Mengapa mendapatkan SIM di China susah


Stuff | 20 January 2014

Sim Internasional atau IDP tidak berlaku disana. Termasuk ijin mengemudi dari Hongkong, Macau dan Taiwan. Untuk mendapatkan ijin sementara sangat mudah, tapi ijin mengemudi seperti SIM berbeda. Frank memutuskan mengajukan permohonan SIM di China. Dia aslinya dari Amerika dan sudah memiliki SIM disana, di China dia membutuhkan surat ijin mengemudi. Test mengunakan computer, dia pikir mudah.

Tahun lalu di China menambah 18 juta SIM, kebanyakan harus menunggu selama 1 bulan untuk ujian pertama. Untuk mendapatkan SIM, ada cara berlatih melalui layanan Online. Ada 100 pertanyaan tapi harus mendapatkan angka 90 untuk lulus. Bila peserta salah 11 kali menjawab pertanyaan yang muncul di computer. Akan langsung dianggap gugur.. Frank hanya mendapatkan score 65, besoknya dia mulai mencoba lagi tapi angkanya hanya 77. Dia baru lulus setelah ujian ke 4 dengan score 94.

Mengapa test mendapatkan ijin mengemudi di China sangat sulit bagi warga asing. Anda harus menghafal semua aturan. Bila menabrak orang di jalan, hukumannya dari 3-7 tahun. Bagi penduduk asing tentu belum tentu tahu aturan seperti itu. Di beberapa daerah, selama ujian SIM boleh membawa penerjemah, tetapi di beberapa tempat dilarang.

Di kota besar seperti Shanghai tersedia ujian dalam bahasa lain seperti Inggris, Rusia, Jepang, Korea, Italia, Jerman, Perancis, Spanyol dan Arab. Satu lagi karyawan riset pasar di Shanghai, Kelsch mengambil ujian SIM dalam bahasa Inggris. Menurut dia sudah mengisi semuanya dengan benar, tapi tetap gagal test pertama. Disusul kedua, ketiga dan keempat dan menyerah untuk mengambil SIM China.

Apakah warga asing saja yang mengalami kesulitan. Sama saja, warga China yang lolos test hanya 7%, bahkan warga di kota Zhenzhen malah hanya 4% saja yang lulus test computer. Cerita menarik lainnya, ujiannya memang mudah dengan memilih multiple choice atau Yes dan No. Tapi pertanyaannya yang bikin pusing kepala bagi warga asing.

Contoh saja
  • Ketika anda mengemudi anda harus sopan dan defensif, bukan offensif - benar atau salah
  • Ijin mengemudi berlaku 10 tahun bila kesalahan hukuman tidak mencapai 12 poin selama SIM masih digunakan selama 6 tahun. benar atau salah.
  • Pejalan kaki adalah bagian dari lalu lintas, mereka adalah. A.Bergerak perlahan, B Mereka suka berkumpul  dan melihat lihat, C. Mereka berjalan, terkadang berubah arah. D. Semua.
  • Bila anda melihat tanda batas kecepatan 120km (jalan 3 jalur), kendaraan anda ada ditengah. Berapa kecepatan yang disarankan. A.100, B.110, C. 60 D. 90.

Pertanyaan diatas adalah aturan di China, mungkin baru bagi warga asing. Aturannya - di jalan tol kecelatan maksimum 60km/jam, maksimum 120km/jam. Jika ada 2 jalur di arah yang sama di jalan tol, batas kecepatan jalur kanan 60-100km/jam, batas kiri 100-120km/jam. Jika 3 jalur yang sama, batas paling kanan 60-90km/jam, tengah 90-110km/jam, paling kiri 110-120km/jam.

Calon pengemudi juga harus mengetahui tanda lalulintas seperti gambar dibawah ini. Aturannya pasti berbeda dibanding negara lain

Contoh gambar kiri atas dan kanan, peserta ujian SIM diminta memilih arti dari gambar tangan polisi. Dan 2 gambar dibawah adalah plang yang harus dijawab dalam pertanyaan computer.





Aturan mengemudi di China sangat ketat, dan dendanya lebih merepotkan. Misalnya melebihi batas 10km dari batas kecepatan dijalan akan di denda 200 yuan, bila 50km lebih cepat menjadi 1000 yuan. Bila denda mencapai 2000 yuan atau pengemudi melewati batas 50% dari kecepatan maksimu, maka SIM anda akan dicabut. Contoh maksimum jalan tol 120km, lalu mengemudi sampai 190km perjam. Artinya bersiap kehilangan SIM.

