Terlalu lama duduk beresiko penyakit bagaimana mencegahnya cukup berjalan 2 menit


Kategori : Green | Date : 13 August 2018

Ini data dari tabel data penduduk di Amerika.
Sekarang sekitar 80% jumlah pekerja di Amerika bekerja tanpa kegiatan fisik.
Dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti serangan jantung bisa melanda kapan saja.

Di tahun 1960an, hampir separuh pekerjaan membutuhkan aktivitas fisik, sekarang hanya 20% saja yang bekerja dengan kegiatan fisik.

Setiap hari warga Amerika duduk sampai 2.5 jam lebih lama dibanding mereka yang kurus.
Memicu kegemukan karena kurang bergerak. Tahun 2000 saja , penduduk Amerika meningkat dengan duduk lebih lama sampai 8% dibanding tahun 1980 an, memicu 2x lipat jumlah obesitas.

2/3 karyawan disana sudah biasa bekerja dengan computer. Dampaknya 75% penguna computer menghadapi masalah pada mata.

Bila seorang karyawan kurang bergerak apa yang harus dihadapi. Serangan jantung dapat meningkat 2X lipat bagi dibanding mereka yang bekerja dengan melakukan banyak gerakan.

Dampak ketika bekerja sambil duduk. Kegiatan aliran listrik pada kaki akan terhenti , hal ini menurunkan tingkat pengeluaran enzim untuk menurunkan lemak anjlok 90%.
Pembakaran kalori melambat sampai 1 kalori permenit. Mereka yang duduk 2 kali lebih lama akan menghadapi resiko 2 kali lebih tinggi terhadap penyakit jantung dibanding yang sering berdiri.

Sebuah studi dengan 200 ribu orang
  • Mereka yang bekerja atau hanya duduk 11 jam sehari, dibanding orang yang duduk 4 jam atau kurang. Mereka yang terlalu banyak duduk menghadapi kematian lebih dini sampai 40%
  • Kita orang duduk, produksi Enzim dapat turun sampai 90%
  • Tingkat efektif insulin dan kolesterol baik ikut turun
  • Tapi tekanan darah bisa meningkat
  • Tekanan di tulang leher dan pungung juga terpengaruh.
  • Kita sering duduk akan berdampak dengan obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Mereka yang kerja di belakang meja akan mengalami gangguan jantung 2x lebih tinggi dibanding orang yang bekerja atau beraktivitas diluar ruangan
  • Kanker payudara dan usus besar kabarnya terhubung dengan terlalu lama orang duduk.



Dampak lain adalah stress, 1 juta karyawan mengalami sakit setiap hari karena stress.
Yang berbahaya atas dampak stress, biasanya mulai bertingkah kasar seperti sering memaki. Beberapa lainnya mulai bermain tangan untuk melakukan kekerasaan.

Bagaimana menghadapi hal diatas, ternyata mudah:
  • Lagi lagi berolahraga, tidak perl berat. Seperti melakukan stretching beberapa kali setiap hari, dan lari keliling beberapa blok dari tempat tinggal.
  • Tetap aktif setelah pulang kerja, dan hindari menonton televisi berlebihan.
  • Biasakan duduk dengan sudut 135 derajat ketika bekerja.
  • Jangan lupa, keyboard adalah sumber penyakit. Biasakan membersihkan tangan secara rutin.

Apa saja yang berbahaya ketika bekerja di ruang seperti kantor.

Duduk -  dalam waktu panjang, bisa bertahun tahun. Akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Duduk terlalu lama bahkan dapat membuat seseorang meninggal lebih dini.
Dari gangguan skeletal, obesitas, kanker, penyakit jantung dan lainnya. 85% karyawan di Amerika duduk sepanjang hari di kantor. Alan Hedge profesior disain ergonomi dari Cornell menyarankan, rubah pusisi duduk setiap 8 menit dan 2 menit untuk bergerak, dan istirahat setelah bekerja lebih dari 2 jam.

Posisi duduk kurang baik dapat merubah tulang tubuh.Disarankan mengunakan kursi duduk yang meluruskan posisi postur tubuh.

