Infografik kehidupan di bumi dari pembentukan sampai masa depan


Kategori : Science | Date : 24 December 2013
Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan. Bisa dilihat perkembangan dari jaman manusia purba menjadi Homo Sapien dan manusia modern. Manusia purba sebelumnya yang ditemukan usianya jauh lebih tua,bahkan kehidupannya tidak berkembang, sekarang kemajuan begitu cepat dalam teknologi. Tetapi evolusi sampai manusia menjadi sekarang ini sudah berlangsung sangat lama.



Seperti gambar diatas, kehidupan ketika manusia masih berupa monyet lalu berevolusi ke jaman batu dan mulai berdiri. Jaraknya sangat jauh dibanding perkembangan sekarang. Lebih jauh kebelakang sebelum dinosaurus punah akibat bumi kejatuhan meteor. Itupun waktunya mundur,  mencapai jutaan tahun lalu. Manusia memang belum ada, bahkan cikal bakal mausia di jaman batu belum terbentuk.

Sejak ditemukan binatang pertama yang hidup di bumi, usianya mencapai 600 juta tahun dari sekarang. Evolusi binatang berubah menjadi ikan lalu menjadi serangga dan reptil, disusul mamalia. Barulah masuk ke jaman dinosaurus.

3,6 milyar tahun lalu semua kehidupan dimulai dari sel. Unik, dan evolusi berubah menjadi beberapa mahluk hidup.



Kapan terbentuknya bumi. Sekitar 6 miliar tahun lalu bumi baru lahir. Tapi bumi belum seperti sekarang, karena hujan meteor terus terjadi.
Dari mana semua terbentuk,  lebih mundur sampai perkiraan dari terjadinya Big Bang. Apa yang terjadi sebelum masa Big Bang, belum ada yang bisa memperkirakan. Karena semua masih berupa hipotesa.



Itu masa lalu, bagaimana masa depan kehidupan manusia.
Suatu hari nanti semuanya akan habis, dan tidak membicarakan tentang kehidupan manusia. Bintang sebagai sumber kehidupan tidak lagi bersinar, alam semesta akan tamat dan gelap. Semua bintang sudah habis membakar bahan dan tidak ada planet bercahaya. Jangan lupa matahari sudah menyala sejak 4,6 miliar tahun lalu. Umur matahari mungkin sudah sangat tua.
Akhirnya semua bintang mati dan tidak ada cahaya lagi. Tersisa hanya planet yang sangat dingin, blackhole juga hancur, dan tidak ada cahaya dimanapun. Artinya alam semesta tamat dan semua kehidupan selesai.



Beruntung waktu kematian matahari masih sangat sangat lama, dan kehidupan di alam semesta sekarang masih terlihat damai dan tentram. Ini  waktu terbaik, kehidupan paling damai di bumi yang disebut Golden Time. Gunakan waktu kita untuk hal terbaik untuk saat ini.

Lengkapnya bisa dilihat video infografik dibawah ini


Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Dengan instrumen baru, astronom mencoba melihat tata surya ditemukan 4 planet yang sebelumnya hanya 3. Ditemukan lagi 44 exoplanet dari data tahun 2016

Manusia modern bertahan sampai saat ini, menjadi mahluk penguasa bumi. Apakah nenek moyang kita adalah satu satunya homo sapien yang ada dan berasal sama. Berdasarkan penemuan benda purbakala, Homo Florensiensis terpisah dari Homo Erectus. Manusia modern lebih cepat 100.000 tahun sudah hadir lebih cepat

Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam , meneliti batuan pada ratusan juta tahun lalu. Peneliti dari JAMSTEC berencana membor 6KM ke perut Bumi



Data dari Potentially Hazardous Asteroids (PHAs) menyebutkan sekitar 1.400 objek (asteroid) telah ditemukan sampai awal 2013. Orbit asteroid sebesar ini mengancam kehidupan di bumi. Rata rata yang jatuh hanya 3-4 meter

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya juga muncul akibat pembesaran garvitasi lensa.

Apa yang terjadi di Bumi, bila seluruh manusia pergi meninggalkan. Apa yang tersisa dari sejarah manusia. Apakah Bumi akan hancur, atau kembali seperti peradaban ratusan ribu tahun lalu. Mungkin akan muncul spesies baru penganti manusia.

Dreadnoughtus adalah penemuan baru dari dinosaurus berukuran besar. masuk kategori Titanosaurian karena bobotnya diperkirakan mencapai 60 ton. Fosil dinosaurus berusia 110 juta tahun juga diumumkan ditemukan di Alberta



Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Di sebuah kota kecil di Ottosdal Afrika Selatan, penambang menemukan benda misterius. Bentuknya seperti bola kecil yang disebut Klerksdor. Seperti bola bulat tapi pipih. Beberapa dari mereka memiliki3 garis melingkar. Terlihat seperti buatan manusia, tapi benda tersebut jauh lebih tua.

Apakah aplikasi resmi aman buat penguna smartphone Android. Sebenarnya tidak, beberapa aplikasi boleh dibilang agak nakal. Seperti Antivirus, aplikasi Chat dan telepon internet Viber, dan Facebook mengambil data di smartphone. Atau Instagram bisa mengakses microphone

Dari Gigabyte ke Terabyte, tap tahun 2016 menjadi era Zettabyte. Secara teknik Zettabyte setara 1.024 Exabytes atau 1.1 triliun Gigabyte (mendekati). Apa yang dimaksud dengan era Zettabyte, pastinya berhubungan dengan internet.

Cosmic Ray membantu manusia mengerti tentang alam semesta. Kita hanya mengetahui 4% dari apa alam semesta terbentu. Bisakah kita mengetahui yang ada di luar galaksi kita. Cosmic ray seperti data yang mengirim pesan ke Bumi untuk dipelajari.



3 peneliti dari institusi Perimeter memberi masukan baru tentang alam semesta. Bagaimana sebelum terjadinya Big Bang, munngkin kita berasal dari dimensi yang lain. Bagaimana kejadian sebelum Big Bang

Video tentang dunia sain, yang satu ini menceritakan kehidupan dunia kosmos untuk ratusan miliar tahun kedepan. Bintang yang membentuk cahaya di alam semesta, suatu hari akan mati satu persatu dan alam semesta akan gelap gulita.

Ada yang melihat, jangan jangan hanya dia saja yang tahu. Sebuah gambar video direkam seorang astronom pada 11 September 2013. Sekitar jam 20:07 GMT ada kilatan cahaya di bulan

Bila bintang meledak mati menjadi bintan neutron atau black hole. Bila menjadi bintang neutron dan ada benda lain disampingnya, apa yang terjadi. Akan hangus terbakar karena radiasi si bintang induknya.

Mengapa anak kecil dibawah 7 tahun tidak bisa mengingat semaunya dari apa yang terjadi di masa kecil mereka. Setidaknya setelah kelas 2 SD, orang baru bisa mengingat kembali apa saja yang dipelajari disekolah. Peneliti mengatakan itu amnesia masa kanak kanak.

Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.


No popular articles found.