Robot Curiosity seperti apa sekarang


Kategori : Science | Date : 6 August 2018
Lihat bumi dan bulan dari planet Mars
Setelah jalan jalan di planet Mars.

Robot Curiosity banyak mengabadikan permukaan serta pemandangan di planet Mars.

Datangnya sih bersih, cuma kondisinya sekarang berbeda.

Setelah 3 bulan disana, bentuknya sudah tidak karuan. Karena dihantam debu di planet Mars. Panel surya terlihat sudah tertutup debu, tapi robot ini memiliki sumber tenaga utama lainnya. Foto di ambil dari camera Panoramic di awal bulan ini.

Foto diposting oleh JPL Nasa

Tahun 2014

Robot yang tinggal di Planet Mars

Tahun 2015 rover Nasa Curiosity menunjukan foto selfie kembali. Tertanggal misi Mars 1126 hari, foto diambil pada 6 Oktober 2015. Mengunakan lensa Mahli yang berada di ujung lengan robot.

Foto yang diambil seperti foto selfie, dan terlihat sedikit miring ke kiri. Tapi foto aslinya adalah pemandangan datar seperti foto biasa. Karena rover mengunakan camera khusus





Januari 2016
4 tahun setelah mendarat di tahun 2012. Robot Curiosity mengambil foto selfie. Dari 57 foto dari camera Mars Hand Lens Imager / MHALI dan digabungkan, foto diambil dengan latar belakang sebuah gurun pasir di planet Mars. Foto dari Nasa


Foto planet Mars terbaru Januari 2016

Agustus 2016.
Tepat 5 Agustus 2016. Robot Curiosity sudah jalan jalan di planet Mars selama 5 tahun. Video dibawah ini menceritakan peralatan, sistem kendali robot yang diperintahkan dari Bumi, kondisi roda salah satu yang rusak. Robot tersebut dengan bahan tenaga nuklir tersebut sudah mengelilingi Mars, dari permukaan batuan sampai padang pasir di Mars.

Mars Probe milik Soviet dengan Marnik 1 sampai di Mars tahun 1960, tapi gagal mencapai orbit Mars. Marsknik 2 setelah 4 hari juga gagal.
Sputnik 22 gagal keluar menuju Mars, Mars 1 Soviet gagal berkomunikasi di tahun 1962, Sputnik 24 juga gagal.
Mariner 3 milik Amerika sampai di Mars tahun 1962, tapi panel surya gagal terbuka. Mariner 4 tahun 1967 sempat membuat 22 foto., Zond 2 Soviet tahun 1964 hilang.
Mariner 6 tahun 1968, terbang diatas Mars memeriksa komposisi planet Mars dan mengambil 200 gambar.
Mariner 7 juga melakukan hal yang sama memeriksa memeriksa planet Mars dari atas 1 bulan kemudian.
Mars 2 Soviet tahun 1971 gagal mendarat, Mars 3 selang 10 hari menjadi rover pertama yang berhasil mendarat di Mars.
Mariner 9 tiba di Mars 1971.  Tiba ketika badai terjadi di Mars.
Mars 4 Soviet tahun 1973, mengalami masalah pada mesin
Mars 5 Soviet 1974 hanya sampai di orbit planet Mars.
Mars 6 Soviet 1974 juga tiba, tapi gagal turun.
Mars 7 Soviet  menyusul mencoba masuk ke orbit Mars dengan membawa sebuah rover dan hilang
Viking 1 dan Viking 2 tahun 1975 sempat bekerja sampai tahun 1980, tranmisi berakhir di tahun 1982.
Phobos 1 USSR seberat 5 ton tiba di Mars 1989. Mencoba mengirim rover ke bulan Mars tetapi gagal.
Mars Observer Amerika, hilang di tahun 1996, dan sempat membuat peta planet Mars.
Mars Patfinder Amerika datang dengan ukuran lebih kecil 960kg tahun 1997. Berhasi sukses mendarat tapi hanya diam disatu tempat.
Nozomi Jepang dikirim tahun 1998, dan tiba di Mars 2003. Masalah pada probe dan dibatalkan karena tidak bisa berkomunikasi dengan probe dan satelit pendukung.


Robot yang berhasil mendarat di Mars

Dan beberapa probe serta satelit dikirm ke Mars. Sampai saat ini hanya 2 yang masih menjelajah di planet Mars

Tidak ada mahluk hidup disana, dan tidak ada manusia. Hanya 2 robot yang masih bekerja, salah satunya Curiosity dan Opportunity .

Sebuah robot milik Nasa Insight rencananya berangkat tahun 2016. Tapi tertunda sampai tahun 2018.



Foto Bumi dan Bulan dari Planet Mars
Foto ini diambil dari sebuah satelit yang mengorbit di planet Mars. Satelit Mars Reconnaissance Orbiter memiliki peralatan camera HiRISE. Pada 20 November 2016 lalu, camera di satelit tersebut diarahkan untuk mengarah ke Bumi. Hasilnya foto Bumi dan Bulan bila di lihat dengan camera jarak jauh seperti dibawah ini.

