan mereka. Pasar high end dahulunya diminati oleh hardcore gamer. Sampai sekarang mereka tetap pelanggan setia dan kebutuhan mereka tidak bisa digantikan oleh gadget. Computer gaming memiliki kualitas gambar game lebih bagus dibanding console game.

Sekarang computer high end bukan milik gamer. Kalangan profesional membutuhkan, dari bisnis, instasi pemerintah yang membutuhkan computer performa tinggi. Origin yang awalnya menjual costum PC menjual computer gaming. Sekarang mereka membuat server high end. Pengunanya dari pihak pemerintah, sampai Boeing. Mengapa banyak kooperasi membutuhkan computer high end. Pekerjaan mereka dapat lebih cepat dan efisien bila performa computer lebih tinggi.
 
Kendala bagi perusahaan custom PC hanya di Microsoft dan Intel. Intel baru memangkas karyawannya dan menunda peluncuran procesor baru, Microsoft bikin pusing dengan OS Windows 8. Pelanggan mereka lebih memilih Windows 7.

Apa yang mendorong penjualan PC baru baru ini. Katanya teknologi video 4K membutuhkan high end PC. Bukan computer saja yang cepat tapi kebutuhan storage juga besar.  Satu video 4K akan melalap harddisk dengan cepat, dengan computer desktop dapat ditangani dengan menambah harddisk. Satu kebutuhan adalah rendering, resolusi tinggi, kecepatan proses render untuk membuat foto berukualitas tinggi adalah kebutuhan untuk memiliki computer high end.

Hampir 40 tahun Microsoft memiliki visi dengan satu computer dirubah berbasis Microsoft. Sekarang cita cita tersebut mulai pudar dan digantikan oleh smartphone, tablet dan consol. Tapi pengila PC tidak pernah kesana, mereka akan tetap mengunakan PC karena mereka mengunakan aplikasi yang tidak ada di perangkat gadget.

Melihat pernyataan ke 3 pemimpin perusahaan custom PC cukup menarik. Berani membeli smartphone 8 juta, tapi tidak memiliki PC. Mungkin sudah diluar logika para gamer dan kalangan profesional. Apakah smartphone bisa merender dan edit video, edit musik, editing photo, main game, coding dan lainnya. Tentu saja tidak.

November 2017
Menjelang akhir tahun, pasar computer di Amerika di perkirakan meningkat. Setelah kabar pasar computer terus melemah, bulan November malah banyak orang tertarik membeli PC / Notebook dibanding smartphone.

Menjelang Thank Giving dan Black Friday dimana banyak toko menawarkan harga diskon.

Tertarik membeli
 Dewasa  Remaja
TV
33 %
21 %
Mainan 30 % 21 %
Notebook 32 % 38 %
Smartphone 28 % 32 %

4 kategori diatas berhubungan dengan teknologi, walau mainan tidak seluruhnya.  Televisi menduduki peringkat teratas.
Tetapi yang mengjutkan,  perangkat Notebook lebih diminati dan paling besar di kalangan remaja. Bila disebut computer sudah tidak menarik orang untuk membeli. Mungkin kita salah.