Lensa mounting plastik atau metal lebih baik sama saja


Kategori : Digital | Date : 4 January 2014
Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.
Lensa dengan mounting metal umumnya dipakai bila ukuran lensa sudah lebih besar dan lebih berat.

Kebanyakan lensa dibuat dengan konstruksi dibawah ini.
  • Kebanyakan lensa 4/3 memiliki mounting metal.
  • Kebanyakan lensa profesional mengunakan mounting metal.
  • Lensa Micro 4/3 dan lensa Sony NEX terbuat dari plastik. Ini menjadi pertanyaan, lensa mahal saja tetap mengunakan bahan plastik.
  • Lensa kit dengan bahan plastik.
  • Lensa dengan mounting plastik mudah pecah dibanding mounting mental, bisa dibenarkan.
Dari LensRental melakukan investigasi dan membedah lensa kelas profesional
  • Canon 35mm f.1.4, dibuat tahun 1998. Dianggap sebagai lensa kelas profesional. Memiliki mounting plastik
  • Panasonic dan Leica 45mm f.2.8 Macro Elmarit m4/3. Kita bisa bertanya apakah lensa ini adalah lensa profesional dan harganya cukup mahal. Memiliki mounting plastik terlihat dibagian 4 baut kosong.
  • Sony 50mm f.1.8. Terdapat 4 lubang untuk memasang baut dari bodi lensa ke mounting mengunakan plastik.
  • Canon 14mm f.2.8 Mk II L. Salah satu lensa paling handal di kalangan profesional. Mengunakan bahan plastik dari bagian luar lensa yang langsung dikencangkan ke mounting lensa
  • Canon 24-70 f2.8 L Mk I. Lensa ini dirilis tahun 2002, dan beratnya hanpir 2kg. Mounting plastik dapat menopang badan lensa.
  • Tamron 24-70 f2.8 VC. Di dukung dengan 4 bagian baut mounting dengan bahan plastik, sebagian besar komponen di belakang lensa Tamron lebih banyak bahan plastik.

Seandainya terjadi kerusakan di bagian mounting plastik. Orang akan perpikir lensanya sudah tamat. Untuk memperbaiki mounting plastik hanya butuh 15 menit di service center. Kebanyakan kerusakan lensa bukan terjadi di mounting yang menghubungkan ke bodi camera. Tapi rusak di bagian kaca lensa.

Lensa dengan bahan metal tetap ada. Misalnya lensa 70-200 f2.8 lebih banyak mengunakan mounting dengan bahan metal. Dibawahnya ukuran tersebut tetap ada yang mengunakan bahan plastik. Kecuali semua lensa Zeiss ZE dan ZF SLR, mengunakan mounting internal dari metal. Tapi bukan lensa yang dipasarkan dari merek non Zeiss. Nikon lebih banyak mengunakan bahan metal dibanding merek lain. Tapi mengunakan bahan plastik untuk mounting di kaca lensa.

Jadi slogan Professional Gread dan Weather Resistant masih tidak jelas. Apakah lensa mahal tidak rusak bila masuk ke air, atau mounting plastik lebih cepat rusak.
Intinya, jangan melihat bahan yang dipakai pada lensa. Apakah plastik atau metal, Pro Grade atau Weather Sealed. Tapi jaga lensa dengan baik sesuai fungsinya.

Dibawah ini gambar mounting lensa yang dibedah oleh LensRentals


BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru 14TB masuk daftar dalam rack server cloud. Harddisk apa saja yang rusak di tahun 2018, dan berapa unit harddisk mengalami kegagalan. Sementara HGST turun di posisi ke 2, dan Seagate naik ke posisi 1.

Apakah lensa FX dan DX kompatibel dengan camera FX dan DX seperti Canon EF dan EF-S. Keduanya bisa saling tukar lensa dan body. Apa beda lensa Nikon FX dan DX, apakah menghasilkan foto dengan bidang yang sama. Lensa AF-P mungkin tidak kompatibel dengan bodi camera Nikon lama.