Foto planet Bumi dan Bulan dari planet Mars dilihat dari satelit 
Mars Reconnaissance Orbiter

Dimana bagian kanan bawah adalah benua Australia, dan di tengah Bumi dengan cahaya adalah Indonesia bila di lihat dari Planet Mars. Foto tersebut diambil dengan jarak 205.000.000km, jarak Bumi dan Bulan bukan skala garis lurus, karena sedikit miring dan Bulan lebih dekat ke Planet Mars.

24-25 Maret 2017
Video dibawah ini pemandangan panorama di planet Mars, diambil dengan camera Mastcam. Area gurun Bagnold membentang beberala kilometer, dan satu lagi tempat disebut pantai Ogunquit di sisis barat laut gunung Sharp sebagai tempat terendah. Foto panorama dalam bentuk video ini diabadikan dari 115 gambar yang digabung menjadi satu. Foto diperoleh pada tanggal 24-25 Maret 2017, di hari 1647 robot Curiosity tiba di Bars.



Juni 2017
Foto dibawah ini posisi robot Curiosity yang ada di planet Mars. Diabadikan pada 5 Juni 2017, dan yang mengambil gambar adalah satelit yang ada di atas planet Mars Reconnaissance Orbiter dengan camera HIRISE.

Terlihat robot sedang berjalan di pegunungan berbatu. Rover seukuran mobil tersebut sedang mendaki ke gunung di planet Mars. Terlihat cahaya biru adalah robot atau rover Curiosity, kontras dengan warna tanah merah di planet Mars.

Rohot Curiosity di Mars Juni 2017 mendaki gunung Sharp

Foto asli dari Nasa dapt dilihat di PIA21710 JPL

Februari 2018

Robot Curiosity mengabadikan lokasi di kawah Gale planet Mars. Kawah terbentuk pada 3,8 miliar lalu akibat tabrakan "meteor". Bagian atas disebut  Vera Rubin Ridge (seperti sungai kering), dan terlihat pemandangan di sepanjang rute.
Pemandangan panorama sejak robot diturunkan tahun 2012
Tanah di Mars pada gambar dibawah ini harus disesuaikan, agar terlihat seperti batuan di Bumi.

Robot Curiosity telah berjalan selam 1952 hari (2 Februari 2017). Dan menempuh perjalanan sejauh 18km

Robot Curiosity tahun 2018 1982 hari



Juni 2018.
Robot Curiosity terkena badai debu di planet Mars, foto diabadikan tanggal 10 Juni 2018. ketika berada di dekat kawah Gale. Membuat komunikasi robot ke Bumi terganggu. Dan baterai robot menurun pada level rendah karena cahaya matahari terhalang debu di permukaan planet Mars. Apod Nasa

Robot Curiosity terkena badai debu di planet Mars Juni 2018

6 tahun berlalu
Berangkat 26 November 2011, dan mendarat 6 Agustus 2012.
6 tahun berlalu, robot mulai memasuki usia ke 7.
Mengumpulkan bukti di Mars yang sekarang kering pernah ada air mengalir.
Pengeboran batuan di kawah Gale, rover mengirim informasi adanya kandungan air, materi CO, O, SO dan hidrogen sulfida.
Tahun 2014 robot mendaki ke lereng gunung Sharp. Menemukan molekul organik tingkat tinggi. Membuktikan lebih banyak kehidupan masa lalu planet.


Nasa berencana menjalankan robot Curiosity sampai tahun 2020. Tapi melihat kemampuan robot tersebut, misi sangat mungkin di perpanjang tanpa batas. Selama robot mampu melakukan ekporasi imiah sampai selesai.

Dimana robot Curiosity dapat dilihat peta dari Nasa

Situs 360cities.net adalah sebuah situs yang mengumpulkan pemandangan dengan sudut 360 derajat. Robot Nasa Curiosity rover mengambil 136 gambar dari camera Mahli. Memiliki resolusi 30 ribu pixel. Fotonya dibuat memutar 360 derajat. Foto terbaru dibuat September 2018

Rover tangkap debu setan di planet Mars. Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa memberikan kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai dan tidak merespon ke Bumi.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. Berita terbaru, robot tersebut membuat foto 360 derajat. Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Gambar perjalanan di planet Mars direkam dari camera Hazcam.



Roket Proton M milik Rusia dikembangkan untuk membawa satelit ke ruang angkasa. Pengunaan roket ini dihentikan seluruhnya, walau termasuk roket kelas berat. Mampu membawa beban ke ruang angkasa, tapi beberapa kali terbang dan gagal.

Film The Martian bercerita dengan petualangan astronot yang berhasil mendarat di planet Mars. Tapi kondisi Mars yang ekstrim membuat para astronot harus kembali keluar dari planet. Seorang astronot tertinggal, karena hilang diterjang badai. Ternyata masih hidup, bagaimana cara penyelamatan astronot.

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.


No popular articles found.