Kehidupan bumi akan berakhir dan nasib tata surya serta kosmos


Kategori : Science | Date : 13 January 2014
Kapan kehidupan akan berakhir masih lama kata ilmuwan astronomi
Dari BBC masa depan bumi dan manusia dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Untuk belajar seperti apa kehidupan di masa mendatang.

Sebagian ceritanya seperti ini

Seribu tahun lagi
Gedung tua, jembatan dan dam yang sudah dibangun saat ini akan hancur termakan usia.
Bintang baru dari Gamma Cephei mengantikan bintang Polaris, Iota Cephei menang.
Komet Hole-Bopp akan kembali melewati bumi pada tahun 2372. Semoga Bumi masih tetap aman dan utuh sampai tahun tersebut.

Sepuluh ribu tahun dari sekarang.
Reaktor nuklir Chernobyl akhirnya benar benar aman dan tidak menyebarkan radiasi. Manusia bisa jalan dan tinggal kembali disana.
Gas CO akan mencapai peningkatan 14% bila tidak ditemukan solusi dari sekarang.
Tahun 18860, kalender Muslim dan Gereja akan bertemu.
Tahun 25000 pesan radio yang dipancarkan pada 16 Nov 1974 baru mencapai atau diterima di cluster Messier 13, karena itu galaksi terdekat dengan bumi. Kok lama sekali, karena jarak Messier 13 mencapai 22,2 ribu tahun cahaya dari bumi.
Tahun 50000, es di Greenland akan mencair karena panas bumi suhu bumi sudah naik +2C bila kondisi bumi diperlakukan seperti sekarang.

100.000 tahun dari sekarang
Material yang mengunakan bahan titanium, akhirnya berkarat juga.
Pesawat tanpa awak Voyager 2 dan Sirius baru mencapai jarak 4,7 tahun cahaya. Artinya benda yang dibuat oleh manusia baru sampai di posisi bintang paling terang yang kita lihat setiap malam. Atau baru mencapai bintang terdekat dari bumi.
Tahun 500.000 kemungkinan satu asteroid sangat berbahaya akan menghantam bumi, ukurannya 1km.


Semua bahan plutonium dan sampah yang disimpan akhirnya tidak menimbulkan radiasi lagi.
Kemungkinan terjadi jaman es, karena manusia tidak memiliki bahan bakar minyak untuk dibakar lagi

1 juta tahun dari sekarang
Satu bintang raksasa Super Giant Betelgeuse akhirnya akan meledak dan terlihat di siang hari. Itupun bila manusia masih tinggal di Bumi.
Monumen yang dibangun manusia akhirnya rusak secara keseluruhan dan tinggal kenangan dalam bentuk foto.
Bahan kaca yang menjadi sampah akan mengalami degradasi ke alam kembali.
Bintang Star Gllese 710 akan melintas dekat dengan jarak 1.1 tahun cahaya dari matahari. Mungkin akan menganggu orbit planet di tata surya.

4 juta tahun kedepan.
Pioneer 11 akhirnya mencapai jarak 125 tahun cahaya, tetapi jarak tersebut belum mencapai ujung galaksi Bima Sakti. Karena galaksi kita memiliki bentangan 100.000 tahun cahaya.
Tahun 5.0000.000, benua Afrika akan bertabrakan dengan lempeng Eurosia. Membentuk gunung setinggi Himalaya kedua. Australia dan Indonesia akan bergabung menjadi satu daratan.
Es di antartika akan meleleh, menaikan air laut setinggi 75 meter.
Era kerajaan galaksi. Manusia mungkin akan kabur dan pergi dengan kecepatan sub cahaya. Itupun bila semua manusia di bumi damai serta tidak berperang lagi, dan berhasil menemukan teknologi baru.
Tahun 60.000.000, orbit bumi tidak bisa diduga mungkin agak kacau.

Tahun 150.000.000 (150 juta tahun kedepan)
Laut Atlantik akan menciut karena Amerika dan Afrika semakin rapat. Lempeng Bumi lain akan berubah dibanding saat ini, bentuknya belum dapat diperkirakan
Tahun 240.000.000, pertama kali sistem tata surya selesai memutar satu kali putaran di galaksi Milky Way.
Tahun 600.000.000, mungkin tidak ada efek dengan pasang air laut dengan bulan. Karena Bulan tidak di posisi seperti sekarang dan bulan terus semakin menjauh dari bumi. Bulan akan bergeser setiap 3,8 cm setiap tahun dan akan semakin menjauh dari bumi setidaknya 23 ribu km dari bumi dari posisi sekarang
Kemungkinan tumbuhan tidak bisa hidup, sekitar 99% spesies akan mati
Tahun 800.000.000, berakhirnya kehidupan mahluk multisel.

