Benda terbesar di ruang angkasa dari masing masing kategori


Science | 2 March 2016

Struktur raksasa lainnya yang ditemukan

Setelah melihat benda diruang angkasa, masih ada lagi yang lebih unik.

Bagaimana dengan ukuran galaksi dan debu gas awan di ruang hampa. Sekarang mencari struktur terbesar, dan semakin jauh.

Beberapa bendai ini sangat jauh sekali dari bumi. Disebut struktur karena tidak jelas bentuk tepatnya benda tersebut. Selain jauh, benda yang diamati memang memiliki pola tertentu.

Blob Lab-1 terbesar

Lab atau Lyman Alpha Blobs adalah awan gas raksasa yang terpusat dan memancarkan elemen Lyman-Alpha. Diameter gas ini luasnya mencapai 300.000 tahun cahaya. Letaknya di Konstelasi Aquarius.

Hanya terlihat dari teleskop khusus dapat melihat ukuran besar dan benda ini terlihat menyala. Menjadi struktur gas terbesar di alam semesta yang ditemukan. Peneliti mengatakan disana ada kandungan yang kaya gas hidrogen dan luar biasa besarnya seperti awan super raksasa di ruang hampa. Gas Hidrogen adalah salah satu bahan utama dalam pembentukan dan lahirnya bintang di alam semesta dan menjadi materi tertua di kosmik. Bintang terbentuk dengan material terbesar hidrogen yang nantinya membakar dari sumber kumpulan gas seperti ini,  sehingga bintang dapat menyala dan bercahaya seperti matahari.

Blob Lab-1  / SSA22-Lyman-alpha jaraknya sangat jauh, 11,5 miliar tahun cahaya dari bumi. Ditemukan tahun 2000 oleh pusat observasi teleskop Palomar. Astronom mengatakan benda ini merupakan galaksi paling muda. Diperkirakan bentangannya 3x panjang galaksi Bima Sakti. Bukan ukurannya yang besar, tapi keunikan dari kandungan gas yang terkonsentrasi disana yang dibanding kandungan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Tidak jelas mengapa benda tersebut menghasilkan cahaya bila diamati oleh teleskop infra-red.

Kiri dari teleskop biasa hanya terlihat titik biru, tengah bentuk dari teleskop besar, paling kanan adalah rekaan gambar artis.



Dimana benda ini berada. Letaknya 11,5 miliar tahun cahaya dari Bumi. Atau usianya baru 2,4 miliar tahun ketika terbentuk alam semesta. Usia alam semesta saat ini 13,8 miliar tahun.. Gambar atas kanan kedua terlihat seperti gumpalan awan berwarna hijau. Benda tersebut adalah gas raksasa yang membentang dengan lebar 400 ribu tahun cahaya

Misteri Blob Lab-1 tersebut baru diungkap tahun 2016. Gas yang berwarna hijau tersebut sebenarnya adalah debu dan gas di ruang hampa, tapi begitu jauhnya sehingga dilihat dari Bumi masih berusia sangat muda. Cahaya disana disebabkan terjadinya pelanggaran dengan kosmik. Disana terbentuk bintang begitu cepat sampai 100x rata rata dari pertumbuhan bintang di galaksi saat ini. Pancaran radiasi ultraviolet dari bintang menyebabkan gas hidrogen yang membentang tersebut menyala.
Suatu hari nanti benda hijau tersebut akan menjadi sebuah galaksi raksasa berbentuk elips atau menjadi kumpulan cluster galaksi.



Galaksi IC 1101 galaksi terbesar yang pernah ditemukan (diukur)

Setelah mengetahui lubang hitam dan gas, masih ada lagi benda terbesar di alam semesta.
Galaksi IC 1101 adalah galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Mengapa galaksi ini amat sangat besar.