Makan pagi -  adalah hal penting. Bila tidak sarapan, membuat stres pada tubuh dan menganggu metabolisme.
Orang yang tidak sarapan akan beresiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan serta penyakit jantung. Kapan sarapan yang baik, 2 jam setelah bangun pagi.

Perlu di hindari adalah makan siang cepat saji, karena meningkatkan resiko penyakit jantung. Makanan cepat saji memiliki 2x lipat kalori.

Kemacetan - ketika berkendara selama 15 km, menyebabkan banyak pekerja menghabiskan waktu di jalan. Mereka menjadi kurang tidur, kolesterol tinggi dan meningkatnya depresi. Mengunakan kendaraan umum lebih baik

Rapat -  tujuannya pertemuan antara para karyawan untuk saling memotivasi. Penelitian berbeda dengan dampak rapat, memaksakan seseorang untuk merasa positif dengan apa yang mereka tidak yakinkan. Dampaknya membuat depresi bagi sebagian karyawan.

Bekerja lebih dari 10 jam - Peneliti dari Eropa mengatakan orang yang bekerja lebih dari 10 jam atau lebih, memiliki 60% memiliki resiko kardiovaskular.

Bekerja dengan pemimpin yang buruk -  meningkatkan ke khawatiran para karyawan, dampaknya ke tubuh adalah jantung dan kesehatan.

Layar monitor menganggu mata - bukan dari radiasi monitor, karena monitor modern tidak memiliki dampak itu. Tapi mata yang menatap terus menerus ke layar dapat menganggu penglihatan karyawan. Walau sifatnya sementara.

Kurang cahaya matahari -  seseorang akan mengalami susah tidur dan konsentrasi ketika bekerja. Studi Journal of Clinical Sleep Medicine mengatakan, karyawan yang tidak terkena matahari di tempat kerja, akan tidur 48 menit lebih lambat pada malam hari

Studi lain dengan pekerjaan

Bekerja terlalu keras adalah sebuah resep untuk kelelahan. Pertanyaan seperti ini. Apakah anda tidak pernah mengambil cuti, karena anda menganggap tidak ada orang yang dapat mengerjakaan pekerjaan anda.
Apakah anda melepas rencana pribadi anda untuk bekerja sampai larut malam dan libur akhir pekan. Anda ingin mengabdi sepenuhnya bagi perusahaan dan pekerjaan. Atau anda merasa bersalah bila pulang tepat waktu.



Bila jawaban diatas adalah Yah. Anda sudah menjadir martir pekerja. Dampaknya stress dan kelelahan akan didepan anda.

Seorang pekerja muda usia 25 tahun Patel tinggal di Caroline Utara Amerika. Dia mulai bekerja 2 tahun lalu di industri startup di bidang kesehatan. Ketika itu baru 12 orang karyawan. Dia bekerja selama 12 jam, atau setara 2x waktu bekerja normal. Awalnya positif dan terlihat adiktif.



Patel akhirnya menemukan dirinya tidak efisien dalam bekerja dan kurang produktif.  Patel tidak sendiri, karena studi baru dari The Workforce Institute at Kronos. 29% pekerja masih bekerja dengan menambah 1 atau dua hari setiap minggu. Dan 81% juga masih bekerja melebihi jam kantor.

Studi lain dari Time Off campaign menemukan kemungkinan pekerja berlebih akan menjadi martir dibanding rekan mereka yang lebih senior. Bekerja lama dikantor bukan tujuan perusahaan, bahkan pemimpin perusahaan menetapkan tujuan yang jelas. Untuk mencegah kelelahan bagi pekerja.

Studi  Marianna Virtanen of the Finnish Institute of Occupational Health, masalah stres sangat dekat dengan kerja lembur. Termasuk depresi, ganguan tidur, dan menjadi pemabuk.

Studi lain dari di Amerika, bila seorang karyawan bekerja lebih dari 55 jam perminggu. Beresiko 33% terkena stroke, 13% beresiko terkena penyakit jantung koroner dibanding karyawan yang bekerja 40 jam seminggu.

