Baterai notebook tidak mau di chargemuncul pesan consider replacing your battery atau baterai smartphone tidak mau di charge


Hardware | 26 April 2014

Tip mengisi baterai notebook dan smartphone

Untuk baterai Notebook dengan Windows yang bermasalah mengisi baterai


Masalah Windows 7 dengan baterai notebook sudah lama. Sejak tahun 2010, dan hampir terjadi di beberapa merek notebook.
  • Baterai notebook full, mendadak Windows 7 mati. Karena indikator level baterai yang salah menunjukan kapasitas posisi baterai.
  • Akhirnya setiap kali dipakai, indikator level baterai tidak pernah menunjukan kondisi kapasitas baterai yang ada.
  • Ada lagi cerita lain. Baterai baru di charge full. Mendadak drop tersisa 2-3%. dan muncul pesan di Windows 7 Notification, dan computer melakukan shutdown sendiri.
  • Sebuah notebook hanya bertahan 5-10 menit saja, padahal kondisi sebelumnya bisa bertahan selama 5 jam.
Pesan dari Microsoft sudah diberikan di Blog MSDN. Bila mencari data dari Microsoft, akan diarahkan - Beli baterai baru lagi deh.

Bagaimana memperbaiki baterai notebook tampil pesan not Charging di Windows 7, atau baterai notebook tidak mau di charge di Windows 7. Masalah bukan di baterai tapi di OS Windows



Solusi baterai tidak mau di charge di Notebook Windows 7



  • Buka menu - Device Manager
  • Un-install Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
  • Shutdown computer
  • On kembali Notebook.
Microsoft ACPI-Compliant akan di install otomatis oleh Windows. Dan indikator pengisian baterai akan kembali tampil sedang mengisi baterai.

Dibawah ini lebih detail dari solusi diatas.
Salah pemilik mendapatkan masalah dan mengcapture gambar pesan dari Windows. Katanya dia memiliki notebook dan baterai mulai lemah. Lalu membeli baterai baru. Baru 2 bulan baterai notebook baru dipakai malah muncul pesan " consider replacing your battery " pada Notification di Windows 7. Apakah baterai mendadak rusak, atau baterai notebook ternyata bermasalah.







Masalah baterai notebook denagn pesan Consider replacing your battery bukan masalah di baterai. Tapi di OS Windows alias salah menditeksi power management. Saya tidak menyangka bisa terkena masalah yang sama seperti ini, akhirnya mencari solusi apa benar masalah di baterai, atau katanya sih harus upgrade BIOS.

Solusi munculnya Consider replacing your battery hanya dari Control Panel
Tahap 1 Change the power plan settings
  1. Click on Start icon. Masuk ke search box, ketik Power Options dan enter. Akan muncul Windows Power
  2. Pilih di option Preferred Plans, dan pilih Balanced (ikuti yang ini)
  3. Click option Change plan settings.
  4. Click option Restore default settings
  5. Click option Save changes yang di highlight. Bila tidak di Highlight akan di save otomatis.
Selesai melakukan  periksa apakah masih bermasalah. Bila kondisinya sama ikuti tahap kedua dibawah

Tahap 2 Reinstall Power Management settings
  1. Click Start.
  2. Type Device Manager di kotak Start Search box.
  3. Pilih Device Manager.
  4. Turunkan daftar  (+) di bagian System Devices.
  5. Click kanan di ACPI Fixed Features dan Uninstall. Minta pesan konfirmasi tekan saja OK
  6. Restart notebook.
Setelah di restart Windows akan menditeksi sistem hardware yang ada kembali

Masih bermasalah

Tahap 3, solusi terakhir untuk membersihkan semua hardware baterai ke perangkat hardware lain. Ini agak riskan kecuali anda siap menghadapi masalah lain di notebook

Click di Start, ketik devmgmt.msc dan enter
Click di + dibagian Sound, video / game controllers. Click kanan dari masing masing Sound, video dan game controllers dibawahnya dan disable.
Click di + Network adapter, Click kanan pada daftar hardware bagian tersebut dan disable.
Bila mengunakan perangkat ekternal seperti mouse dan keyboard, lepas semua dari notebook.
Restart kembali notebook, login kembali setelah reboot, dan shutdown kembali bila terjadi Blue Screen

Sampai tahap 2 umumnya masalah di baterai notebook sudah bisa teratasi. Resiko pengunaan tip ini ada ditangan penguna.
Tulisan diatas menambahkan berita sebelumnya yang dirilis bulan Februari. Kebetulan satu notebok minggu ini mendapatkan masalah yang sama seperti diatas.

Untuk baterai smartphone tidak mengisi

Pernah mengalami baterai smartphone dibiarkan sampai habis. Dan charger baterai tidak bisa karena membiarkan smartphone sampai kehabisan baterai.
Membuate baterai smartphone sudah di charge, atau baterai tidak mau mengisi.