Para astronom memperkirakan dahulunya galaksi ini pernah bergabung (bertabrakan) dengan galaksi lain. Kedua galaksi raksasa ini  saling menyatu dan menjadi sebuah galaksi baru yang lebih besar. Tidak hanya satu galaksi yang menabrak galaksi ini, diperkirakan pernah terjadi tabrakan dengan galaksi lainnya

Memiliki lebar 6 juta tahun cahaya. Dibanding galaksi Bima Sakti sudah sedemikian besar hanya membentang dengan lebar 100.000 tahun cahaya.

Di Galaksi IC 1101 diperkirakan menjadi rumah dari 100 triliun bintang (belum termasuk jumlah planet), tentu saja bentangan sangat besar, 6 juta tahun cahaya.

Bisa dilihat perbandingan galaksi Bima Sakti dengan galaksi IC 1101 pada gambar. Dibawah ini ukuran dari IC 1101, jauhnya sekitar 1 miliar tahun cahaya dari bumi.



Bisa dilihat pada gambar diatas galaksi Bima Sakti ada disisi paling kiri, dan begitu kecilnya bila dibandingkan galaksi IC 1101

SuperVoid

Disebut sebagai gumpalan bola yang membentang 1,8 miliar tahun cahaya. Tetapi disana tidak ada isinya. Tim Szapudi menyebut area Cold Spot atau tempat dingin yang memanjang. Bukan kosong, hanya isinya lebih sedikit dibanding tempat lain. Apa yang dimaksud dengan sedikit

Di daerah ini sangat jarang terlihat galaksi, sementara daerah lainnya akan terlihat begitu banyak.

Bentuk Supervoid pernah ditemukan, hanya yang satu ini sangat besar seperti ini. Sementara area lain di alam semesta terlihat memiliki isi. Peneliti masih mencari jawaban mengapa tempat tersebut lebih kosong dibanding tempat lain. Digambarkan dari foto satelit observasi Plank, membentuk garis berwarna biru yang memanjang.



Seberapa besar kekosongan daerah tersebut. Mencapai 1,8 miliar tahun cahaya. Lubang yang disebut SuperVoid tersebut bukan satu satunya ada di alam semesta. Tapi lokasi ini menjadi lubang paling sepi terbesar. Bahkan abnormal kata peneliti.

Diperkirakan di bentangan yang kosong hanya terdapat terdapat 10 ribu galaksi saja. SuperVoid adalah daerah yang tidak kosong sepenuhnya. Tetapi menyisakan 20% kandungan pembentukan alam semesta dibanding daerah lain. Tempat tersebut berada 3 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Radio Lob 3C 246

Salah satu penyebab dari 2 galaksi yang menyatu, pembentukan awal galaksi. Karena ukuran dan masa lubang hitam sangat besar, memunculkan semburan yang disebut Jet ditengah galaksi.



Bentuknya seperti gambar dibawah bagian kanan atas, ada bagian semburan gas diatas dan bawah yang terlempar dari inti galaksi tersebut. Bentangannya mencapai 40 juta tahun cahaya. Kondisiini munculkan gelombang radio di galaksi ini merupakan awal terbentuknya sebuah galaksi.




Huge LQG atau Quasar dalam grup besar.
Huge LQG atau nama lainnya U1.27 menjadi kelompok quasar terbesar yang pernah ditemukan. Setidaknya ada 73 quasar dan lagi lagi memanjang membentuk pola sepanjang 4 miliar tahun cahaya. Baru ditemukan pada bulan Januari 2013. Benda ini menjadi struktur terbesar yang pernah di amati di alam semesta.

Mundur sedikit dengan arti kata Quazar.
Quazar adalah benda / cahaya yang ditimbulkan ketika proses awal terbentuknya inti galaksi. Benda tersebut terlihat energik dan sedang tumbuh dan memunculkan cahaya. Cahaya yang terbentuk berasal dari sebuah black hole yang menyemprotkan radiasi kearah atas dan bawah dari inti galaksi.

Selama proses pembentukan, Black Hole akan menarik sebagian gas atau benda lain. Kata lain black hole yang sedang melahap semua materi terdekat. Karena intinya sangat padat, sisa gas yang tertarik disemburkan ke titik atas dan bawah.