Tahun 1.000.000.000 atau 1 milyar tahun lagi
Matahari akan semakin terang, mencapai 10% dari cahaya saat ini. Permukaan suhu bumi seluruhnya naik sampai 47C. Akan berdampak seperti rumah kaca, dan lautan mulai mengering.
Tahun 2.300.000.000, berakhirnya medan magnit bumi. Inti bumi akan membeku, inti bumi tidak berotasi lagi , magnit bumi semakin melemah dan bumi tidak bisa memproteksi cahaya matahari.
Tahun 2.800.000.000, akhir dari bumi, karena bumi sangat panas mencapai 147C.

Tahun 4.000.000.000
Galaksi Bima Sakti akan bertemu dengan Andromeda. Akan terjadi tabrakan besar besaran. Membentuk galaksi Milkomeda.
Apakah Bumi akan hancur. Tidak juga bila tata surya kita bisa saja lolos dari tabrakan atau bisa saja tidak. Karena jarak antar bintang atau tata surya memiliki jarak antara 4-5 tahun cahaya. Jadi masih ada kesempatan ketika tabrakan terjadi, tata surya kita tidak terkena dampaknya. Tetapi akan ada yang terganggu. Karena posisi bintang di kedua galaksi porak poranda dan planet mengikuti orbit bintang. Bila satu bintang yang dekat dengan bumi, dan menganggu gravitasi. Disini yang bermasalah

Tahun 5.400.000.000, bila tata surya selamat dari tabrakan 2 galaksi. Matahari akan kehabisan hidrogen dan mulai berubah menjadi bintang merah raksasa / Red Giant.
Tahun 7.900.000.000, matahari akan membengkak secara maksimum. 256x dari ukuran sekarang. 3 planet paling dekat mungkin hancur.
Tahun 8.000.000.000, matahari akan menciut menjadi bintang putih atau White Dwarf. Tersisa menjadi bintang dengan karbon dan oksigen dan masanya susut hanya 54%. Bumi sudah lebih dahulu tamat terbakar.
Tahun 14.400.000.000, matahari akan blep mati menjadi bintang hitam atau Black Dwarf. Matahari tidak akan terlihat lagi karena tidak memiliki cahaya.
Tahun 20.000.000.000, semua benda di ruang angkasa akan menjauh, pergi sendiri sendiri dan terus menjauh tanpa batas.

Tahun 100.000.000.000
Gugus galaksi terdekat akan bergabung, semua galaksi yang berdekatan menyatu, dan membentuk galaksi super raksasa dan prosesnya memerlukan waktu 1 triliun tahun.

Berita terkait
Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi



Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

3 peneliti dari institusi Perimeter memberi masukan baru tentang alam semesta. Bagaimana sebelum terjadinya Big Bang, munngkin kita berasal dari dimensi yang lain. Bagaimana kejadian sebelum Big Bang

Badai matahari tahun 2012 nyaris membuat umat manusia ke jaman batu. Tepatnya 23 Juli 2012 atau dua tahun lalu, matahari menyemburkan badai gas plasma sangat besar. Menurut Nasa, kejadian gas plama tersebut mengarah  ke bumi dengan selisih waktu 1 minggu

Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek. Seperti apa melihat galaksi yang dilewati. Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.



Indonesia dibagi dalam 3 waktu, dari pulau Bali sudah masuk waktu Indonesia tengah, setelah perbatasan Timor Timur masuk waktu Indonesia bagian timur. Tapi tidak semua negara memiliki pembagian waktu sebaik Indonesia. India, China, Rusia dan Kanada memiliki waktu yang unik

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Satu objek di galaksi M82 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova. Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.



Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Ilmu astronomi untuk membayangkan sebesar apa sebuah galaksi. Bayangkan tata surya itu hanya sebesar pasir, lalu letakan pasir di sebuah rumah ibadah . Dikalikan seribu kali ruangan rumah ibadah itulah ukuran sebuah galaksi, atau mungkin lebih besar lagi

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.




No popular articles found.