Sabun anti bakteri aman atau tidak


Green | 23 December 2013

Sabun anti bakteri, baik cair atau sabun batangan belum tentu melindingi anda dari kuman dibanding sabun biasa. Bahkan memiliki resiko bagi  kesehatan. Food and Drug Administration mengambil langkah kepada produsen selama satu tahun. Untuk meminta bukti bahwa sabun antibakteri mereka aman.



The proposed rule does not require the antibacterial soap products to be removed from the market at this time. When the proposed rule is finalized, as previously stated, either companies will have provided data to support an antibacterial claim, or if not, they will have to reformulate (remove antibacterial active ingredients) or relabel (remove the antibacterial claim from the product's labeling) these products in order to continue marketing. The proposed rule is available for public comment for 180 days, with a concurrent one year period for companies to submit new data and information, followed by a 60-day rebuttal comment period.

Bahan yang dipakai oleh sabun antibakteri umumnya triclosan dan trilocarbon. Bahan tersebut terkait dengan gangguan tiroid, fungsi otak dan testoteron rendah sampai menurunkan kesuburan. Penelitian menyebutkan bakteri akan semakin kuat terhadap antibiotik. Walau sejauh ini baru masih diuji di laboratorium.

Sebelumnya FDA menanggap bahan trilocarbon aman pada tahun 1994, sekarang kembali dipertanyakan apakah sabun jenis ini memang ampuh untuk mematikan bakteri atau berdampak lain. FDA tidak menghapus pengunaan bahan kimia tersebut sepenuhnya. Karena hampir tidak mungkin manusia tidak terpapar zat kimia seperti ini.

Beruntung tidak semua produsen mengunakan bahan seperti triclosan. Masih ada ribuan produk yang aman dipasaran. Bahkan P&G berjanji akan menghapus semua produknya dengan bahan kimia diatas.

+ www.fda.gov

Berita terkait
Apakah sabun anti bakteri lebih efektif menghindari seseorang terkena penyakit. FDA resmi melarang produsen mengunakan bahan anti bakteri. Bahan triclosan dapat menyebar khususnya resiten bakteri dan pencemaran lingkungan. Studi terbaru dapat menganggu jantung dan otot.

5 bulan setelah negara India melarang pengujian kosmetik dengan hewan di dalam negeri. India sekarang melarang impor kosmetik yang menguji dengan binatang. India menjadi negara pertama di Asia yang memberlakukan larangan tersebut.



Peneliti menemukan ribuan mikroba di uang kertas. Studi komprehensif ini adalah yang pertama. Uang kertas adalah alat pembayaran atau sebagai alat tukar, termasuk bakteri yang hidup dari tangan ke tangan.

Kamar kecil di mall, atau ruang publik biasanya menyediakan sabun untuk mencuci tangan. Apa benar disana lebih bersih, jangan jangan malah kuman berkumpul disana.

Kapal pesiar mewah Explorer of the Seas berlayar pada 21 Januari untuk rute 10 hari pelayaran bagi wisatawan. Tapi 600 dari 3050 penumpang sakit masal di kapal. Jadwal pelayaran dipercepat 2 hari dan kapal kembali ke New Jersey hari Rabu kemarin.

Masyarakat Amerika terlalu banyak membuang makanan. Terkait dengan tanda label tanggal kadaluarsa. Lalu apa fungsi tanggal kadaluarsa di makanan supermarket Amerika. Bagaimana mengetahui daging busuk, atau susu formula. Percayakan pada indra kita.




No popular articles found.
< /body>