Dan letak penampakan cahaya Quazar sangat jauh, mencapai jutaan tahun cahaya. Seperti melihat waktu mundur ketika terjadinya pembentukan galaksi di alam semesta.

Berbeda dengan cahaya bintang, cahaya dari Quazar seperti gelombang radiasi radio. Melepaskan energi dalam jumlah jutaan, miliar bahkan triliunan elektron. Energi sebesar itu akan terlihat seperti cahaya dari pengamatan astronomi. Nama lainnya disebut juga Blazar atau radio galaksi.

Suatu hari nanti cahaya dari Quazar akan hilang, karena black hole sudah tenang dan benda yang ada disekitarnya sudah habis ditelan. Dan terbentuklah sebuah galaksi seperti biasa.

Bentuk artis quazar seperti dibawah ini



Karena pembentukan Quazar menjadi cikal bakal galaksi. Di tempat LQG terlihat beberapa quazar. Diperkirakan semuanya membentang dalam satu pola. Begitu banyak Quazar ditemukan pada 3 bagian dibawah ini.

Sebelumnya struktur terbesar ini ada di nomor 2 terbesar yang disebut Sloan Great Wall. Sama seperti Huge LQG dengan pola galaksi sangat banyak.
  • Great Wall CFA2 ditemukan tahun 1989 oleh Margaret Geller dan John Huchra berdasarkan penelitian Redshift. Jaraknya membentang antara 500 juta  tahun cahaya dan lebarnya 300 juta  tahun cahaya.
  • Tahun 2003 ditemukan lagi Sloan Great Wall atau SDSS Great Wall. mengunakan Sloan Digital Sky Survey oleh J Richard Gott dan Mario Juric dari universitas Princeton. Membentang 1,3 miliar tahun cahaya.
  • Yang terakhir dan terbesar adalah Huge LQG yang baru ditemukan awal tahun 2013
  • Update Maret 2016, struktur terbesar BOSS

  Name Length Dimensions Diumumkan
1. Sloan Great Wall 420 Mpc (1.37 Gly) - 2003, October
2. The Great Wall 153 Mpc (500 Mly) 500*300*15 Mly 1989
3. Lyman-alpha blob 61 Mpc (200 Mly)
2006, July
4. BOSS 1 Bil-ly
2016, Maret
Mpc = megaparsec = 106 pc; Gly = giga light-year = 109 ly;

Dibawah ini struktur Great Wall



Dimana Great Wall dan Sloan Great Wall
Kita dapat melihat bentuk gambar dibawah ini, posisi kita ada di bagian tengah bawah dan memandang 2 bagian gambar tersebut. Setiap titik adalah galaksi.
Great Wall CfA2 adalah posisi galaksi yang membentang sejauh 300 miliar tahun cahaya. Perkiraan lebar mencapai 758 juta tahun cahaya. Ditemukan oleh Margaret J Geller dan John Huchra sekitar tahun 1980an.


Kurva atas adalah Sloan Great wall, jaunya 1 miliar tahun cahaya. Membentang sepanjang 1,37 miliar tahun cahaya. Ditemukan oleh Mario Juric pada tahun 2003

Perbandingan Great Wall dan Sloan Great Wall

Terbaru ditemukan Huge LQG pada awal tahun ini.






Boss dipublikasikan Maret 2016

Astronom memetakan dengan Baryon Oscillation Spectroscopic Survey atau BOSS. Upaya seluruh kegiatan astronomi internasional untuk memetakan galaksi dan quasar di awal alam semesta.

Benda yang dibuat dalam bentuk gambar animasi ini adalah 830 galaksi yang terpisah tapi terhubung dengan gravitasi ke dalam 4 super cluster (grup) dan lapisan gas panas.

Luas dari BOSS mencapai 10.000x galaksi Bima Sakti. Berada pada jarak 4,5 sampai 6,5 miliar tahun cahaya dengan panjang 1 miliar tahun cahaya
BOSS lebih besar 2/3 dari penemuan Sloan Great Wall yang ditemukan tahun 2003.


