Juni 2016

China terus memerangi polusi udara di kota, khususnya kota Beijing dengan tingkat polusi tertinggi di China.


Nigeria Afrika.
Benua Afrika mengibaratkan petualangan, keindahan alam dan binatang liar. Tapi di Nigeria bercerita lain.
Kabut asap, sampah dan air tercemar harus dihadapi penduduk negara ini, Nigeria memiliki 4 kota dengan tingkat polusi tertinggi berdasarkan data WHO.

Kota Onitsha tercapat memiliki tingkat polusi 30x dari standar WHO PM10. Kota lain yang masuk dengan tingkat polusi diatas PM10 juga ada di Nigeria, Kota Aba di posisi ke 6 dan kota Umuahia posisi 16. Keduanya adalah pusat perdagangan di Nigeria Selatan. Terakhir kota Kaduna yang juga berada di Nigeria.

Mengapa Nigeria begitu tercemar, ceritanya menjadi komplek. Masyarakat masih mengunakan kayu untuk memasak. Penduduk juga membakar sampah, ditambah polusi asap kendaraan bermotor, dan mobil tua masih digunakan kata DR Maria Neira dari WHO via CNN
Karena pasokan listrirk tidak dapat di andalkan. Masyarakat mengunakan generator, dan mesin generator tersebut menambah asap di kota.

Di Afrika mengalami pertumbuhan yang pesat. Tapi disana tidak mengunakan industri dengan teknologi yang baik.

Kota nomor satu paling tinggi polusi Onitsha

Tapi bukan Beijing mengalami polusi terbesar. Kota paling berpolusi juga terjadi di Delhi India. Lebih tinggi tingkat polusi dibanding Beijing China.

Kualitas udara di Delhi lebih parah dari Beijing dan menjadi kota paling berpolusi di dunia.

Menurut peneliti, paru paru penduduk disana paling lemah, tingkat asma tinggi dan kematian terbanyak akibat gangguan pernapasan.



Tingkat rata rata polusi di Beijing mencapai 227, tapi di Delhi mencapai 473. Bandingkan dengant tingkat polusi tertinggi yang pernah dicapai Beijing 500 pada 15 Januari 2014. Sedangkan di Delhi rata rata sudah mendekati angka 500. Delhi mengalami peningkatan 44% dibanding tingkat polusi tahun lalu.

Separuh penduduk yang datang ke dokter mengeluhkan masalah pernapasan. Polusi yang buruh membuat beberapa warga yang mampu meninggalkan kota dan mencari tempat lebih sehat.



Kota dengan udara paling beracun bukan di pusat ibukota India Delhi. Tapi ada di kota suci Varanasi yang terletak di utara India.Tahun 2015 data badan pengendalian pencemaran, kota Varanasi dan Allahabad memiliki catatan buruk. Tidak satu haripun kota tersebut memiliki udara yang baik berdasarkan 220 hari pengukuran.
Kota Varanasi terus berada di indek 150, untuk indek 100 saja sudah dapat menganggu pernapasan anak anak dan orang dewasa. Partikel di kota Varanasi lebih halus dari 2,5mm, artinya dapat masuk ke paru paru dan ke otak.
WHO memasukan Allahabad dan Delhi dengan kota polusi beracun, tapi tidak memasukan Varanasi karena tidak diukur. Kota tersebut hanya memiliki 1 alat pemantau partikel polusi.
Sumber polusi berasal dari debu lalulintas, emisi kendaraan bermotor, konstruksi, asap generator diesel rumah dan asap dari pembakaran warga miskin.

November 2017
Dokter di New Delhi menyatakan darurat asap kota. Di beberapa kota, penduduk seperti merasakan menghirup 50 batang rokok karena udara disana sudah berasap.
Angin kencang, suhu lebih dingin menjadi penyebab asap terkumpul di dalam kota.
Angka AQI mencapai 999.

Karena kondisi sudah darurat, warga diminta menghindari keluar rumah dan acara lari marathon diminta dibatalkan.
Sejak Selasa 7 November 2017, kabut asap menyelimuti jalan, stasiun kereta, dan bandara
Arvind Kejriwal kepala menteri mengatakan kota itu seperti kamar gas.
Dan paling berbahaya pada partikel polutan halus dimana ukuran lebih kecil dari PM2,5, sehingga terlalu kecil untuk di saring oleh tubuh secara alami dan dapat menyebabkan pendarahan otak.

7 November 2017, tingkat PM2,5 telah tercapai dan mencapai 710 mikrogram per meter persegi, setara 11 kali lebih tinggi dari batas aman WHO.
Banyak pasien datang ke dokter mengalami batuk, dan ruang ICU penuh dengan pasien pneumonia.
Warga disana mengatakan, matanya terasa terbakar ketika berjalan.

Seorang warga asing yang bekerja dan tinggal disana mengatakan kabut terasa romantis seperti di era Eropa pada musim dingin. Ketika kabut muncul, tapi kabut disini asalah asap.
Penyebab asap di Delhi disebabkan debu jalanan, pembakaran di ruang terbuka, asap knalpot, emisi industri dan faktor lain.
Ditambah terjadi di musim dingin tiba, ketika angi n kencang membuat polutan atau asap lebih dekat ke tanah.


Kota nomor satu paling tinggi polusi Onitsha