Pahlawan atau martir

Bila pekerja martir terus mengunakan jam kerja berlebihan. Lalu siapa yang menjadi pekerja martir ini, rata rata di usia 18 -35 tahun. Sebuah studi menyebutkan, tidak ada hubungannya antara bekerja melewati batas jam kerja atau berlebihan dengan kemajuan karir. Mereka yang bekerja lebih lama di kantor bukan berarti mereka lebih produktif dibanding rekan kerja lain.
Dampak bekerja melewati batas jam kerja
  • Stres di rumah dan kantor
  • Pendapatan berkurang
  • Tidak mampu mendukung pekerjaan
  • Tekanan terhadap dirinya sendiri
    Kebanggaan yang salah

Dampak bekerja berlebihan di kantor melewati batas jam kerja

Banyak perusahaan tidak membiarkan karyawannya bekerja melebihi batas jam kerja. Agar karyawan tetap sehat dan produktif.

Tapi ada cara lain untuk lebih sehat menjadi pekerja pahlawan. Seorang pahlawan pekerja  dapat melakukan pekerjaan besar dan menyimpan harinya ketika ada pekerjaan yang salah. Orang seperti ini bukan maju karena lama waktu bekerja, bahkan dirinya tidak tahu sudah menjadi pahlawan dalam pekerjaannya.


Oktober 2017
Jurnalis politik Miwa Sado meninggal di tahun 2013. Setelah lembur dan bekerja 150 jam dalam seminggu dalam satu bulan, atau bekerja lembur lebih dari 5,9 jam sehari

Dalam bahasa Jepang ada istilah Karoshi, yang artinya selesai karena bekerja berlebihan. Miwa meninggal pada 24 Juli 2013, dia ditemukan tergeletak di tempat tidur sambil memegang ponsel. Sebulan sebelumnya dia mengirim email ke ayahnya, dia sangat sibuk dan stress, bahkan akan keluar dari pekerjaannya suatu hari nanti. Walau berita jurnalis tersebut sudah lama, akhirnya diungkap oleh perusahaan media.

Berdasarkan aturan Jepang, karyawan memiliki 40 jam kerja seminggu, dan tidak lebih dari 8 jam sehari dipotong 1 jam istirahat. Tetapi sampai tahun 2017 saja, sekitar 1 dari 5 perusahaan memiliki karyawan yang bekerja lebih dari 80 jam seminggu.


Agustus 2018
Duduk terlalu lama tanpa waktu jedah, akan memperlambat aliran darah ke otak.

Sebaiknya berjalan selama 2 menit setelah duduk setengah jam dapa memperbaiki kondisi tersbut.

Kelihatannya duduk santai atau duduk di kantor tidak menganggu. Tapi penelitian terbaru mengatakan duduk terlalu lama dapat memperlambat aliran darah penting ke otak. Konsekuensinya adalah berdampak bagi kesehatan jangka panjang.

Penurunan aliran darah dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan resiko penyakit neurodegeneratif lebih besar seperti Alzheimer.

1. Peneliti menguji mereka yang duduk terus menerus selama 4 jam dikurangi waktu ke kamar kecil.
2. Dan mereka yang menyempatkan berdiri dan berjalan selama 2 menit di setiap  jedah 30 menit duduk.
3. Disusul sesi ketiga duduk 2 jam dan berjalan selama 8 menit.

Hasilnya aliran darah menurun ketika orang melakukan duduk terlalu lama. baik selama 4 jam di test pertama dan test ke 3 selama 2 jam.

Sophie Carter mahasiswa doktoral yang memimpin penelitian tersebut mengatakan temuannya. Kita perlu beristiraha teratur. 2 menit berjalan setelah duduk 30 menit dapat mencegah penurunan aliran darah ke otak kita. Hasil penelitian ini ditulis dalam Journal of Applied Physiology.