Sebenarnya pesan tersebut terkait dengan usia pemakaian baterai smartphone. Voltase baterai smartphone yang sudah tidak layak pakai maka voltase dapat turun sampai dibawah batas aman akibat dibiarkan kosong.

Sistem baterai smartphone akan menjaga voltase baterai sampai volt tertentu dan dinyatakan habis. Misal 3,4V maka smartphone otomatis akan mati.



Bila kita membiarkan baterai smartphone terpakai sampai habis, misalkan smartphone dengan posisi baterai sudah tersisa 10% pada malam hari, dan pagi harinya habis total.
Ketika kita ingin mengisi baterai, ternyata baterai tidak bisa di charge. Kadang di layar smartphone muncul pesan baterai error atau layar smartphone berkedip. Membuat smartphone susah di charge dan membutukan waktu lama. Dalam kondisi tertentu baterai tidak mau di isi dalam waktu cukup lama.


Tip baterai smartphone tidak mau di isi atau bateai smartphone tidak bisa di charger


Sistem baterai smartphone akan mengaktifkan sistem pengamanan, bila voltase sudah dibawah normal misalnya 3,2V atau lebih rendah. Maka baterai dianggap tidak layak digunakan atau dianggap mulai rusak.
Walau baterai sebenarnya masih bisa dipakai, tapi sudah cukup lama dipakai misalnya sudah digunakan 2 tahun atau lebih.

Memperbaiki baterai smartphone tidak mengisi dengan langkah dibawah ini
  • Pasang USB charger adaptor, biarkan smartphone selama 3-4 menit. Dalam kurun waktu tersebut, charager akan mengisi voltase baterai perlahan akan terisi sampai batas voltase 3,4V. Dan charger bisa bekerja dengan normal.
  • Bila gagal dan tetap tidak mau mengisi, misalnya 3-4 menit ternyata baterai tidak mau mengisi di smartphone. Gunakan adaptor charger dengan kapasitas lebih besar, misal dari USB 3.0 computer, atau charger dengan output 1.000mAh, atau dengan powerbank.
  • Kadang perlu dicoba beberapa kali, dan kita perlu menunggu beberapa saat. Lalu mengulang langkah seperti diatas.
Tahap percobaan yang kami lakukan seperti dibawah ini



Tip terakhir khusus untuk mereka yang mengerti bidang elektronik dan baterai smartphone yang dapat dilepas pasang. Menyuntikan voltase ke baterai langsung.

Mengunakan charger 3,7V dari baterai lithium 18650 dan menghubungkan arus DC ke baterai langsung. Dan memeriksa dengan multitester apakah baterai memang masih menerima arus DC dari charger, dan menunggu sampai voltase naik diatas 3,4V/DC. Barulah baterai dipindah ke smartphone kembali. Catatan tip terakhir ini hanya untuk mereka yang mengerti dengan bidang elektronik.

Berita terkait
BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru 14TB masuk daftar dalam rack server cloud. Harddisk apa saja yang rusak. Laporan kuartal 1 tahun 2020, sampai September 2019 harddisk Seagate terlihat memiliki masalah

Computer mungkin tidak seheboh tablet atau smartphone. Notebook atau laptop tetap dibutuhkan sebagai computer kecil, baik di kantor dan dirumah. Ukurannya beraneka ragam, kecil besar, cepat atau hemat power. Bagaimana dengan baterai yang di uji



Berapa banyak harddisk gagal bekerja setelah lama dipakai. Pabrikan menyebut 600 ribu jam, tapi ada saja yang gagal sebelum waktunya. Apakah SSD lebih baik. Keduanya memiliki resiko yang sama, dan berbeda dengan data yang diberikan oleh produsen. SSD atau Harddisk lebih baik.

Computer untuk gaming tidak untuk bermain game, tapi bisa digunakan untuk mengolah aplikasi. Membeli computer dengan internal VGA dari GPU sama saja kekuatannya seperti computer dekstop tanpa VGA. Computer besar boros, notebook dan computer tanpa VGA lebih hemat power. Tapi manfaatnya berbeda.

Perbandingan 5 model procesor dari Intel Ivy Bridge, Haswell dan Sandy Bridge. Dan 2 model procesor FX serta seri A. Untuk procesor Intel, hanya memiliki selisih 12-5 persen saja dari masing masing generasi. Tertinggi dengan Core i 7 4770K.

Harga memory computer sudah murah, tapi apakah efektif meningkatkan performa computer. Saat ini banyak DDR memory dan computer sudah bekerja dengan kecepatan 1333Mhz. Tapi kecepatan Mhz pada memory belum tentu meningkatkan performa computer.




No popular articles found.
< /body>