Cerita pesawat harus mendarat di landasan pendek pernah terjadi di Amerika. Satu pesawat Cargo Dreamlifter salah mendarat di bandara kecil. Padahal airport yang dituju adalah airport militer, tapi posisi landasan memang mirip. Pesawat berbadan sangat besar tersebut berhasil take off kembali.

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER ini juga berhasil take off di landasan amat pendek. Landasan pacu di Airport di Tanzania ini memiliki panjang 1,6km. Boleh dibilang pilot ini berani karena minimum landasan untuk Boeing ini adalah 2,7km.

Walau pendeknya landasan tidak menjamin berhasil tidaknya sebuah pesawat bisa lepas landas, tergantung kekuatan angin ketinggian dan faktor lain. Tentu saja si pilot memperhitungkan keberhasilan pesawatnya bisa take off dengan jarak landasan yang pendek. Semua bisa dihitung secara fisika atau data teknik dari pesawat. Hanya take off dari landasan pendek sangat berbahaya, karena ada toleransi dari produsen pembuat pesawat.



Yang merekam video dibawah ini menceritakan mengapa pesawat Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mendarat disana. Pesawat mengalami gangguan dan harus mendarat darurat di landasan terdekat. Mendarat tidak masalah, sekarang giliran take off. Landasan di airport Arusha Tanzania memang pendek. Apakah berhasil pesawat tersebut mengudara kembali, ternyata bisa.

Bisa dilihat rekaman dibawah, sebelum take off pesawat sudah gas pool kekuatan mesin sambil menahan laju pesawat dan langsung dilepas dan terbang. Suara yang merekam saja ikut kagum, katanya Kereeen.