Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor dan terus membor kedalam bumi.

Mereka mencari data dengan membuat galian lubang terdalam dan mencari seperti apa bentuk batuan pada ratusan juta tahun lalu.

Program penelitian ini berakhir pada tahun 1994.

Pengeboran diperkirakan dapat mencapai 15.000 meter (15KM) ke bawah tanah di tahun 1993.

Tetapi dihentikan setelah pengeboran sampai di kedalaman 12 ribu meter dibawah tanah.

Mengapa proyek pengeboran tersebut berhenti. Suhu di kedalaman tersebut ditemukan susah mencapai 180 deg.C. Bila diteruskan sampai target yang ditemukan yaitu 15.000 meter, suhu akan mencapai 300 deg.C. Dengan kondisi panas dari lubang pengeboran maka mata bor tidak mampu bertahan bekerja.
Kedua alasan dana juga menjadi penyebab pengalian untuk penelitian dihentikan.

Di dalam bumi ditemukan batuan yang umurnya mencapai miliaran tahun lalu. Bahkan batuan di dalam lebih mirip plastik dibanding batu yang keras.

Pengeboran lubang terdalam tersebut ada di Kola Superdeep Borehole Rusia. Menjadi tempat pengeboran terdalam di dunia selama 20 tahun terakhir.

Rekor ini tidak berubah dan tetap menjadi pengeboran paling dalam sampai sekarang.

Berapa jauh manusia membuat galian di permukaan Bumi
  • 4 meter untuk menemukan benda prasejarah
  • 6 meter dari sensor metal dapat menemukan benda dibawah tanah.
  • 40 meter sebagai kolam renang terdalam buatan. Membutuhkan waktu 3 detik bila benda di jatuhkan dari ketinggian 40 meter
  • 100 meter dibawah tanah, sampah nuklir dipendam
  • 105 meter dibawah tanah salah satu stasiun kereta bawah tanah terdalam di Kiev
  • 122 meter akar pohon paling dalam yang pernah dicapai ditemukan di Afrika Selatan
  • 220 meter masih ditemukan sungai dibawah tanah paling dalam dan ada di Congo
  • 297 meter adalah menjadi terowongan jalan bawah tanah paling dalam di negara Norwegia
  • 392 meter masih dapat dibangun lubang sumur di beberapa tempat kering. Menjadi sumur terdalam yang dapat diambil airnya dengan tangan manusia disebut Woodingdean di Inggris
  • 603 meter ada sebuah gua vertikal Vrtiglavica. Kedalaman gua vertikal tersebut lebih dalam dari ketinggain gedung World Trace Center
  • 709 meter sebuah tambang di Chile yang sempat mengalami kecelakaan
  • 970 meter adalah tempat galian tambang terdalam di Utah Amerika.dengan kedalamam lebih tinggi dari gedung Burj Khalifah
  • 3132 meter kedalaman tambang Moab Khatson di Afrika Selatan. Membutukan waktu 4 menit 30 detik mengunakan elevator sampai ke dasar tambang
  • 3600 meter adalah kedalaman mikro organisme masih ditemukan dapat hidup
  • 4000 meter manusia menjadi mahluk paling dalam untuk mengali di tambang terdalam untuk menambang emas di Afrika Selatan. Suhu di dalam mencapai 66 derajat Celcius
  • 6000 meter dapat ditemukan pisahan antara lempeng kerak bumi
  • 12.262 meter adalah lubang terdalam Kola Superdeep Borehole

Walau target yang akan dicapai untuk menembus mantel bumi. Mantel bumi berada di kedalaman 35km, hanya saja baru sepertiganya sudah diemukan bahwa batuan disana sudah panas.

Baru perkiraan tentang lapisan bumi dari peneliti.
  • Urutan paling dalam adalah inti bumi atau Inner Core, lapisan cair yang membentuk inti magnit bumi.
  • Pelapis kedua disebut Outer Core memiliki tebal 2250km
  • Mantel bumi memiliki tebal 2500km
  • Sedangkan permukaan bumi disebut Crust
Selama 24 tahun pengeboran ke bawah tanah. Manusia hanya mampu mencapai 0.002% dari ketebalan kulit bumi. Katanya bumi ini memang besar, khususnya bagian dalam.

Pengeboran lain dipecahkan oleh ERD yang melakukan pengeboran di Tranocean untuk Maersk Oil di Quatar. Mencapai kedalaman 12 ribu meter.

Pengeboran terdalam lainnya pada tahun 2011 oleh Exxon Neftegas. Melakukan pengeboran di pulai Sakhalin Rusia. Mampu mencapai 12,345 meter tapi tidak secara vertikal atau tegak lurus.

Hanya pengeboran dari tim KSB iniah yang paling dalam, karena dibuat lurus vertikal langsung ke arah bawah.

Rekor pengeboran secara vertikal tetap dipegang oleh tempat penelitian Kola Superdeep Borehole sampai 5 Januari 2014.

Lalu apa yang didapat dari penelitian KSB ini. Mereka merekam suara dari tempat terdalam yaitu suara inti bumi. Tepatnya seperti apa suara yang dihasilkan bumi dibagian terdalam tersebut.

Tempat KSB sudah menjadi puing, dan bekas lubang pengeboran terdalam sudah ditutup (kanan atas)

Pengeboran lubang terdalam

Rekaman di dekat inti bumi dari alat a seismograph & the recording of the sound of deep earth.




April 2017
Badan ilmu dan teknologi kelautan dan bumi Jepang JAMSTEC berencana mengebor perut bumi terdalam sampai 6km. Tim dari Jamstec telah melakukan studi pendahuluan di perairan Hawai pada bulan September 2017 lalu.
Masih banyak yang harus di selesaikan, terutama biaya kata Susumu Umino profesor Univeristas Kanazawa.
Proyek mengebor lubang terdalam kali ini akan menghabiskan biaya 540 juta dollar. Dilakukan oleh sebuah kapal pengeboran laut.
Peneliti berharap dapat melakukan tahap awal pada tahun 2020an, atau paling lambat 2030an.
2 tempat yang dipertimbangkan untuk pengeboran. Satu di lepas pantai Meksiko, dan lokasi kedua di pantai Kosta Rika. Alasannya karena kerak bumi di samudra lebih tips dibanding kerak bumi di benua yang rata rata mencapai kedalaman 20km.

Tapi proyek pengeboran terdalam Jamstec ini hanya salah satu dari sekian banyak upaya untuk mengebor perut bumi. Dan rata rata gagal mencapai mantel bumi.
Rekor pengeboran terdalam hanya dicapai di Rusia atau Burehole Kola Superdeep. Tapi proyek berakhir karena kurangnya dana dan situs tersebut sudah ditinggal sejak tahun 2008.

Peneliti Jamstec mencari pengetahuan tentang interior atau isi dari lapisan luar bumi, termasuk gempa bumi. Gunung berapi memiliki lahar untuk dijadikan sampel dari perut bumi. Tetapi tidak menyediakan sampel murni dari mantel, karena semua sudah tercampur dalam kerak cair /  lahar.
Dengan teknik pengeboran langsung, peneliti dapat mempelajari komposisi mantel yang sebenarnya. Dan memperjelas beberapa hal penting yang tidak diketahui sebelumnya pada bagian lempeng tektonik, bahkan menemukan jawaban bagaimana planet Bumi ini terbentuk.

bentuk lapisan bumi dari bagian atmofer sampai inti bumi