Obat minyak ikan sebagai suplemen Omega-3 terkadang hanya label


Kategori : Green | Date : 15 September 2018
Apakah benar suplemen minyak ikan terbaik untuk kesehatan jantung
Ferbruari 2014
Jutaan oarng Amerika dan Kanada mengkonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari. Dengan harapan menjaga kesehatan jantung mereka. Bisnis ini meraup 1,2 milyar dari penjualan minyak ikan di Amerika saja. Apa benar isinya demikian.



Minyak ikan memiliki kandungan Omega-3, kandungan asam lemak yang baik untuk otak dan kesehatan sistem saraf, memberi perlindungan pada jantung, dan mengurangi resiko penyakit Alzhimer dan penyakit kronis lainnya. Semua terdengar hebat. Walau suplemen tersebut sebenarnya tidak berisi apapun dari daftar kandungan yang diberikan di label.

LabDoor sebuah perusahaan penguji meneliti 30 merek terkenal obat minyak ikan di Amerika. Selain memeriksa kandungan Omega-3, mereka menguji apakah ada kandungan merkuri di dalamnya.

6 dari 30 merek. Mengandung 30% saja kandungan Omega-3 dari label yang mereka berikan.
12 merek lain, hanya 14% dari kandungan yang tertera di label
Peneliti mendapatkan kandungan EPA + DHA dari tablet minyak ikan rata rata hanya 50,7% dibanding bahan yang tertera di label produk.

Peneliti juga menguji kandungan merkuri di dalam suplemen. Sampai Dr Philips Gregory sebagai kepala Natural Medicines mengatakan, tidak jelas minyak ikan dapat memberikan manfaat lebih bila salah memberi produk di pasar. Ada baiknya tetap mengkonsumsi ikan segar 2x seminggu seperti ikan sarden dan salmon.

Februari 2017
Studi terbaru menemukan mengkonsumsi suplemen minyak tidak berdampak bagi kesehatan pembuluh darah. Hasil terbaik tetap sama, mengkonsumsi ikan 2-3 kali seminggu atau sesuai saran yang direkomendasikan. Dan berolahraga, makan sehat serta tidak merokok lebih baik. Jurnal Jama

Juli 2018
Pengujian yang melibatkan 112.000 orang, melakukan 79 percobaan secara acak. Menyimpulkan Omega 3 tidak menawarkan perlindungan penyakit jantung dan stroke.


Keyakinan luas di masyarakat, kapsul atau suplemen Omega-3 dapat melindungi anda dari serangan jantung, stroke, dan kematian dini. Ternyata salah.
Bertahun tahun orang mengkonsumsi Omega-3 secara teratur, karena mereka merasa yakin agar terhindari dari penyakit mematikan sejalan usia. Promosi dan marketing suplemen tersebut terlihat menunjukan adanya manfaat bagi jantung.

Sejumlah kecil asam lemak omega 3 sangat penting bagi tubuh. Paling banyak kandungannya ada di ikan Salmon dan minyak ikan COD yang disebut  asam eicosapentaenoic (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA).
Kacang kacangan dan biji kenari juga mengandung sejenis omega 3 yang disebut Alphalinolenic acid / ALA.

Penelitian dari Cochrane dimana badan ini cukup disegani melakukan uji coba secara internasional untuk menguji efek omega 3. Tapi tidak ada bukti suplemen itu berguna.
Penulis utama penelitian Dr Lee Hooper dari University of East Anglia mengatakan kami yakin ulasan ini bertentangan dengan kepercayaan masyarakat, bahwa suplemen omega 3 dapat melindungi jantung.

Tidak ada cukup bukti mengkonsumsi omega 3 lebih banyak akan menguntungkan.

Tim Chico, profesor kedokteran kardiovaskular di Universitas Sheffield, mengatakan tidak mungkin ada satu pun unsur diet yang bisa mencegah penyakit jantung. "Pengalaman sebelumnya telah menunjukkan bahwa meskipun beberapa jenis diet terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, ketika kami mencoba untuk mengidentifikasi unsur manfaat dari diet dan memberikannya sebagai suplemen, itu umumnya memiliki sedikit atau tidak ada manfaat," katanya. Itu terjadi dengan vitamin dan sekarang penelitian Cochrane telah menunjukkan hal yang sama dengan omega-3.

"Suplemen semacam itu datang dengan biaya yang signifikan," katanya, "jadi bagi siapa saja yang membeli mereka dengan harapan bahwa mereka mengurangi risiko penyakit jantung, saya menyarankan mereka untuk membelanjakan uang mereka pada sayuran."

