Teknologi Hydrochromic Molecular tinta printer dengan bahan air bisa


Kategori : Technology | Date : 2 February 2014
Sean Zhang seorang profesor dari universitas Jilin, bersama timnya membuat tinta printer dari air. Disebut Hydrochromic Molecular Switches untuk kertas Water-Jet rewritable paper. Mengapa mereka mencari cara untuk menganti tinta printer dengan bahan ramah lingkungan. Umumnya kertas cetakan akan dibuang setelah sekali pakai.



Sean membuat tinta dengan bahan air, dengan kertas khusus yang dapat digunakan kembali sampai 50 kali. Apakah catridge harus khusus, katanya catridge tinta printer tidak berubah, hanya diganti dengan air biasa. Hasil cetakan baru terlihat setelah tinta air tersebut mulai mengering, tetapi ketika basah tidak bisa dilihat (repot juga). Sejauh ini sudah 4 warna yang bisa dibuat dan hasil cetakan dapat terlihat selama 22 jam. Kualitas cetakan Water-Jet ini sebanding dengan cetakan ink-jet. Perubahan ada di kertas yang dipakai. Setelah di cetak , dibaca, besoknya tulisan akan hilang dengan sendirinya.
Tinta air lebih murah dibanding tinta biasa. Selain murah, pengunanya tidak merusak hutan karena kertas dibuat dari penebangan pohon.

Masalah lingkungan dari pemakaian kertas, angkanya cukup mengesankan. 40% dokumen di kantor dicetak hanya untuk sekali pakai. Ditambah biaya tinta printer yang mahal. Atau mungkin kita membutuhkan cetakan koran, sepertinya tinta ini lebih cocok. Pagi atau malam dibaca, besok bisa digunting dan dipakai untuk kertas sendiri.

Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan di belahan timur bumi secara realtime. Beberapa foto satelit cuaca merupakan data realtime. Satelit cuaca awan hujan, peta siklon badan meteorologi Jepang, foto satelit cuaca Asia Himawari 8.

Apa perbedaan headset, earphone, earbud atau headphone. Fungsinya sedikit berbeda, tapi disain utamanya untuk mendengarkan suara seperti musik atau pembicaraan telepon, dilengkapi tombol. Perbedaan lain adalah kualitas, yang disebut premium produk dimana suara dihasilkan lebih baik.

Amerika memiliki supercomputer nomor 1 paling cepat, disusul China memiliki 2 supercomputer paling cepat di dunia.  Bulan Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit. Membutuhkan pendingin air, ruang 3000 meter persegi, ribuan chip procesor dan GPU Nvidia. Nomor 3 Supercomputer Sierra dengan kebutuhan power 11MW ketika bekerja.



Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Mesin printer 3D masih mengunakan plastik. Yang ini untuk mencetak metal dengan disain 3D. Mesin DMG Mori Hyrid dapat membuat pola 3D. Misalnya kebutuhan tempat baut dari sebuah tube

Film di bioskop dengan ukuran 35mm seperti akan berakhir. Paramount perusahaan film mengatakan film The Wolf of Wall Street hanya tersedia dlam bentuk digital. Satu roll film analog mencapai $2000, sedangkan film digital kurang dari $100.


No popular articles found.