Bintang meledak di galaksi M82


Kategori : Science | Date : 23 January 2014
Galaksi M82 atau Messier 82 cukup jauh dari bumi, jaraknya 11,5 juta tahun cahaya. Galaksi M82 memiliki lebar 40 ribu tahun cahaya. Dibanding galaksi terdekat Andromeda atau diberi nomor M31, hanya berjarak 2,5 juta tahun cahaya dengan lebar 2.5 dari galaksi Bima Sakti.

Satu objek di galaksi M82 / NGC 3448 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova dari bintang yang memasuki tahap kematian.
Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin tampak seperti gambar dibawah ini.



Cahaya tersebut mungkin berasal dari satu bintang mati atau White Dwarf. Dan memasuki fase kematian terakhir dengan sebuah ledakan. Yang menemukan bintang ini adalah SJ Fossey, berita disebarkan via Central Bureau for Astronomical Telegrams.

Gambar diatas diambil dari pusat observasi Remanzacco dengan teleskop 2 meter. Untuk saat ini, peneliti astronomi mengatakan cahaya dari bintang yang meledak akan tampak dengan tingkat cahaya 11-12 magnitude. Bila anda memiliki teleskop berukuran 4 inch, kemungkinan besar dapat melihat cahaya dari bintang ini.

Menurut observasi ANU Canberra Australia, peristiwa ini menjadi kejadian langka. Untuk sementara hanya bisa terlihat dengan teleskop. Mungkin dalam beberapa minggu kedepan akan semakin terang dan dapat dilihat melalui binoculars.

Yang beruntung mendapatkan gambar dibawah ini dari Leonid Elenin. Cahaya bintang meledak di M82 semakin terang dari 13.9 Mag, naik ke 13.3 Mag pada 17 Januari, dan 12.2 Mag pada tanggal 19 Januari. Mungkin cuaca dari tempat pengambilan gambar sedang baik.



Foto ukuran besar dari Galaksi M82 observasi teleskop Tao Jepang





Lokasi galaksi M82 berdampingan dengan galaksi M81yang jaraknya hampir sama dekat dengan M81





+ www.universetoday.com
+ www.newscientist.com
+ Aplikasi untuk Astronomi
+ Foto dari Flickr

Gambar animasi



Aplikasi bintang untuk mencari posisi M82 dari Sky




Astronom menemukan bintang paling tua yang pernah diteliti di alam semesta ini. Jaraknya tidak jauh, 6000 tahun cahaya dari bumi Kalangan astronom masih belum mengerti, mengapa bintang paling tua ada di galaksi sendiri. Bahkan usianya sangat tua, bahkan diperkirakan sudah lahir sebelum waktu dari Big Bang

Satu foto galaksi Andromeda dibuat lengkap oleh teleskop Subaru yang dipasang di Hawai. Teleskop yang berlokasi di gunung Mauna Kea. Sekarang galaksi Bima Sakti lebih besar dari dari galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda pernah menelan galaksi lain, karena sisanya adalah  galaksi M32. Melihat galaksi Andromeda September 2018

Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.



Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.

Tanggal Supermoon tahun 2014, ada 3 antara Juli, Agustus dan September. Salah satu yang terakhir tahun ini 9 September 2014 ini. Apa yang menarik dengan Supermoon



Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Seperti apa bila bintang seperti matahari meledak menjadi supernova. Proses bintang meledak masih menjadi misteri. Profesor W David dari Arizona membuat bentuk animasi ledakan bintang, bagaimana proses sebuah bintang yang membengkak sebelum mati.

Proyek virtual teleskop di Ceccano Italia sedang menayangkan video dengan teleskop  untuk melihat sebuah supernova atau ledakan sebuah bintang di galaksi M82. Karena lokasinya galaksi tersebut berada di sisi kutub utara, di Indonesia tidak bisa melihat langsung.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Westerlund 1 disebut juga Ara Cluster adalah tempat dengan jumlah besar bintang di satu tepat di galaksi Milky Way. jaraknya sekitar 3,5-5.000 pc atau sekitar 15000 tahun cahaya. Kelompok bintang dapat muncul ditepian galaksi seperti Messier 55.

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.


No popular articles found.