2017
Toshiba UFS 2.1 kapasitas 256GB BiCS3 Flash. Model sebelumnya memiliki kapasitas 32GB 64GB dan 128GB
Membutuhkan waktu cukup lama, Toshiba kembali mengumumkan teknologi memory UFS 2.1.
Kecepatan UFS 2.1 dapat mentranfer data 900MB/s dan write 180MB/s.

JEDEC membuat standar UFS untuk perangkat mobile dan memory card Bahkan dengan dual line dapat mencapai kecepatan 1,2GB/s

Toshiba mengatakan sequential tranfer untuk versi 64GB dapat mencapai kecepatan teoritis diatas.
Dengan 2x lebih cepat untuk read dan hampir 2x lebih cepat untuk write.

Produsen pembuat memory UFS diproduksi oleh Samsung, Micron dan SK Hynix serta Toshiba.
Controller yang umum adalah Phison PS8311, atau mungkin saja produsen membuat controller sendiri untuk memory mereka.

Memory UFS 2.1 umumnya hanya dapat ditemukan dalam komponen smartphone high end dan di dominasi pabrikan Samsung.

2014
Toshiba pertengahan tahun ini mulai membuat flashdrive untuk smartphone dan tablet generasi UFS. Lebih cepat, lebih kecil dan power efisien. Flashdrive generasi baru tersebut mengunakan standar Universal Flash Storage 2..0 yang baru di sahkan oleh JEDEC bulan September 2013. Model Flash drive UFS menargetkan penguna smartphone high end atau tablet, dan kapasitas dibuat besar.

Kecepatan tranfer mencapai 600MB/s  atau 2x dari model pertama UFS 1.1 yang dirilis tahun 2012. Menjadi flashdrive UFS pertama yang mengunakan 2 Lane.

Toshiba membuat teknologi UFS baru untuk memenuhi kebutuhan penguna gadget. Memasukan aplikasi lebih banyak, termasuk video dan file lain. Bahkan disiapkan untuk playback 4K. Teknologu UFS mampu memberikan simulasi read dan write secara bersamaan. Sedangkan teknologi eMMC yang sudah direvisi ke versi 5.0 hanya bisa melakukan satu tugas seperti untuk write dan read bergantian.

Teknologi UFS juga didukung oleh Toshiba dan Micron. Masing masing produsen memiliki chip controller sendiri, misalnya UFS 2.0 dari Qualcomm akan disertakan bagi procesor Snapdragon 805 yang sudah mendukung playback 4K video.