Planet Ceres mungkin ada air disana


Kategori : Science | Date : 21 February 2014
Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.

Seperti pembentukan bumi, air dikumpulkan dari tabrakan oleh asteroid ketika pembentukan bumi terjadi. Planet Ceres mungkin memiliki kandungan air lebih banyak dari bumi. Sedangkan Vesta sebagai asteroid kedua terbesar di sabuk dalam. Ukurannya masih setengah dari planet Ceres.

Tim ilmuwan ESA memiliki pesawat antariksa sedang menuju kesana. Jadi bisa di analisa lebih lanjut apakah planet Ceres memang memiliki kandungan air. Bahkan tim ESA memperkirakan disana lebih banyak jumlah air yang dimiliki bumi.

Satelit Dawn spacecraft diluncurkan tahun 2007. Satelit ini untuk mencari informasi tentang protoplanet Vesta dan planet Ceres. Diperkirakan satelit Dawn akan sampai di Ceres pada bulan Februari 2015. Planet kerdil Ceres hanya memiliki radius 930km. Ditemukan pertama kali pada tahun 1901 oleh Piazzi. Dia melihat ada sebuah benda cukup besar diantara orbit Jupiter dan Mars.

lokasi asteroid Ceres

Tahun 2015
Foto terbaru dengan bulan Ceres berhasil diabadikan pada jarak 40 ribu km. Pesawat ruang angkasa Dawn akhirnya mendekat ke bulan Ceres. Akan memetakan permukaan planet kerdil selama mengorbit disana. Dawn akan tiba pada hari Jumat 6 Maret 2015 dan akan berada di ketinggian 13500km, lalu turun sampai 4400km diatas permukaan Ceres. Setelah mencapai 1470km mulai dilakukan pemetaan dengan instrumen HAMO selama 6 minggu. Lalu kembali turun sampai 375 km untuk mengambil detail lebih jelas dengan peralatan LAMO.

Pesawat Dawn diluncurkan 27 September 2007 dengan roket Delta II. Sampai di Mars 4 Februari 2009 untuk melakukan manuver 16 Juli 2011 sampai di Vesta sebuah protoplanet.

lokasi asteroid Ceres

Dibawah ini perjalanan pesawat ruang angkasa Dawn, bulan Maret 2015 sedang berada di asteroid Ceres. Bulan April mulai mengorbit di atas Ceres untuk proses pengambilan gambar pemetaan.


Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air.

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Nasa sedang sibuk menyiapkan semua peralatan untuk menangkap komet C /2013 A1. Komet ini akan melintas di dekat planet Mars pada 19 Oktober 2014. Nasa mengatakan kita hidup di jaman keemasan atau waktu terbaik bagi manusia untuk hidup. Sekarang saatnya untuk mencari pengetahun dari para pengembara misterius ini dan mempelajari mereka



Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar

Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang.



Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.


No popular articles found.