Ilusi optik dari Twin Quasar sebenarnya hanya satu


Science | 28 January 2014

Tahun 1979 dari dunia astronomi menemukan sebuah cahaya yang dianggap terpisah tapi terlihat identik. Akhirnya disadari bahwa benda yang sama dan berdekatan hanya ilusi optik

Sebuah Quasar kembar dengan nama QSO 0957+561 Twin Quasar letaknya amat sangat jauh. Berada 14 miliar tahun cahaya dari bumi. Quasar adalah pusat dari sebuah galaksi, mengapa titik tersebut muncul seperti 2 benda berbeda.

Ini yang menarik dari dunia astronomi. Ketika melihat benda yang sangat jauh, terkadang terhalang oleh benda lain yang ada ditengah jarak pandang. Disebut efek Doppleganger kosmik. Ketika teleskop mengarah ke QSO 0957561, ternyata ada satu benda besar lain yaitu galaksi sangat besar YGKOW G1. Galaksi ini dapat membelokan cahaya pengamatn teleskop. Sehingga membuat ilusi optik pada 2 titik cahaya ditengah gambar.

Efek dari Gravitational Lens dari pengamatan teleskop juga terjadi dari efek galaksi dengan Black Hole. Bentuk galaksi akan terlihat membulat dibagian tengah, karena cahaya dibelakang galaksi akan tampak melengkung dan membuat bulatan. Untuk efek Twin Quasar cukup menarik, karena cahaya yang tampak utuh terlihat seperti kembar.



Berita terkait
www.spacetelescope.org/images/potw1403a
Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.



Benda berbentuk lensa gravitas tersebut adalah sebuah galaksi berbentuk elip Ini hanya penemuan lubang hitam dan terlihat seperti cermin gravitasi. Dengan teleskop biasa tampak seperti lubang portal di ruang hampa

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak




No popular articles found.