Kota Hamburg saat ini sedang merencanakan menghapus kendaraan dari kota dalam 15-20 tahun mendatang. Tujuaannya untuk membuat kota lebih segar, lebih sehat, dan lebih menyenangkan untuk tempat tinggal. Usulan dari rencana Grunes Netz atau Green Network akan membuat jalur pejalan kaki dan jalur penghubung ke ruang hijau dan aman bagi penduduk. Mencakup 40% area kota, nantinya penduduk bisa berjalan kaki atau mengunakan sepeda saja. Bisa nongkrong di restoran , melihat alam sampai piknik tanpa terganggu suara dan polusi kendaraan.

Pemerintah kota Hamburg memiliki alasan lain sebagai tanggung jawab untuk menghadapi perubahan iklim.  Dalam 60 tahun terakhir , suhu kota rata rata naik 9 deg.C dan permukaan air laut naik 20cm dan akan mencapai 30cm pada tahun 2100. Dengan perubahan di kota besar seperti Hamburg yang bebas mobil nantinya dapat menurunkan emisi gas CO2 sekaligus memanfaatkan taman kota menjadi daerah resapan.

Langkah Hamburg belum apa apa dibanding kota Copenhagen yang lebih hebat merancan kota mereka. Saat ini sedang membangun 26 jalur sepeda atau superhighway untuk penduduk. Menargetkan sebagai kota tujuan dengan predikat karbon netral di tahun 2050.