Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.
Lensa dengan mounting metal umumnya dipakai bila ukuran lensa sudah lebih besar dan lebih berat.

Kebanyakan lensa dibuat dengan konstruksi dibawah ini.
  • Kebanyakan lensa 4/3 memiliki mounting metal.
  • Kebanyakan lensa profesional mengunakan mounting metal.
  • Lensa Micro 4/3 dan lensa Sony NEX terbuat dari plastik. Ini menjadi pertanyaan, lensa mahal saja tetap mengunakan bahan plastik.
  • Lensa kit dengan bahan plastik.
  • Lensa dengan mounting plastik mudah pecah dibanding mounting mental, bisa dibenarkan.
Dari LensRental melakukan investigasi dan membedah lensa kelas profesional
  • Canon 35mm f.1.4, dibuat tahun 1998. Dianggap sebagai lensa kelas profesional. Memiliki mounting plastik
  • Panasonic dan Leica 45mm f.2.8 Macro Elmarit m4/3. Kita bisa bertanya apakah lensa ini adalah lensa profesional dan harganya cukup mahal. Memiliki mounting plastik terlihat dibagian 4 baut kosong.
  • Sony 50mm f.1.8. Terdapat 4 lubang untuk memasang baut dari bodi lensa ke mounting mengunakan plastik.
  • Canon 14mm f.2.8 Mk II L. Salah satu lensa paling handal di kalangan profesional. Mengunakan bahan plastik dari bagian luar lensa yang langsung dikencangkan ke mounting lensa
  • Canon 24-70 f2.8 L Mk I. Lensa ini dirilis tahun 2002, dan beratnya hanpir 2kg. Mounting plastik dapat menopang badan lensa.
  • Tamron 24-70 f2.8 VC. Di dukung dengan 4 bagian baut mounting dengan bahan plastik, sebagian besar komponen di belakang lensa Tamron lebih banyak bahan plastik.

Seandainya terjadi kerusakan di bagian mounting plastik. Orang akan perpikir lensanya sudah tamat. Untuk memperbaiki mounting plastik hanya butuh 15 menit di service center. Kebanyakan kerusakan lensa bukan terjadi di mounting yang menghubungkan ke bodi camera. Tapi rusak di bagian kaca lensa.

Lensa dengan bahan metal tetap ada. Misalnya lensa 70-200 f2.8 lebih banyak mengunakan mounting dengan bahan metal. Dibawahnya ukuran tersebut tetap ada yang mengunakan bahan plastik. Kecuali semua lensa Zeiss ZE dan ZF SLR, mengunakan mounting internal dari metal. Tapi bukan lensa yang dipasarkan dari merek non Zeiss. Nikon lebih banyak mengunakan bahan metal dibanding merek lain. Tapi mengunakan bahan plastik untuk mounting di kaca lensa.

Jadi slogan Professional Gread dan Weather Resistant masih tidak jelas. Apakah lensa mahal tidak rusak bila masuk ke air, atau mounting plastik lebih cepat rusak.
Intinya, jangan melihat bahan yang dipakai pada lensa. Apakah plastik atau metal, Pro Grade atau Weather Sealed. Tapi jaga lensa dengan baik sesuai fungsinya.

Dibawah ini gambar mounting lensa yang dibedah oleh LensRentals