Seorang fotographer sedang mengabadikan pemandangan untuk foto alam bebas. Mendadak cameranya nyemplung ke air sedalam 1 meter. Apa yang dilakukan untuk menyelamatkan camera. Bagaimana bila camera berembun atau mengalami kondensasi dan air masuk ke dalam camera.

Kita melihat fotografer kadang mengunakan tutup depan lensa. Bukan penutup bagian lensanya, tapi seperti topi berbentuk selinder di bagian depan lensa. Untuk apa fungsi lensa Hood tersebut, dan apa manfaat lensa hood

Lensa MTO 1000A adalah lensa tua buatan negara Soviet (sekarang Rusia). Memiliki zoom sampai 1100mm dengan f10.5. Mengunakan sistem lensa mirror, layaknya seperti teleskop astronomi dan zoom sangat jauh.

Jaap bekerja untuk media berita ingin mengabadikan sebuah badai. Dia menyiapkan camera dengan plastik agar tidak terkena air. Tapi yang terjadi berbeda, camera dan lensa kemasukan air . Ditunggu sampai 2 bulan akhirnya diketahui board camera rusak. Dimana kerusakan yang terjadi.

Salah satu yang terkena dampak Grey Market atau pasar abu abu ini adalah Canon. Banyak produk Canon dipasarkan secara bebas di toko online seperti eBay. Termasuk aksesoris camera palsu dapat ditemukan disana. Sekarang sebuah toko yang memasang di eBay kabarnya akan dituntut oleh Canon.



Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak

Satu cuplikan video dengan judul SIGMA AIZU Chapter III. Menceritakan pemeriksaan lensa Sigma di service center mereka. Mereka memeriksa satu persatu lensa, dan menguji ulang setiap komponen.

Lensa Nikon 13mm f5.6 muncul di eBay. Ken Rockwell pernah mengulas lensa ini sebagai The Holy Grail. Lensa ini tidak banyak, hanya 350 unit saja. Rockwell mengatakan lensa terbaik karena lebarnya dan distorsi sangat rendah.

Salah satu lensa sangat langka yang pernah dibuat Canon adalah Canon EF 1200mm f/5.6L USM. Lensa ini mantek di 1200mm, alis enga bisa dikecilin lagi. Langsung zoom mengambil gambar jarak jauh. Apa yang anda pikirkan bila memilih lensa atau mobol Lamborghini.

Harga lensakan mahal, harga bekas lebih murah. Ada tip membeli lensa bekas dari Karl Taylor, apa saja yang perlu diperhatikan. Jamur, mekanik, elektronik, debu, fokus. Pastikan mendapatkan perjanjian garansi oleh toko yang menjual lensa second.

Mereka yang membeli camera DSLR umumnya sudah memdapat paket lensa. Lensa camera DSLR memiliki banyak jenis. Dari lensa standar dengan zoom, tele zoom, prime lense, wide angle lens dan lainnya. Bagaimana bila menyewa lensa camera dahulu, atau belajar dengan camera DSLR sebelum membeli.

Dari sebuah survei besar besar yang dibuat oleh Lens and Gear Repair Data. LensRentals mengatakan lensa Rokinon dan Canon membutuhkan pemeliharaan. Masuk di 18 besar sebagai peralatan camera yang perlu diperbaiki.



Tempat servis lensa camera di Taiwan bisa memperbaiki lensa yang pecah. Tidak itu saja, bahkan mereka bisa memberikan penganti body lensa dari hitam menjadi putih atau bahkan merah.

LensRental memberikan informasi, hati hati bila mengambil acara di satu event seperti Run Color. Karena akan mengotori perangkat camera. Itu loh , seperti iklan yang sering muncul di televisi. Acara lempar tepung.

Lensa asli dari pabrik camera umumnya lebih mahal, relatif stabil digunakan. Sedangkan lensa diluar merek produsen camera, bisa saja tidak kompatibel.

Ada yang mengatakan 100, tetapi hidup sampai 200. Ada yang menyebut 100 tapi sudah blep di 50 ribuan sudah ngaco. Melihat berapa kali shutter sudah dibuka di camera untuk jumlah total jepretan camera. Coba hitung berapa banyak camera anda membuat foto.




No popular articles found.