Science | 24 February 2012

Fosil tumbuhan hutan berumur 298 juta tahun ditemukan di China juga utuh


Ini adalah foto pertama dari beberapa harta karun penemuan hutan tua di China. Mungkin sangat tua, karena berumur 298 juta tahun lalu. Ditemukan di bawah tambang batubara di Wuda Mongolia Cina.

Sebuah letusan gunung berapi mengubur semua hutan dibawah dengan abu. Semua tumbuhan menjadi fosil utuh yang bisa dilihat saat ini. Ilmuawan menyebut sebagai tumbuhan Pompei, bahkan ahli tumbuhan dari Universitas Pennsylvania Hermann mengatakan ini merupakan kapsul waktu luar biasa. Karena semua tumbuhan yang terkubur tersebut sangat besar jumlahnya.

Foto dibawah ini.



Artikel Lain

Para arkeologi menemukan lukisan tertua dari jaman purba di sebuah gua di Sulawesi, tahun 2018 ditemukan lagi di Kalimantan. Uniknya seperti gambar banteng. Di Sulawesi terdapat gambar tangan dan 2 gambar hewan di gua Maros Sulawesi berusia 39.900 tahun lalu. Pulau Kisar lukisan berusia 3500 tahun. Rekor lukisan manusia purba tertua yang ditemukan ada di Afrika.

Fosil mahluk tertua di bumi, disebut amoeba Dickinsonia. Memiliki ukuran 1,4 meter sebagai amuba purba atau fosil tertua yang pernah ditemukan. Seorang anak berusia 9 tahun membuat kagum teman sebayanya bahkan para ilmuwan. Jude Sparks menemukan fosil yang terkubur ditanah ternyata fosil berusia jutaan tahun.



Gambar mahluk purbakala umumnya hanya kerangka, dan ilmuwan memberikan gambar seperti apa bentuk aslinya. Tapi fosil di Myanmar ini adalah fosil burung yang utuh, bahkan masih lengkap dengan kaki dan bulu dari burung di jaman 100 juta tahun lalu.

Sekitar 66 juta tahun lalu, sebuah meteor diperkirakan menghantam bumi. Tabrakan meteor berukuran lebar 10km menghasilkan kekuatan ledakan 100 megaton atau setara 2500 bom atom. Bencana global terjadi, tapi dimana meteor tersebut jatuh. Apakah hanya satu meteor

Disebut pohon General Sherman jenis pohon sequoia raksasa. Berada di taman nasional California tapi ukuran batang pohon terbesar yang pernah diketahui. Pohon ini bukan pohon tertinggi, hanya ukuran batangnya sangat besar sampai naik setinggi 83 meter. Diameter pohonnya saja 7.7 meter.

Diberi nama Hercules, seekor macan jenis Liger. Persilangan antara Singa dan harimau betina, dan tinggal di penangkaran saja agar tidak campur sari dengan binatang lain di alam liar. Tapi yang ini benar benar besar.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan



Paling tua mencapai 140 tahun. Manusia paling beruntung dibanding mahluk lain di bumi. Menjadi mahluk hidup paling panjang umurnya. Usia anjing peliharaan hanya antara 15-20 tahun, dan tertua adalah kura kura sebagai mahluk dengan usia terlama



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.