Planet gas KOI 314c seukuran masa bumi ditemukan


Kategori : Science | Date : 7 January 2014
Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.



Sekitar 104 deg.C, tentu sangat panas karena jaraknya planet KOI 314c lebih dekat dengan bintang. Planet KOI 314c diperkirakan memiliki 30% air, tetapi itu baru perkirakaan peneliti. Kemungkinan planet KOI 314c memiliki ketebalan gas hidrogen dan helium, atau bisa jadi planet ini memiliki banyak kandungan air. Atmosfer planet ini mungkin tidak sebanyak bumi, tebalnya hanya beberapa km

Walau disamakan seperti bumi, tapi belum tentu disana seperti bumi. Masalah kedua, planet ini mengorbit di matahari yang ukurannya lebih kecil atau sekitar 35% lebih kecil dari matahari. Bintang Red Dwarf mengalami perkembangan sangat lambat, hidup bintang menjadi lebih lama. Banyak bintang berbentuk Red Dwarf, dan jumlahnya mencapai 76% bintang di galaksi Bima Sakti. Sayangnya posisi planet KOI 314c terlalu dekat dengan orbit 23 hari pertahun. Sebelumnya ada satu planet KOI 314b, ukurannya sama seperti KOI 314c, hanya kepadatannya lebih besar atau 4x lebih berat dari gravitasi di bumi.

Penemuan baru ini ditemukan tidak sengaja. Ketika ilmuwan menjelahi data dari teleskop Kepler dalam pencarian planet. Ketika seorang ilmuwan melihat planet ini memiliki variasi waktu transit dan terlihat seperti bulan. Ternyata yang dilihat adalah data sebuah planet.

Bentuk artis planet ini bisa dilihat pada gambar bawah. Tetap saja manusia belum menemukan planet ideal untuk pindah



Berita terkait
Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.

Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi



Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Disebut hipotesa Grand Tack Jupiter bukan saja sebagai planet penyelamat Bumi. Jupiter bisa saja membuat ukuran bumi lebih kecil dan layak huni. Dahulu planet di tata surya kita tidak seperti posisi sekarang ini.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.



Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.



Gambar ini adalah planet, jaraknya hanya 63 tahun cahaya dari tata surya kita. Ditemukan 5 Oktober 2005 oleh astronomi asal Perancis. Warnanya terlihat biru bila dilihat langsung dengan teropong.

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E




No popular articles found.