Struktur terbesar di alam semesta BOSS

Struktur terakhir adalah Cosmic Web, atau alam semesta itu sendiri.

Cosmic Web adalah gelombang radiasi yang tertangkap instrumen para astronom.

Bentuknya seperti jaring yang saling mengikat beberapa galaksi dan benda lainnya. Agak sulit mengambarkan bentuk Cosmic Web ini kira kira inilah seluruh luas alam semesta.

Seperti melihat luasnya alam semesta keseluruhan, Cosmic Web adalah gambar dari kumpulan titik titik dari miliaran galaksi yang seakan saling terhubung membentuk pola jaring.

Penemuan diatas adalah penemuan baru dalam beberapa dekade. Bisa berubah dalam beberapa tahun mendatang. Seperti penemuan Great Wall dari rentang galaksi baru ditemukan tahun 1989, disusul penemuan kedua tahun 2003 dan terakhir LQG pada tahun 2013.

Dibawah ini rekaan gambar dari Cosmic Web, membentuk seperti pola jaring bila melihat susunan seluruh galaksi yang ada.



Ilmu astronomi adalah hal yang menarik. Tidak mempelajari bintang, bulan atau planet saja. Tetapi melihat pembentukan alam seperti dan benda benda lain yang sangat besar ternyata banyak ditemukan di alam semesta ini.

Berita terkait
Exoplanet adalah singkatan dari planet diluar tata surya, ekstrasurya. Mencari planet tidak mengunakan metode yang sama. Sejauh ini ada 3 cara menemukan planet di luar tata surya, dan menentukan perkiraan bentuk planet baru, massa, ukuran, orbit yang menarik diteliti para astronom. Metode apa saja yang digunakan dalam mencari planet.

Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya. Kemungkinan pergerakan galaksi disebabkan gravitasi antar cluster galaksi, atau faktor energi gelap.



Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.

Seberapa besar alam semesta, dapat dilihat dengan membagi beberapa bentuk struktur raksasa. Dari planet yang dikira sebuah bintang, kumpulan galaksi yang bergabung menjadi kluster galaksi, cahaya ditengah galaksi yang disebut Fermi Bubble, sampai Supervoid atau wilayah dingin yang berada di tengah alam semesta tapi ilmuwan tidak tahu mengapa tempat tersebut relatif kosong.

Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang pulsar J0740+6620 paling masif ditemukan setara kepadatan 2.14x  matahari

Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov



Siap siap dengan Supermoon bulan Desember 2017. Bulan purnama 3 Desember 2017 waktu 17:41 WIB, bulan akan terlihat lebih besar 14% dan lebih terang 30%

Bintang Nova Centauri 2013 ditemukan berubah oleh astronom amatir John Seach pada 2 Desember 2013.Cahaya bintang ini meningkat pada tanggal 14 Desember 2013, cahayanya berubah menjadi pink. Sudah diamati secara tidak sengaja sejak 2009 , phase tidak stabil, meledak dan akhirnya diketahui ada bintang biner

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.


3 tahun lagi ada sebuah teleskop TESS untuk mencari planet kembaran bumi. Disusul 1 tahun kemudian teleskop James Webb. Update dari Dr Natalie tentang teknik pencarian kembaran bumi



Sebuah penemuan awan hidrogen yang besarnya 20x lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Tempat ini menjadi awan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Gas yang ditangkap teleskop membentang seperti saling menghubungkan 3 galaksi yang begitu jauh

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. 2-3 juta tahun lalu disana ada air, tapi menghilang.

Ada yang melihat, jangan jangan hanya dia saja yang tahu. Sebuah gambar video direkam seorang astronom pada 11 September 2013. Sekitar jam 20:07 GMT ada kilatan cahaya di bulan

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang. Ini penjelasan dalam sain tentang perubahan warna langit.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core




No popular articles found.
< /body>