Membunyikan klakson di China adalah hal yang wajar. Sedangkan di negara lain dianggap tidak sopan dan bisa memancing kemarahan pengemudi lain.
Walau susah mendapatkan ijin mengemudi, kecelakaan di China 4x lebih banyak dari Amerika. Tentu saja, mengingat berjubelnya pengemudi motor, mobil dan truk disana. Dan disiplin pengemudi hanya diatas meja ujian computer saja. Aturan sangat jelas bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda memiliki satu jalur paling tepi. Tapi pengemudi disana tidak menganggap mereka sebagai penguna jalan yang sama. Semuanya sama, trotoar bisa dilewati motor yang melawan arah. Pengemudi akan berhenti di lampu merah, karena mereka takut nomor mobil mereka di foto dan mendapatkan denda. Itulah pengalaman French yang ingin mendapatkan SIM di China.


Berita terkait
Mengapa smartphone mahal, di kelas premium tidak asing dengan harga mahal. Pengembangan produk yang hanya satu atau dua model di kelas high-end, mendongkrak harga smartphone melambung menembus seribu dollar. Apakah pembeli membutuhkan semua teknologi tersebut. Yang pasti, berbeda dengan disain smartphone biasa.

Tahun 2014 seorang pemilik kendaraan mobil listrik jengkel dan bertekad membangun stasiun sendiri. Sekarang China menyiapkan ratusan ribu pengisian baterai kendaraan listrik. Total akan mencapai 800 ribu alat pengisian baterai mobil listrik



Kota Tiongkok dengan polusi, pemerintah lokal sudah memerangi dengan berbagai upaya. Kali ini teknik baru. April 2016 aturan baru, mobil listrik di subsidi berdasarkan kemampuan jarak tempuh

Akal akalan warga Beijing untuk mendapatkan plat nomor kendaraan. Ada yang menjadi supir taksi. Karena pada jam sibuk hanya nomor mobil dalam kota saja yang boleh melintas. Semua transportasi sudah tersedia mengapa masih macet. Tahun 2020, akan tersedia 400 ribu stasiun untuk pengisian mobil listrik

Mobil  Lamborghini Sesto KW ini bukan asli, tapi dirancang oleh pencinta kendaraan asal Kyrgyzstan. Mereka membangun mobil tersebut dari rangka mobil Volvo tua. Versi aslinya hanya di produksi terbatas

New York pada jam sibuk adalah kota yang macet dan padat. Bila mengendarai mobil, setidaknya satu lintasan jalan akan melewati 55 lampiu lalulintas. Bisa dibayangkan setiap perempatan kendaraan harus berhenti. Tapi jam 3 pagi berbeda.

Ide pintar dari seorang gadis pramuka, dia bersama ibunya menjual kue tepat di depan sebuah apotik Cannabis di San Francisco. Apotik tersebut memang menjual drug secara resmi.



Ini cerita dari India, ketika orang sakit jantung biasanya terlambat di tolong. Terlebih kota Mumbai yang macet, sama saja  bencana bagi penderita jantung. Dokter di rumah sakit KEM beralih dengan sistem lain dengan teknologi internet.

Di negara berkembang, angka korban kecelakaan menduduki nomor 5 setelah korban wabah penyakit. Indonesia tidak luput dengan jumlah korban kecelakaan, walau angkanya relatif lebih rendah dibanding negara berkembang lain.

Video yang sudah ditonton sebanyak 1,7 juta kali memiliki judul How To Fool Traffic Jam - The Russian Style. Di awal film hanya terlihat kemacetan jalan. Nah si pembuatnya hanya memberikan tanda tunggu sampai di 25 detik.

Ekonomi negara Brasil sedang membaik dan terus tumbuh. Memiliki kendaraan adalah tujuan ketika masyarakat kekurangan alat transportsi umum. Tetapi meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara Brasil ikut mendorong jalanan menjadi lautan mobil. Kata seorang pengendara Ms Ribeiro, dijalan seperti perang dan orang semakin egois sekali ketika dibelakang kemudi.




No popular articles found.
< /body>