Misi Nasa mengirim misi Spirit Rover ke Mars menemukan planet Mars pernah memiliki kandungan air. Mengapa planet ini mati sedangkan Bumi bisa hidup. Alasannya sudah terjadi jutaan tahun lalu, Mars memang memiliki air seperti Bumi tapi hilang.

Dahulunya Mars memiliki atmosfer dan kandungan air yang mengalir. Mengapa air di Mars hilang dan air menguap dan menghilang. Karena gelombang dari Matahari yang memancarkan Proton atau gelombang radiasi elektromagenic Matahari yang menabrak atmosfer disana. Membawa materi positif dan mengganggu atmosfir di planet Mars. Ditambah dengan gelombang angin dari Matahari membuat molekul terlempar keluar. Berjalan dengan waktu dan terjadi milliaran tahun, semua atmosfer di Mars terlempar tidak tersisa. Perlahan membuat planet ini menjadi kering.

Kejadian yang sama di Venus karena posisinya planet ini paling dekat dengan Matahari. Disana terus di bombardir oleh gelombang matahari. Tersisa gas karbon dioksida. Suhu di Venus mencapai 400 deg.C, sangat panas karena efek rumah kaca dari panas yang terjebak dan tidak bisa keluar akibat atmosfer gas CO2.

Bumi nasibnya berbeda. Memiliki perlindungan dari cahaya matahari. Ketika uar air menguap ke atas, lalu menjadi es dan awan. Proses tersebut membentuk cuaca atau iklim atau mesin cuaca.



Penjelasan lebih lengkap dari video dibawah ini.



Tentang planet Mars
  • Warna merah. Planet ini dikenal dengan mineral yang kaya zat besi. Bahan terebut mengoksida atau menjadi karat dan membuat tanah disana berwarna merah.
  • Geologi. Atmofer disana tipis sehingga air sulit bertahan, dan cuaca yang dingin. Sehingga luas planet Mars setara dengan permukaan daratan di bumi walau secara ukuran hanya separuh dari bumi.
  • Di Planet ini terdapat gunung tertinggi di tata surya. Mencapai 27 km atau 3x dari ketinggian gunung Everest. Satu lembah memiliki kedalaman 10km yang disebut lembah Mariner 9. Panjangnya 4x dari pulau jawa atau 4000km.
  • Gunung Olympus Mons. menjadi gunung berapi terbesar di tata surya. Memiliki diameter kawah 600km.
  • Melihat geologi lembah di Mars, ada kemungkinan sisa air terjebak di lereng permukaan mars.
  • Kebanyakan area permukaan di Mars adalah dataran yang sangat luas.
  • Suhu di Mars jauh lebih dingin dari bumi. Mencapai -60 deg Celcius, daerah terdingin mencapai -125 degC dan di khatulisitwa sekitar 20deg.C pada tengah hari..
  • Gas CO2 di Mars mencapai 100x lebih padat dari Bumi. Cukup tebal, mampu membuat cuaca, awan dan angin. Di daerah kutup gas CO membeku. Sehingga disebut satu satunya daerah dengan awan salju dari gas CO.
  • Badai di Mars salah satu badai terbesar di tata surya. Bila terjadi badai dapat berlangsung berbulan bulan.Alasannya, planet ini dipenuhi partikel debu di udara dan partikel menyerap sinar matahari. Membuat pemanasan di atmosfer planet dan sekitarnya. Kantog udara yang hangat mengalir dari daerah dingin dan menghasilkan angin sehingga mampu mengangkat debu ke atmofer.
  • Komposisi udara. 95% gas CO2,  2,7% nitrogen, sisanya Argon. Gas CO hanya 0,13% dan 0.08 adala gas CO (monodioksida)
  • Planet ini tidak memiliki medan magnet secara global di bagian permukaan.
  • Perkiraan. Inti planet Mars adalah inti yang solid berbentuk dari besi, nikel dan belerang. Sedangkan lapisannya tidak berbeda denga bumi