Tumbuhan dan binatang terlihat terganggu dengan frekuensi radio seperti ponsel dan WIFI. Tetapi belum membuktikan apakah manusia juga terganggu dengan frekuensi gelombang tinggi seperti paparan dari smartphone, signal BTS atau WIFI. Efek bagi manusia sangat kecil, ada tip untuk menjaga kesehatan.

Bagaimana kebiasaan membuka pintu kendaraan dapat menyelamatkan orang lain. Dapat mengikuti gaya membuka pintu masyarakat Belanda. Dimana mereka terbiasa membuka pintu kendaraan dengan tangan lebih jauh ke pintu mobil, dan menyempatkan dirinya melihat ke arah belakang.

Bortz seorang penulis dari universitas Standord mengeluarkan rahasia umur panjang bagi manusia. 4 tips umur panjang diberikan oleh Bortz. Satu lagi dari suku Hunzas memiliki usia 100 tahun, karena mereka diet selama 2-4 bulan pertahun



Tulang belakang perlahan akan membungkuk, karena kebiasaan orang duduk di depan computer dengan posisi tidak benar. Perlahan tulang belakang akan membengkok, dan postur tubuh berubah seperti tertekan turun. Ada cara sederhana dengan 3 menit untuk memperbaiki posisi tulang belakang

Gangguan untuk berbelanjat meliputi 8,9 % penduduk Amerika, angkanya sekitar 25 juta orang dan 90% adalah wanita. Menurut Benson, kebiasaan belanja yang tidak terarah adalah kebiasaan yang tidak sehat. Bahkan menghabiskan uang yang tidak perlu dengan belanja yang tidak jelas.

Menurut data dari Microsoft ada 85% pekerja kurang nyaman dengan meja kerjanya. Dampaknya 39% leher sakit, 33% kelelahan pada bahu, 28% sakit di pergelangan tangan, gangguan punggung 25% dan 19% pada telapak tangan.

Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.



Rosemary dari CareerBuilder mengatakan alasan mengapa orang bisa menjadi gemuk ditempat kerja. Biasanya berasal dari kombinasi kebiasaan makan yang buruk dan tidak mampu berolahraga karena terlalu sibuk.

Menurut data penduduk di Amerika, mereka yang merokok memiliki umur 10 tahun lebih pendek dari yang tidak merokok. Bila ingin berhenti merokok, berusahalah sebelum umur 40 tahun. Peneliti mengatakan harapan hidup akan sama seperti seperti hilangnya umur yang tidak merokok.

Terlalu banyak minum kopi misalnya lebih dari 3 gelas sehari, memiliki korelasi dengan mengembangnya glaukoma. Hal tersebut menyebabkan gangguan mata sampai kebutaan. Berita tersebut ditulis oleh media Health

Berat tubuh ideal tidak lagi dihitung oleh angka tertentu. Sekarang mengunakan perhitungan BMI atau perbandingan dari tinggi badan dan berat tubuh seseorang. Menghasilkan angka indek dengan 4 kategori berbeda.

Menurut para ahli di Amerika, hidup penduduk Amerika sekarang lebih lama dibanding data 20 tahun lalu. Harapan hidup masyarakat Amerika, khususnya pria naik 4.6 tahun dalam rentang 1989 - 2009.

Obat tidur digunakan oleh jutaan warga Inggis, sayangnya obat tidur tidak aman digunakan setiap hari. Karena meningkatkan 5x resiko meninggal.



Air minum tidak terasa sudah menjadi barang mewah bagi sebagian masyarakat. Bagaimana minuman kemasan dibuat. Dimulai dari sumber air, dimurnikan, dimasukan kedalam botol plastik, disegel, diberi merek dan informasi kandungan bahan mineral dengan label, dibawah ke truk atau dikirim dengan kapal dan sampailah di restoran atau kafe di Amerika

Terlalu banyak makan membuat otak lebih cepat tua, mengurangi makan akan memunculkan molekul yang membantu otak tetap muda. Tim peneliti Itali dari universitas Katolik Sacred Heart di Roma menemukan molekul CREB1. Molekul tersebut mengaktifkan fungsi otak serta umur panjang bagi mahluk hidup


No popular articles found.