Tata Surya Kepler 413B gravitasinya unik


Science | 5 February 2014

Pergerakan sumbu bumi bergeser antara 23,5 derajat tetapi stabil disudut tersebut. Sudut bumi tidak banyak berubah dan berdampak pada bagian kutub utara dan selatan saja. Seperti di Norwegia, matahari terbit dapat dimulai darj jam 5 pagi dan terbenam lewat dari jam 9 malam
Bayangkan bila planet bumi memiliki gerakan sumbu 30 derajat. Di bagian suhu sub tropis akan menikmati waktu malam dan siang lebih lama dari sekarang.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya memiliki ukuran cukup besar sehingga salah satu bintang tidak mampu mendominasi sebagai bintang utama dan tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi  bersama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar. Sudut salah satu planet yang di analisa, bergeser 30 derajat lebih. Seandainya ada kehidupan disana, musim bisa terjadi tidak menentu.

Tata surya Kepler 413B hanya berjarak 2300 tahun cahaya dan letaknya di konstelasi Cygnus. 2 bintang merah dan orange memutar setiap 66 hari. Membuat gravitasi sumbu planet dengan jarak sekitar 35 juta mil dan 2 bintang juga  memiliki kemiringan  2,5 derajat. Planet yang dianalisa memiliki orbitnya sedikit berbentuk elips. Karena gravitasi 2 bintang lebih besar membuat sudut planet lebih banyak bergeser. Sedangkan planet kecil yang mengorbit di kedua bintang akan tertarik naik turun.

Planet yang dianalisa dibawah ini ukurannya cukup besar, 65 kali dari bumi dan bentuknya planet gas. Karena planet lebih dekat ke bintang, permukaan planet tersebut dipastikan sangat panas setara jarak planet Merkuris ke Matahari. Untung saja bumi hanya memiliki satu bintang.


Berita terkait
Satu tata surya HD131399 ini memiliki 3 bintang, bahkan ditemukan sebuah planet mengorbit disana. Tata surya HD131399 terlihat ada satu planet yang mengorbit disebut planet HD131399Ab. 2018 diumumkan disana bukan 3 bintang

Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.



Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita. Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Tapi bentuk lingkaran yang terlihat memiliki letak sangat jauh bahkan planet yang muncul mencapai 2-3 kali lebih jauh dari Pluto

Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924



Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Tanggal Supermoon tahun 2014, ada 3 antara Juli, Agustus dan September. Salah satu yang terakhir tahun ini 9 September 2014 ini. Apa yang menarik dengan Supermoon

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.




No popular articles found.
< /body>