Pesawat Boeing 767 300ER lepas landas di landasan pendek


Stuff | 12 January 2014

Cerita pesawat harus mendarat di landasan pendek pernah terjadi di Amerika. Satu pesawat Cargo Dreamlifter salah mendarat di bandara kecil. Padahal airport yang dituju adalah airport militer, tapi posisi landasan memang mirip. Pesawat berbadan sangat besar tersebut berhasil take off kembali.

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER ini juga berhasil take off di landasan amat pendek. Landasan pacu di Airport di Tanzania ini memiliki panjang 1,6km. Boleh dibilang pilot ini berani karena minimum landasan untuk Boeing ini adalah 2,7km.

Walau pendeknya landasan tidak menjamin berhasil tidaknya sebuah pesawat bisa lepas landas, tergantung kekuatan angin ketinggian dan faktor lain. Tentu saja si pilot memperhitungkan keberhasilan pesawatnya bisa take off dengan jarak landasan yang pendek. Semua bisa dihitung secara fisika atau data teknik dari pesawat. Hanya take off dari landasan pendek sangat berbahaya, karena ada toleransi dari produsen pembuat pesawat.



Yang merekam video dibawah ini menceritakan mengapa pesawat Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mendarat disana. Pesawat mengalami gangguan dan harus mendarat darurat di landasan terdekat. Mendarat tidak masalah, sekarang giliran take off. Landasan di airport Arusha Tanzania memang pendek. Apakah berhasil pesawat tersebut mengudara kembali, ternyata bisa.

Bisa dilihat rekaman dibawah, sebelum take off pesawat sudah gas pool kekuatan mesin sambil menahan laju pesawat dan langsung dilepas dan terbang. Suara yang merekam saja ikut kagum, katanya Kereeen.


Berita terkait
Boeing 777X akan diuji coba tahun 2019. Mengunakan mesin ganda jet terbesar di dunia. Kali ini disain jet penumpang dirancang berbeda, dari sisi jendela dan ruang bagasi di cabin dibuat verikal. Dengan sayap lipat, memudahkan pesawat parkir di bandara yang tidak memiliki cukup ruang.

Apa yang menarik dari Boeing 747. Yang terakhir terbang milik GE bulan November 2018. Cathay Pacific dengan Boeing 747 jurusan San Francisco ke Hongkong terakhir dengan Boeing 747 dipensiunkan. KLM melakukan perjalanan terakhir dengan Boeing 747. Delta pensiunkan Boeing 747 terakhir Des17.



Pesawat yang awalnya dikenal dengan Dragon adalah tipe AG600 seukuran Boeing 737, dengan lebar sayap 39,9 meter dan panjang 37 meter. Pesawat AG600 mampu membawa 50 penumpang tapi pemakaiannya bukan untuk membawa penumpang saja. Dapat dijadikan pesawat pemadan kebakaran

Amerika kabarnya akan membuat 2 pesawat kepresidenan. Pesawat tipe Boeing 747-8 atau tipe 200 tersebut masih dengan model yang identik. Kabarnya satu pesawat yang dibangun tahun 2013 tidak jadi dikirim ke perusahaan Transaero Rusia, dan mangkrak di gudang Boeing

Honda membuat pesawat pribadi HondaJet. Pemakaian bahan bakar efisien, dengan Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM). Pesawat jet pribadi paling murah Cirrus FS50 Vision Jet terbang dengan kecepatan 500km perjam dan 6 penumpang

Pesawat F16 dari Turki mendarat sangat dekat dengan penonton yang berada di ujung landasan. Pesawat landing di acara Waddington Airshow. Asli bikin kaget penonton yang ada di ujung sana.

EasyJet melakukan survei dari 10.000 penumpang dari seluruh Eropa. Akhirnya mendapatkan tempat duduk paling favorit di pesawat dengan nomor 7F. EasyJet mengatakan, kebangsaan, usia, teman perjalanan sangat berpengaruh dengan pilihan tempat duduk mereka.



Pesawat jet tempur terbang di atas jalan tol, sudah biasa. Pilot Korea Utara memiliki kemampuan harus berlatih mengunakan jalan bebas hambatan sebagai landasan. Di Finlandia dari video dibawah ini adalah video latihan pilot pesawat tempur

Satu foto ini diambil ketika 5 pesawat Hercules C-130 sedang antri di air base Yokota Jepang. Diambil oleh Senior Airman Cody H. Ramirez dan diposting ke Instagram

Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Pesawat Boeing 777 Emirates batal landing setelah posisinya terlalu miring di landasan. Pesawat batal mendarat dan kembali naik dan pindah ke bandara lain.

Pesawat lago kelas Boeing 747 yang sudah di modifikasi salah masuk landasan. Mendarat di landasan yang kecil bahkan tidak memiliki menara kontrol. Pesawat berhasil mendarat di landasan yang pendek, masalah kedua take off

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.




No popular articles found.