Di Korea Selatan ada aturan pre-install aplikasi bisa di hapus


Kategori : Shortstory | Date : 25 January 2014
Penguna smartphone di Korea selatan akan mendapatkan hak untuk menghapus aplikasi blootware yang tidak perlu. Bulan April 2014, perusahaan telekom harus mengijinkan user untuk membuang aplikasi yang tidak perlu.

Sehingga penguna smartphone memiliki space storage dan RAM untuk aplikasi, dibanding mengisi aplikasi sampah seperti blootware yang sudah terpasang. Blootware adalah aplikasi yang di install dari pabrikan smartphone maupun perusahaan telekom. Fungsinya untuk menambah aplikasi atau fitur monitoring pada hardware dan koneksi. Tetapi aplikasi yang diberikan terkadang tidak diperlukan, masalahnya penguna smartphone tidak pernah mengclick aplikasi tersebut dan hanya memenuhi space storage serta mengunakan memory RAM.

Selain membuat penuh storage dan RAM, aplikasi tersebut mengunakan power baterai. Dan aplikasi sudah berjalan di smartphone berjalan secara Background hanya menghabiskan power baterai lebih boros. Termasuk aplikasi yang sudah di install dari pabrik, dan di install dari provider. Aplikasi tersebut memang diprogram secara premanen dan terus berjalan di smartphone. Kementrian Sain - ICT mengatakan aplikasi tersebut nantinya harus bisa dihapus bila user menginginkan. Kecuali beberapa aplikasi yang berhubungan dengan koneksi seperti aplikasi WIFI, NFC dan App Store tidak termasuk dalam aturan baru tersebut.

Bila anda berharap mendapatkan storage besar dari smartphone high end. Seperti kapasitas internal memory 16GB. Anda tidak akan mendapatkan semuanya, karena sebagian storage akan di isi oleh pabrikan. Apa yang dimasukan di dalam storage.

Dari Verizon kabarnya melakukan opsi bagi smartphone LG G3 yang dijual dari provider tersebut. Aplikasi Bloatware di smartphone dapat dibuang. Sehingga software di smartphone yang tidak diperlukan bisa dihapus oleh pemiliknya

Aplikasi Bloatware dari Samsung terlalu sedikit dipakai, mengapa tidak mau di uninstall. Dari peneliti menyebutkan Samsung selalu memberikan aplikasi buatan mereka di smartphone Samsung. Apakah aplikasi tersebut dipakai, ada tapi sangat sedikit.


No popular articles found.