Bintang pulsar benda apa ini


Kategori : Science | Date : 18 December 2014
Bintang pulsar adalah sisa bintang mati tapi memiliki putaran 1 kali perdetik sampai ratusan kali pe
Siapa penemu pertama bintang Pulsar
Namanya Jocelyn Bell, mengumpulkan data sepanjang 30 meter dari catatan grafik. Dan Bell menganalisa data sendiri.
28 November 1967, Bell dan atasannya Antony Hewish berhasil menangkap data yang disebut Fast Recording.
Munculnya data tersebut seperti peak sebuah sinyal aneh.

Bell juga menemukan 3 sinyal dari sumber bintang pulsar lainnya. Dan data yang ditemukan pertama dipublikasi oleh media Nature tahun 1968.

50 tahun berlalu, teleskop Parkes di Australia telah menemukan separuh sinyal pulsar yang pernah tercatat.
Dan teleskop Molonglo universitas Sydney ikut berperan dan keduanya aktif menghitung waktu bintang pulsar yang tertangkap dari teleskop radio.

Penemuan lain dari teleskop Green Bank National Science Foundation / GBT, mereka menemukan sistem bintang unik.
Ada 2 bintang kerdil dan satu bintang neutron sangat dasyat. Ketiganya berada seperti jarak orbit matahari dan bumi.

Menurut ilmuwan posisi ketiganya unik.
Dua bintang kerdil adalah bekas bintang yang sudah mati.dan ketiganya termasuk bintang neutron berada di tempat yang sama. Seorang mahasiswa Jason Boylles dari universitas West Virginia adalah penemu bintang pulsar tersebut.

Bintang pulsar atau bintang neutron memiliki pancaran sinar seperti cahaya mercusuar
Cahaya yang disebutkan bukan cahaya biasa melainkan radiasi magnetik yang sangat kuat.

Memberikan gelombang radio yang berputar sangat cepat. Letaknya 4.200 tahun cahaya dari bumi dan putarannya hampir 336x perdetik. Ketiga bintang ini dahulunya sangat besar dan memancarkan cahaya, sekarang ketiganya sudah mati.



Setelah di teliti lebih lanjut, ada 2 bintang white dwarf lain yang mengorbit dengan satu ukuran besar dan satu ukuran kecil di belakang. Keunikan bintang neutron ini menarik para peneliti.

Pertama bintang ini memiliki putaran sangat cepat dalam hitungan milidetik, sekaligus dapat melihat efek gravitsi di antara 3 bintang ditempat yang sama. Karena ketiganya memiliki kekuatan gravitasi luar biasa dan sama kuat, membuat lingkaran orbit tidak biasa.



Penemuan di bidang astronomi semakin aneh.
  • Umumnya bintang mati seperti White Dwarf atau bintang kerdil adalah bintang seukuran matahari. Lalu mati karena kehabisan bahan bakar dan menciut menjadi planet kerdil. Walau kecil, kepadatan masa di bintang tersebut amat sangat padat. Sehingga tetap memiliki kekuatan gravitasi yang kuat.
  • Bintang neutron biasanya terbentuk dari sebuah bintang ukuran sangat besar, rata rata 10x lebih besar atau lebih dari ukuran matahari . Sisa material padat akan menyatu serta menjadi sangat padat dan  membentuk gravitasi planet.
Penemuan kali ini , ada 3 bintang berada ditempat yang sama. Satu bintang neutron paling kecil ditengah dan 2 bintang kerdil berada disamping.

Lalu siapa yang lebih kuat, si bintang besar atau si bintang imut Neutron. Menurut kepadatan, walau si imut neutron memiliki ukuran lebih kecil tapi gravitasinya mampu menarik yang besar.

Untuk membandingkan kepadatan sebuah bintang pulsar sampai lubang hitam.
Dibawah ini kepadatan dari masa jenis material seperti air sampai lubang hitam. Neutron star atau bintang neutron adalah benda dengan kepadatan nomor 2 dibelakang black hole.

Material Density in kg/m3 Notes
Water (fresh) 1,000 At STP
Osmium 22,610 Near room temperature
The core of the Sun ~150,000  
White dwarf star 1 × 109  
Atomic nuclei 2.3 × 1017 Does not depend strongly on size of nucleus
Neutron star core 8.4 × 1016 – 1 × 1018  
Black hole 2 × 10730 Critical density of an Earth-mass black hole

Apakah bintang pulsar
Seperti yang dimaksud Pulsar dari bintang mati. Bintang mati tidak dianggap bintang yang mati begitu saja. Masih aktif tetapi tidak memancarkan cahaya seperti bentuk bintang aktif.

Sebuah radiasi elektrik yang terbentuk karena putaran bintang mati yang sangat cepat. Seakan berbentuk seperti lampu flash kutub sebuah bintang. Dan terus menerus memancarkan radiasi walau bentuk radiasinya hanya bisa tertangkap oleh teleskop khusus. Seperti teleskop dengan sensor X-Ray Chandra dan teleskop radio.

Seperti lampu mercusuar hanya posisi radiasi yang tertangkap berada di atas dan bawah rotasi bintang.
 
Bintang pulsar adalah bekas bintang mati. Sama nasibnya dengan tipe bintang neutron dan lubang hitam, memiliki kepadatan luar biasa.

Bintang pulsar memiliki putaran tapi kecepatan yang berbeda.

Matahari sebagai bintang memiliki putaran 25 hari sekali untuk menyelesaikan satu putaran. Tapi bintang pulsar mencapai 100 kali perdetik bahkan 1000 kali perdetik.

Ukuran bintang pulsar sangat kecil dibanding bintang sebelum meledak.

