Cerita perjalanan air untuk minuman dalam kemasan


Kategori : Green | Date : 16 February 2012

Bagaimana minuman kemasan dibuat. Dimulai dari sumber air, dimurnikan, dimasukan kedalam botol plastik, disegel, diberi merek dan informasi kandungan bahan mineral dengan label, dibawah ke truk atau dikirim dengan kapal dan sampailah di restoran atau kafe di Amerika. Itu cerita air minuman Pellegrino dari Italia yang dulunya dimiliki perusahaan Itali dan diambil lagi oleh sebuah perusahaan raksasa. Air kemasan saat ini sudah menjadi barang mewah, untuk kesenangan dan kenyamanan bagi masyarakat di negara berkembang.

Baru baru ini sebuah perubahan tentang air minum dilakukan di kampus. Universitas Vermont dengan 15 kampusnya melarang penjualan air minum kemasan di dalam universitas. Bahkan menawarkan botol yang dapat digunakan kembali dan memberikan sumber air yang layak minum untuk refill (isi ulang).

Ada satu pertanyaan dari aturan Vermon, mengapa tidak semua minuman dilarang dijual. Seperti Coke, Red Bull dan lainnya masih dijual, dan hanya melarang air minum tawar dengan kemasan saja.  Pihak kampus memiliki alasan tersendiri, air minum bisa dibuat dan diolah bagi para mahasiswa dan staf. Sedangkan minuman coke tidak disediakan, jadi boleh dijual.

Mengapa air minum menjadi barang mahal. Coba kita hitung, harganya memang mahal (diluar negeri). Harga 500ml air minum setara 3000x harga air kran. Membeli air minum kemasan Polandia Spring $1.29 di toko kampus, katanya setara anda bisa mengisi ulang tiap hari selama 8 tahun dengan nilai itu. Plus anda harus menambah biaya kuliah kedokteran selama dikampus.

Bagi masyarakat kota, mungkin aturan diatas masih sulit diterapkan. Karena tidak ada pancuran atau sumber air gratis yang bisa digunakan masyarakat. Pilihan memang mengunakan air kemasan. Melarang penjualan air minum kemasan tidak mengajarkan apapun bagi orang lain. Selama kebutuhan air minum memang perlu dibawa dalam kemasan botol plastik, tentu tidak masalah. Hanya mengingatkan bahwa air kemasan itu mahal, memboroskan energi untuk pembuatan serta menghasilkan sampah plastik.


Berita terkait
Olahraga 15 menit saja setiap hari, anda memiliki harapan hidup lebih lama. Khususnya mereka yang sudah berumur bisa melakukan kegiataan olahraga sederhana. Seperti senam pagi, olahraga Tai chi, jalan cepat dan lainnya. Olahraga apa yang paling intens untuk kebugaran tubuh, khususnya tabungan di hari tua.

Kata katanya agak galak, apa benar. Ini data dari tabel data penduduk di Amerika. Sekarang sekitar 80% jumlah pekerja di Amerika bekerja tanpa kegiatan fisik. Bekerja lembur awalnya positif, sampai akhirnya menjadi kurang produktif. Duduk setengah jam, berjalan 2 menit akan mengurangi resiko penyakit di masa mendatang



Pernah bertemu dengan beberapa orang, dan langsung bisa klik. Langsung cocok, dan berkomunikasi dengan baik bahkan berlanjut berteman dengan baik. Peneliti menyebut Friendship Chemistry. Teman yang berbahaya disebut racun.

Konon cerita tersebut berasal dari mitos pasukan Inggris. Orang tua selalu menganjurkan anak anak makan wortel. Katanya, ini bagus untuk mata kamu kelak. Apa yang terjadi bila kekurangan vitamin A. Satu kasus dari Toronto berakibat fatal

Bortz seorang penulis dari universitas Standord mengeluarkan rahasia umur panjang bagi manusia. 4 tips umur panjang diberikan oleh Bortz. Satu lagi dari suku Hunzas memiliki usia 100 tahun, karena mereka diet selama 2-4 bulan pertahun

Siapa yang mampu minum air murni. Lihat saja rumusnya, H2O nah itulah air murni. Benar benar murni, hanya terdiri dari dua unsur itu saja. Seperti apa rasanya.

Kota San Francisco larang penjualan air kemasan plastik. Kota ini sangat tertarik dengan zero waste sampai tahun 2020. Akhir tahun 2013 dewan pengawasan kota bersiap melakukan larangan ketat penjualan air dalam kemasan.



Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.

Bila ditanyakan dimana daerah paling kekurangan air. Jawabannya ada 2, kemungkinan dari kota di daerah Timur Tengah atau Afrika. Ternyata ada di Asia yaitu kota Beijing. Beijing membutuhkan 3,6 miliar meter kubik air pertahun.

Ini nasihat dari dokter, sebaiknya jangan banyak minum dari air botol kemasan. Dapat membuat wajah lebih cepat keriput. Apakah berhubungan dengan bahan plastik.

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Terlalu banyak minum kopi misalnya lebih dari 3 gelas sehari, memiliki korelasi dengan mengembangnya glaukoma. Hal tersebut menyebabkan gangguan mata sampai kebutaan. Berita tersebut ditulis oleh media Health

Terlalu banyak makan membuat otak lebih cepat tua, mengurangi makan akan memunculkan molekul yang membantu otak tetap muda. Tim peneliti Itali dari universitas Katolik Sacred Heart di Roma menemukan molekul CREB1. Molekul tersebut mengaktifkan fungsi otak serta umur panjang bagi mahluk hidup

Berapa harga air minum sekarang, berapa sampah dan biaya produksinya




No popular articles found.