Bagaimana membangun satelit sekali diluncurkan dan dilupakan


Kategori : Technology | Date : 28 December 2013
Bagaimana membangun sebuah satelit. Setelah diluncurkan akan digunakan tapi dilupakan. Bila gagal tidak bisa di servis , bila rusak akan menjadi sampah di ruang angkasa.

BBC menceritakan bagaimana merancang sebuah satelit agar satelit bisa bekerja setelah tiba diruang angkasa.

Inggris masih memegang teknologi satelit dan ditangani perusahaan Astrium. Disusul Boeing sebagai perancang disain satelit

Di ruang angkasa, sebuah satelit harus bertahan dalam kondisi ekstrim, termasuk suhu dingin dan panas ekstrim.

Setidaknya satelit bisa bekerja selama 15 tahun. Sebuah satelit modern memiliki ukuran 5x3 meter, dilengkapi komponen mekanik dan elektronik.

Satelit memiliki sistem servis modul berisi tabung gas untuk mengatur posisi satelit setelah diluncurkan, ditambah power solar cell untuk sumber power selama bekerja.

Sebuah satelit tidak hanya berisi rangka metal, Tapi pelapisan mengunakan carbon ringan dan kuat.
Bagian aluminium dibuat ringan dengan lempeng tipis sedangkan tangki dibuat dari bahan titanium.

Satu satelit setidaknya membutuhkan 20kg emas. Emas murni sebagai bagian dari komponen sirkuit, karena lebih tahan dibanding materi lain dan digunakan untuk perisai.

Setelah sirkuit dibuat, sirkuit baru dimasukan ke unit test, memastikan sudah tahan gunjang seperti simulasi dibawa dengan roket.

Selesai pengujian, akan masuk ke tahap payload modul untuk menerima dan memancarkan signal. Diluar satelit akan ditutup dengan pelindung agar tidak menerima panas matahari berlebihan dan lebih hangat ketika dingin.





Perusahaan satelit
Airbus Defence and Space, milik Eropa dengan gabungan Perancis, Jerman, Spanyol dan Inggris.
OHB SE juga dari Eropa, konsorsium bersama Italia, Luxembourg, Swedia, Perancis, Beliga dan Jerman.
Boeing, Amerika
Lockhead Martin, Amerika
Orbital ATK Amerika
Space System / Lorarl Amerika
Thales Alenia Space, dari Eropa, Perancis, Italia, Inggris, Spanyol, Belgia, Jerman dan Polandia.

Dari pabrik satelit, masih melibatkan beberapa perusahaan lain.
Komponen dibuat dari berbagai perusahaan. Astro Feinwerktechnik membuat sistem buses satelit, roda, GPS dan magnetometer.

Solar cell satelit dibuat oleh Tethers Unlimited Amerika. Clyde Space dari Inggris khusus merancang sistem power elektronik, baterai, panel surya dan kontrol ketinggian satelit.
Solar MEMS perusahaan yang membuat sensor matahari untuk satelit dari Spanyol.

Roket pendorong satelit
Salah satunya Moog ISP dari Inggris dan Amerika, membuat roket pendorong satelit seri Leros, Moarc Trhuster dan LTT Thruster. Dan masih banyak lagi perusahaan yang menrancang roket pendorong. Terbagi dari berbagai bidang. Beberapa perusahaan terbanyak ada di Rusia, untuk merancang mesin pendorong roket bahan bakar cair.

JSC Rusia


Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan di belahan timur bumi secara realtime. S8 Juli 2018 adalah posisi bumi terjauh dengan matahari. Disebut aphelion ketika orbit bumi paling jauh dengan posisi matahari. Equinox Oktober 2018 cahaya matahari tepat di atas Selatan Indonesia.

Amerika memiliki supercomputer nomor 1 paling cepat, disusul China memiliki 2 supercomputer paling cepat di dunia.  Bulan Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit. Membutuhkan pendingin air, ruang 3000 meter persegi, ribuan chip procesor dan GPU Nvidia.

Amerika kabarnya mulai memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah kecil. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee akan membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.



Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.

Video ini direkam di pabrik KPZ yang mengkhususkan untuk memproduksi baut ukuran besar. Satu video ini memperlihatkan teknologi membuat baut tanpa perlu waktu lama untuk menjadi sebuah sekrup seberat 2,6 ton. Proses awal dimulai dengan pembakaran besi menjadi lunak, dan tekniknya sama seperti menempa.

America sebelumnya melarang teknologi pencitraan satelit foto high res. Yang mampu mengabadikan sampai 50cm. Sekarang kita bisa menikmati foto satelit dari Google dan Bing berkualitas tinggi, setelah aturan foto resolusi tinggi dari satelit dicabut. Masih ada lagi yang lebih tajam.

Teknologi GPS baru mengunakan satelit GPS 2F-6. Rencananya akan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Delta minggu ini. Satelit navigasi GPS 2F-6 akan mengantikan GPS yang sudah tua tipe GPS 2A-23 di slot 4. Jepang dengan satelit Michibiki presisi tinggi ke 4 Oktober 2017



Dari Leylen Energy menceritakan bagaimana baterai Lithium diproduksi. Baterai buatan Leylen mampu bekerja pada suhu tinggi, sedangkan baterai lithium biasa hanya stabil pada suhu lebih rendah

Crucial membuat sebuah video dari proses produksi SSD. Dari proses produksi , testing, perakitan, kembali di test, di pack dan dikirim

Setelah sistem satelit GPS sudah dimanfaatkan di seluruh dunia. Dan Glonass sistem satelit navigasi Rusia sudah dimanfaatkan oleh perangkat GPS sejak tahun 2011 lalu. Sekarang ada satu konstelasi baru yaitu Galileo dari Eropa.

Melihat lebih dekat pabrik Canon, dari rancangan dan pembuatan lensa. Sensor di kemas ke dalam sirkuit. Disatukan di camera, dan procesor untuk mengolah gambar. Teknologi camera tidak hanya mengambil gambar manual, tapi sudah mendukung pengenal wajah. Teknologi camera juga mendukung recording video.


No popular articles found.