Planet kembaran bumi akan mencarinya semakin canggih


Science | 20 October 2014

Sampai saat ini planet yang ditemukan adalah planet gas. Seperti Jupiter, Saturnus adalah planet dengan kandungan gas lebih besar. Jupiter deh, ukurannya gede banget, dan badai disana seperti terpaan angin diluar pesawat jet komersil. Untuk mencari planet kembaran bumi ternyata sulit sekali.



Pencarian planet bumi masih berlanjut. Tapi apa kriteria sebuah planet yang cocok bagi manusia, beberapa teknik mencari planet kembaran bumi

Ukurannya sedekat mungkin dengan ukuran bumi. Lebih besar sedikit atau lebih kecil. Dan permukaannya harus berbatu.
Sejauh ini ilmuan astronomi baru menemukan 1 planet saja yang mirip dengan masa bumi. Kepler 78b yang baru diumumkan Oktober tahun lalu. Planet dengan ukuran lebih besar dari bumi atau setengahnya, bisa saja memiliki permukaan berbatu. Sayangnya ukuran tepat tapi panas. Teleskop khusus Kepler yang rusak kemarin sudah menemukan 1000 kandidat, tapi belum memberikan konfirmasi yang benar benar mirip seperti bumi.

Jarak dengan bintang (mataharinya) tidak boleh terlalu dekat atau terlalu jauh.
Tapi ada ketentuan khusus untuk jarak bintang dengan sebuah planet yang layak huni atau Exoplanet. 1 dari 5 bintang seukuran matahari akan memiliki 1 planet seukuran bumi. Tapi itu baru perkiraan dari analisa universitas California Berkeley dan universitas Hawai.
Masalahnya yang ditemukan teleskop Kepler, planet seukuran bumi ternyata rata rata memiliki bintang dengan cahaya merah yang agak redup. Kesulitannya, planet tersebut tidak bisa dilihat begitu saja. Dan harus di analisa bertahun tahun untuk menganalisa bentuk orbit planet. Baru bisa dipastikan seperti apa permukaan planet dan jarak ke bintang.

Air, paling penting
Tanpa air, manusia tidak bisa hidup. Ini yang lebih repot. Peneliti menemukan beberapa planet dengan kandungan air, tapi memastikan permukaan planet ternyata sulit. Peneliti hanya bisa memetakan perubahan dari permukaan planet dengan merekam perubahan warna antara lautan dan benua. Untuk melihat bentuk seperti itu, dibutuhkan teleskop lebih kuat dengan lebar cermin 5-10 meter.

Kebidupan dari sebuah planet akan mempengaruhi bahan kimianya.
Dengan melihat spektrum planet bisa dipastikan kandungan dari gas dari sebuah planet. Seorang astonom dari MIT mengatakan Bumi memiliki begitu banyak tanda bio (kehidupan). Sampai sekarang belum ditemukan tanda tanda seperti planet yang hidup seperti bumi. Unsur air dari planet yang sudah ditemukan memang sudah ada. Tapi jaraknya sangat jauh dari bumi.

Mencari kehidupan lebih cerdas dari kehidupan di bumi


Ini yang terakhir, jika alien mengunakan laser inframerah untuk berkomunikasi melintasi ruang hampa. Manusia bisa saja menangkap signal mereka, bahkan mengadakan hubungan dengan alien. Musim panas ini para ilmuwan akan mencari kecerdasaran diluar manusia (SETI) mengunakan detektor inframerah yang dipasang di pusat observasi Lick California. Siapa tahu ada alien yang berbaik hati memberikan kabar ini loh ada planet untuk kamu semua.

Bagaimana kedepan dengan teknologi manusia saat ini dalam pencarian planet kembaran bumi.
Pencarian planet kembaran bumi akan terus berjalanjut. Tahun 2017, akan diluncurkan teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS). Teleskop ini khusus untuk meneliti planet yang sedang transit atau melintas di depan matahari. Menjadi penganti teleskop Kepler yang macet kemarin.

Tahun 2018, akan diluncurkan teleskop James Webb dan teleskop ini paling di nanti karena kemampuannya.
Ini teleskop paling penting bagi dunia astronimi mencari planet. Memiliki sensor 8x lebih kuat dari teleskop Hubble. Dan lebih mudah untuk melihat planet yang tidak bercahaya di ruang hampa. Termasuk mempelajari kandungan atmosfer dari sebuah planet.