Produk minyak ikan yang diuji dan disarankan bisa dilihat pada data LabDoor.

+ Labdoor.com/c/fish-oil

September 2018

Sebuah uji klinis besar menemukan obat Vascepa, sangat berfungsi mengurangi gangguan serangan jantung bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes tingkat 2.
Temuan ini sangat relefan bagi orang dengan trigliserida tinggi. Lemak di dalam darah yang terkait dengan resiko penyakit jantung.
Percobaan baru tersebut dinamakan Reduce IT. Fokus untuk orang dengan kolesterol terkontrol dengan baik, tetapi tingkat trigliserida tetap sangat tinggi.

Peneliti masih meragukan bila minyak ikan mampu memberikan banyak manfaat. Karena beberapa penelitian kecil dan dilakukan kurang teliti selama bertahun-tahun akhirnya gagal.

Tapi percobaan baru ini menunjukan orang dewasa yang diobati stalin dengan trigliserida tinggi dengan resep dosis tinggi dari EPA. Dapat menurunkan 25% resiko dari serangan jantung dan stroke.
Pengujian klinis besar ini dilakukan dengan pembagian kelompok beresiko tinggi. Dimana pasien memiliki trigliserida tinggi,mencapai 216 mg per desiliter. Jauh lebih tinggi dari angka normal 150 mg / desiliter.

Percobaan disponsori Amarin melibatkan 8170 orang dewasa. Dan mengikuti percobaan rata rata selama 5 tahun.
Tetapi tidak mengunakan minyak ikan yang ada dipasaran seperti dibeli di supermarket atau apotek.
Vascepa adalah obat yang memerlukan resep, dan mengandung EPA sangat murni.
Sedangkan minyak ikan biasa memiliki campuran EPA dan DHA serupa, tetapi memiliki efek sedikit berbeda.

Walau sudah dilakukan percobaan dan adanya perbaikan penurunan resiko penyakit jantung, stroke atau diabetes 2. Tetapi para ahli lain memperingatkan, Vascepa bukan untuk semua orang yang memiliki penyakit yang sama. Hanya pasien dengan kadar trigliserida sangat tinggi saja.

Penemuan obat Amarin Vascepa dilihat di situs Amarin


Separuh penduduk dewasa Amerika meminim multivitamin. Harapannya agar tidak terkena penyakit jantung, kanker bahkan mampu meningkatkan otak. Apa benar multivitamin itu bermanfaat. Salah satunya vitamin B3 membantu penyakit Glaukoma.

Minum sekali dua kali mungkin tidak masalah, tetapi banyak yang mengunakan minuman energi drink atau minuman berenergi terlalu banyak. Tetapi diperlakukan dengan meminum setiap hari sebagai suplemen. Itu masalah besar

Apa benar ada biji kopi hijau dan berhasiat menurun berat badan. Berita ini kabarnya hanya tipuan, tapi biji kopi hijau memang memiliki khasiat. Biji kopi hijau adalah biji kopi yang tidak melalui proses memanggang seperti kopi biasa. Tapi menurunkan berat badan akan efektif dengan diet yang benar



Ada cerita lucu tentang nyamuk di China. Banyak pembeli obat nyamuk disana membeli produk impor. Nyamuk China hanya sebagian yang bisa dibasmi, bahkan ada yang tahan terhadap semprotan anti nyamuk. Nyamuk China lebih kuat dan tahan terhadap anti nyamuk impor

Minuman energi buatan MosKa disebutkan mengunakan bahan alami. Digambarkan sebagai obat untuk kinerja pria dewasa bersama pasangan. Kandungan minuman ini ditemukan mengandung Levitra oleh badan penguji di Australia. Efeknya yang menarik.

Penyakit hepatitis menjadi penyakit mematikan dari HIV, setidaknya jumlah korban yang mencapai 3-5 kali lebih banyak. Kabarnya ada obat ampuh untuk penyakit hepatitis C, disebut Sovaldi. Masalahnya harga obat ini sangat tidak wajar untuk saat ini

Jurnalis dari ProPublica menghabiskan waktu 2 tahun untuk mengungkap sebuah cerita. Ada satu obat Tylenol yang disebut aman. Obat tersebut untuk meredam rasa nyeri. 1500 orang Amerika kabarnya meninggal karena terlalu sering minum obat tersebut.



India sudah memperketat pengiriman obat, China sudah menangkap 1900 orang terkait pembuatan obat palsu.


No popular articles found.