Bintang pulsar seperti magnit yang luar biasa. Begitu kuatnya mengeluarkan gelombang radio dan dapat tertangkap oleh teleskop radio di Bumi.

Ukuran bintang pulsar seukuran 8-20 kali matahari, ketika meledak melontarkan semua gas dari bintang. Sisa bahan padat mencuit menjadi bintang Neutron. Ukuran bintang Pulsar dapat berasal dari bintang seukuran 1,5-3 kali matahari. Dan ukurannya tersisa menjadi 25km saja.

Dengan ukuran satu kota saja, sebuah bintang raksasa yang menciut tersebut memiliki kepadatan sangat tinggi. Kepadatan setara gunung Everest yang dipadatkan menjadi seukuran ransel.

Contoh bintang pulsar adalah nebula Crab atau nebula kepiting. Di dalam gas nebula tersebut terdapat sebuah bintang pulsar
Para ilmuwan tidak mengetahui bagaimana seperti apa kepadatan sebuah bintang pulsar.



Gravitasi di permukaan bintang pulsar diperkirakan mencapai 200 miliar kali lebih kuat dari gravitasi bumi.
Ketika bintang neutron menjadi begitu padat ada hal lain yang terjadi. Bintang pulsar memiliki putaran. Matahari sebagai bintang memiliki putaran 25 hari sekali.

Tapi bintang pulsar rata rata berputar sampai 1 detik satu putaran. Yang lain mencapai 100 kali perdetik. Dampaknya terdapat magnetik yang tertekan gravitasi akibat putaran bintang pulsar. Dan mengeluarkan magnetik di bagian kutub bintang pulsar.
Putaran bintang pulsar yang mengeluarkan radiasi tertangkap di bumi seperti sinyal burst atau terdengar seperti blip blip.

Dibawah ini beberapa sinyal beam yang tertangkap di bumi bersumber dari bintang pulsar.
Sinyal yang tertangkap oleh teleskop radio. Bintang pulsar PSB B0329+54 akan tertangkap seperti ketukan kaki orang sedang berlari oleh teleskop radio

Teleskop radio yang diarahkan ke daerah nebula kepiting, akan terdengar seperti buzzer . Semakin cepat putaran bintang pulsar, semakin terdengar aneh seperti mendengar putaran mesin blender.



Rata rata bintang pulsar mengirim sinyal radio yang stabil dari waktu ke waktu. Yang lain bahkan mengeluarkan sinyal radio mencapai nano second.

Apakah mungkin adanya kehidupan dari planet di sekitar bintang Pulsar (Des17)
Seandainya sebuah bintang pulsar dan disana ada mahluk hidup. Apakah mahluk hidup dapat bertahan.

Peneliti dari  universitas Cambridge dan Leiden mencoba menghitung. Sampai jarak aman dari dampak sebuah bintang pulsar, karena bintang pulsa adalaha bintang berbahaya dengan radiasi tinggi.

Planet yang bertahan sekitar bintang pulsar harus memiliki ukuran besar, setidaknya 10x massa bumi.
Bila planet berukuran kecil dipastikan hancur dalam hitungan ribuan tahun.

Planet harus memiliki atmofer yang tebal, 1 juta kali lebih tebal dari Bumi. Mengapa, untuk melindungi radiasi sinarX yang disebarkan / di bombardir partikel bintang pulsar.
Suasana seperti itu dapat menyebabkan panas untuk menutup kurangnya panas dari cahaya bintang pulsar yang sangat redup.

Untuk menguji analisa diatas, peneliti mengambil contoh bintang pulsar PSR B1257 + 12 yang terletak 1200 tahun cahaya dari Bumi. Di orbit bintang disana memiliki 3 planet bahkan menjadi exoplanet pertama yang ditemukan astronom.
Mengunakan teleskop X-Ray Chandra, ada 2 planet dengan massa 4-5 lebih besar dari Bumi, tapi berada di zona layak huni.
perhitungan awal terlihat memungkinkan tapi perlu dihitung kembali apakah masuk dalam semua kriteria.
Walau suhu planet masih memungkinan permukaan planet mencairkan air. Perlu didapat data, bagaimana dengan atmofer planet yang ada. Bila planet tidak mampu menahan radiasi dari bintang, tentu semua mahluk hidup tidak akan mampu hidup di dalam planet.

Kedepan tim peneliti Patrun dan rekan penulis Mihkel Karma akan mengambil data lebih rinci. Dan membandingkan dengan bintang pulsar lain dari data teleskop Alma. Karena di galaksi Bima Sakti saja diperkirakan terdapat 200 ribu bintang Pulsar, dan 3000 bintang pulsar telah dipelajar, tapi baru 5 planet yang ditemukan berada di 3000 bintang tersebut
Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov



Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Satu video fantastik di bidang antariksa, Teleskop Hubble mengabadikan sebuah bintang yang meledak. Direkam sejak tahun 2002 sampai 2006. Ini bukan simulasi computer, tapi foto asli dan dijadikan film timelapse. Butuh 4 tahun untuk membuat urutan foto bintang



Sebuah galaksi Messier 83 atau dengan nama lain M83, NGC 5236 sedang diteliti oleh astronom. Jaraknya hanya 15 juta km dari bumi dan letaknya di konstelasi Hydra. Galaksi ini bisa kadang bisa terlihat walau mengunakan binocular.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Satu film dari Nat Geo menceritakan kehidupan dari alam semesta. Yang ini versi baru, dimulai dari kehidupan manusia, planet yang mengelilingi matahari. Lalu menjauh  menceritakan semua yang pernah ditemukan oleh para astronom.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.



Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.




No popular articles found.