Fotographer AP dikeluarkan karena gunakan photoshop


Stuff | 23 January 2014

Narciso Contreras baru baru ini mengatakan foto yang dibuat memang di photoshop. Foto seorang pejuang Suriah tersebut diambil ketika terjadi tembak menembak dengan pasukan pemerintah di desa Telata. Dan foto tersebut memenangkan hadiah Pulitzer.

Narciso adalah seorang fotographer Freelance, dia mengbadikan foto dibawah ini pada tahun 2011. Ada satu bagian gambar di sisi kiri yang di edit, karena ada barang yang lupa di pindahkan. Tujuannya agar gambarnya lebih baik, akhirnya pihak media AP menerima kabar dari Narciso yang mengakui bahwa dia membongkar fotonya dengan software dan menghilangkan bagian dengan menempel dengan gambar lain.

Pihak AP bertindak tegas, sebagai media tidak menerima foto yang di edit untuk berita. Dan menghapus bagian di dalam foto tidak dibenarkan, pihak AP memutuskan hubungan kerja dengan Narciso.

Bila dilihat dari hasil edit foto, bagian yang dihapus adalah camera Narciso yang tertinggal dan ikut masuk di porsi gambar. Tapi ini sebagai pengalaman, khususnya sebagai jurnalis bebas. Sebaiknya foto tidak perlu di gonta ganti untuk tampil lebih baik. Kecuali untuk perubahan kecerahan cahaya bayangan masih bisa diterima. Biarkan saja foto seperti aslinya, akan lebih aman dibanding kehilangan pekerjaan.



Berita terkait
Banyak pencinta seni atau mereka yang suka membuat foto pribadi, lalu memberikan fotonya ke internet. Hati hati foto pribadi, atau foto komersil, nasibnya sama. Bila foto sudah dipajang di media sosial maka semua menjadi milik publik atau dapat dilihat oleh umum. Dan bisa saja digunakan untuk hal lain.

Mark Joseph Solis mahasiswa pascasarjana dari sebuah universitas di Filipina menjadi ejekan dunia internasional. Karena dia mencuri sebuah foto dan memasukan ke sebuah kompteisi, bahkan mendapatkan hadiah ribuan dollar dari potret curian.



Video dari Vimeo ini menceritakan proses Daguerrotype, atau pembuatan foto ke plat metal. Prosesnya cukup panjang, dari pembuatan plat, sampai menghaluskan permukan metal untuk lembar cetakan.

Satu lagi hasil foto dari seorang fotographer kena diskualifikasi karena mengunakan photoshop. Gambar wasit di latar belakang dihapus oleh software. Pihak editor Post mempertimbangkan menarik foto tersebut.

Keriput bisa dihapus, kulit tampil halus. Apa benar wajah mereka memang cantik dan tampan.




No popular articles found.
< /body>