Belum tahu kapan akan diluncurkan, teleskop Starshades
Teleskop ini memberikan pengamatan lebih rinci. Para astronom memerlukan teknik untuk memblokir cahaya bintang agar mereka dapat melihat sebuah planet lebih jelas lagi. Beberapa tim masih mengembangkan sebuah teleskop Starshades yang akan dipasang diruang angkasa. Diharapkan teleskop ini mampu melirik ada planet yang bersembunyi dari teleksop saat ini.

Seperti itulah ilmuwan mempersiapkan pencarian planet kembar bumi. Kenapa harus ribet dilirik dahulu. Karena manusia belum mampu membuat pesawat untuk melihat dari dekat, sementara harus dipandan saja dari bumi

Di bawah ini seminar yang diberikan Dr.Natalie Batalha
Dia seorang ilmuwan yang bekerja dengan teleskop Kepler.
Pertama manusia mencari pengetahuan alam semesta, kedua mencari keberadaan mahluk ruang angkasa dengan SETI. Dahulu manusia hanya mencari data tentang bintang, sekarang planet. Dekade ini ilmuwan mencari planet kembaran bumi. Planet yang mendukung kehidupan, dan dapat memberikan udara untuk manusia bernapas.

Apa yang dicari Nasa sekarang.  Dimulai peluncuran teleskop Kepler, teleskop untuk mencari planet di tata surya lain. Dr Natalie mengatakan manusia pertama kali menemukan exoplanet pada tahun 1995. Tahun 2005 baru ditemukan planet seukuran bumi walau bentuknya belum diketahui. 5% ukuran planet yang ditemukan lebih besar dari ukuran Neptunus.
Tetapi selama 4 tahun, Kepler mendapatkan gambar dari beberapa planet lain. Hasilnya berbeda jauh dari penemuan sebelumnya. Lebih banyak ukuran planet seperti bumi pada tahun 2014. Mengunakan gambar photometri, 4200 planet transit di depan bintang dan 90% adalah tipe exoplanet.
Teleskop Kepler merubah semua penemuan sebelumnya, dari lebih banyak ukuran planet besar yang ditemukan sekarang ukuran planet kecil seperti bumi lebih banyak ditemukan. Dari Kepler dimulai pencarian satu persatu planet seukuran bumi.
Jarak planet mirip bumi paling dekat hanya berjarak 15 tahun cahaya. Itu paling dekat, tentu saja wajar, karena galaksi kita memiliki lebar 100 ribu tahun cahaya.

Bagaimana menentukan planet bumi
Astronom melihat permukaan atmofer planet yang sangat tipis. Dari cahaya matahari yang melintas di depannya, cahaya terlihat disaring oleh atmofer sebuah planet. Spektrum warna dari atmofer inilah dapat memperkirakan apa yang dikandung di planet tersebut.

Pada panah biru, di garis cincin atmofer planet yang terlihaat sangat tipis dapat dihitung warnanya oleh ilmuwan untuk mendapatkan kandungan atmofer sebuah planet.



Teknik lain adalah warna dari pantulan planet karena diterangi oleh mataharinya. Pertama kali mengunakan teknik ini, ditemukan pada bintang Kepler 186, setidaknya 5 planet ditemukan disana. Satu dari lima planet memiliki ukuran seukuran bumi (1.11x) dengan bintang lebih dingin dari matahari kita.





Bagian penting adalah air, dimana kemungkinan ada kehidupan sederhana seperti mikro organisme.


Berita terkait
4 spesies alien sudah datang, manusia bukan penjaga planet bumi yang baik. Loeb ahli astrofisika mengatakan Oumuamua dikirim dari peradaban tinggi. Bila manusia berpikir untuk menyembunyikan planet dari Alien, atau kita terlalu primitif. Teori peradaban terkait dengan peradaban dari mahluk yang menghuni.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.



Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Repot bila manusia harus mencari sebuah planet mirip bumi. Satu teleskop dibuat untuk mencari planet kembaran Bumi. Teleskop dengan perlengkapan Robo-AO membuat sistem teleskop robot yang bergerak sendiri.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.



Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E



Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.
< /body>