Digital | 30 January 2014

Belajar memilih lensa untuk foto galaksi Bima Sakti atau Milky Way


Ukuran Aperture lensa atau dengan lensa biasa tidak masalah

Beda ukuran Aperture

Beberapa lensa memiliki perbedaan lubang masuk cahaya berbeda walau Focal Length (zoom) sama.

100mm f2.0 memiliki aperture terbuka 100/2 = 50, sedangkan 24mm f2.0 menjadi 24/2 = 12.

Kalau dibilang, yah itu keunggulan lensa zoom dengan harga sedikit lebih mahal.

Lensa 100 f2.0 mampu menangkap cahaya 15x lebih banyak dibanding 24mm f2.0



Tapi dengan lensa standar tetap bisa mengabadikan foto galaksi seperti dibawah ini.

Mengunakan Canon , 30s, f3.5 ISO1600, 18mm f3.5

Satu lagi perhitungan F.stop dapat membantu perhitungan waktu untuk Shutter




Lensa untuk foto galaksi, disarankan dan harganya tidak terlalu mahal.

Rokinon/Bower/Samyang 8mm f/2.8 ($320) (APS-C)


Rokinon/Bower/Samyang 14mm f/2.8 ($400) (Full-Frame or APS-C)
Rokinon/Bower/Samyang 16mm f/2.0 ($431) (APS-C)
Rokinon/Bower/Samyang 24mm f/1.4 ($550) (Full-Frame or APS-C)
Rokinon/Bower/Samyang 35mm f/1.4 ($430) (Full-Frame or APS-C)

Atau lebih berkualitas dari
Tokina 11-16mm f/2.8 ($495) (APS-C)
Sigma 35mm f/1.4 ($900) (Full-Frame or APS-C)

Satu lagi dari Jay


Mengunakan setting 20 detik, ISO 2000, dengan lensa f2.8. Untuk jedah camera dengan 5 detik.
Jadi foto dibuka 20 detik, rest 5 detik kembali dibuka 20 detik.Setting camera mengunakan manual fokus dan Day Light
Untuk waktu pengambilan gambar dimulai dari jam 10:30 malam sampai jam 2 pagi. Tergantung lintasan Bima Sakti, bisa dilihat dengan aplikasi astronomi. Lintasan Milky Way dapat diabadikan selama 3 jam. Ada 2 target yang dapat diambil antara konstelasi Sagitarius, Scorpio dan Cygnus. Paling utama adalah konstelasi Sagitarius.
Jumlah foto akan didapat sekitar 400 foto selama periode waktu tersebut.




Beberapa situs online menyediakan sewa lensa yang harganya cukup murah, ada yang menghitung perhari sampai perminggu. Bisa dicari di Google bila membutuhkan lensa khusus.

Kesimpulan

Setiap lensa memiliki fungsi berbeda. Beruntung bagi pencinta fotographer, sekarang sudah banyak lensa murah dan berkualitas.

Modal untuk mengabadikan galaksi Milky Way cukup mengunakan lensa 40mm f2.8. Tapi hasil terbaik dengan wide angle seperti daftar lensa diatas.

Menjadi fotographer astrophotograpy mendorong kemampuan peralatan sampai batas. Tapi kita harus mengetahui langkah dalam mengabadikan sebuah gambar, dan mengetahui batasan peralatan yang dimiliki.

Menghitung lamanya membuka shutter adalah hal penting, bila salah hitung maka gambar foto dapat redup atau terlalu lama akan membentuk garis Startrail.

Jangan lupa cari daerah yang gelap. Bisa diperiksa dari Link dibawah Blue-Marble. Tempat terbaik mengabadikan galaksi adalah tempat tergelap tanpa polusi cahaya dan cuaca yang bersih. Banyak fotographer masuk ke hutan atau pinggir pantai yang sepi untuk mendapatkan foto Milky Way.

Periode penampilan Milky Way atau galaksi Bima Sakti antar bulan Juni sampai Agustus.

Gunakan aplikasi astronom Star Chart untuk melihat perkiraan dimana kebedaraan inti galaksi yang paling terang. Seperti waktu penampakan inti galaksi bisa diperkirakan mengunakan aplikasi Star Chart.

Contoh galaksi Bima Sakti diambil di daerah Jakarta Selatan. Lokasi pengambilan dapat dilihat di koordinat Youtube.

Apakah harus mengunakan lensa lebar
Tergantung. Anda bisa membuat foto galaksi Bima Sakti pada waktu yang tepat, cuaca yang tepat, langit yang tepat.

Walau mengunakan lensa standar bawaan camera pertama anda (lensa stock).
Pastikan langit bener benar cerah, kondisi sangat gelap, dan lihata langit di tandai dengan banyak cahaya bintang di semua bidang gambar anda.


Fokus pada objek, pastikan arah camera anda tidak salah membidik di mana galaksi Bima Sakti berada. Seperti mengunakan aplikasi Star Chart.

Mengunakan Nikon D5100 dengan stock lensa 18-50mm saja dengan aperture f3,5, juga bisa. Walau hasilnya tidak seprima lensa papan atas.

Untuk foto ini dibutuhkan waktu dan menunggu berbulan bulan sampai kesempatan langit sangat bersih dan cerah. Itu saja.
Gambar galaksi di atas Jakarta bisa di dapat. Hanya waktunya sampai mendapatkan langit bersih saja harus menunggu.



Informasi diatas untuk memberikan teknik dari perangkat camera dan setting yang dibutuhkan.

Nantinya masih di proses kembali dengan software di computer sampai menjadi video Time Lapse

Saat beruntung juga dapat diabadikan jam 9 malem pada Agustus 2016 lalu



Update tahun 2020, 2 hari tanggal 20 dan 24 Mei 2020




Jangan lupa cara edit foto galaksi

Kalau hasil jepretan camera atau mungkin tipe smartphone terbaru. Gambar akan terlihat sangat putih.
Perlu proses gambar lebih lanjut seperti dibawah ini.

Foto galaksi Bima Sakti dibawah ini diabadikan di Jakarta saja. Mengunakan lensa standar.



Bila memiliki lensa zoom, dapat mengabadikan nebula.






www.obengplus.com/artikel/articles/152/DeepSkyStacker-software-stack-gambar
Artikel Lain

Roi Levi terbang sampai ke Islandia. Dia fotografer khusus untuk astronomi, atau disebut astrofotografi. Mencoba peralatan baru dengan filter H-alpha, mengabadikan 2 objek nebula Orion dan Aurora dalam satu foto dengan camera dirancang khusus Canon EOS Ra..

Camera Fuji X-H2S kemampuan tinggi untuk fokus dan video. Merekam sampai 6.2K, video FHD 240 fps, sistem auto-focus lebih baik dari camera lain. Mengandalkan sensor X-Trans. Mengambil foto Continues sampai 40 foto perdetik



Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.

Low pass filter di sensor dibuat oleh pabrikan camera agar sensor dapat menangkap gambar lebih baik dan menghindari efek moire. Tetapi apakah masih dibutuhkan. Camera modern tidak membutuhkan low pass filter, karena dapat menurunkan kualitas gambar

STC Astro-Multispectra Clip menarik bagi kalangan astronomi. Kondisi polusi cahaya kota membuat foto tampak kuning, atau cahaya berlebihan yang tidak perlu masuk ke sensor. STC Astro-Multispectra hanya menangkap gelombang cahaya yang dihasilkan oleh bintang bahkan sampai nebula dengan menurunkan intensitas cahaya buatan

Membuat video dari camera, kesulitan adalah posisi camera ketika mengambil sudut tertentu. Satu tip membuat stabilizer camera dengan alat sederhana agar camera lebih stabil ketika mengambil video dengan objek bergerak

Bagaimana membuat foto Milky Way dengan cahaya lampu mobil di jalan. Dua gambar mengunakan setting berbeda. Milky Way atau galaksi Bima Sakti diambil dengan ekposure lebih lama sampai 30 detik dan minim cahaya. Bila diambil bersamaan dengan cahaya lampu mobil terlalu terang



Dari Profoto , Jared Platt memberikan penjelasan apa perbedaan pengambilan gambar dengan lampu flash atau cahaya alami. Foto pertama mengunakan reflektor untuk menambah cahaya alami, dan foto kedua dengan lampu flash

Ingin menikmati hidup di kota besar, akan hilang satu kesempatan yaitu melihat bintang setiap malam. Mereka yang hidup dikota akan sulit melihat bintang, sebagian besar sinar bintang terganggung oleh cahaya kota dan polusi. Berapa banyak bintang yang bisa dilihat dengan mata, sekitar 9000 bintang.

Cal Thomson menerangkan proses pengambilam foto Timelapse dari setting waktu dan durasi. Sampai proses editing foto bintang di Lightroom dan selesai di edit lalu di ekspor ke LRTimelapse untuk menjadi satu video klip.

Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintangyang gelap tanpa alat ini.

Lebih baik Canon vs Nikon. Kedua merek memiliki perbedaan, khususnya di kelas high end. Nikon memiliki Dynamic Range, tapi Canon memiliki banyak varian dari lensa. Satu lensa favorit Canon tidak tersedia di merek lain.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.



Tjoez membuat satu foto menarik dengan galaksi Bimasakti. Kali ini dibuat lebar ala panorama. Dengan camera software Lightroom 5 dan digabung dengan Photoshop.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.