Setelah kantor Cyanogen ditutup di kota Seattle dan mengurangi karyawan.

Fokus karyawan hanya di kantor Palo Alto. Cyanogen akan menutup semua layanan Cyanogen Nightly.

Semua Custom ROM Cyanogen Mod adalah open source dan tetap tersedia, serta mengijinkan siapa saja memodifikasi OS Android dari Cyanogen. official blog

Kabarnya pengembangan OS Android versi alternatif berada di website LineageOS.org

File Flash ROM atau Custom ROM Android ada yang di simpan pengembang SuperLuminal.

Cyanogen 14 Nightlies
Cyanogen memberikan modifikasi OS Android untuk 12 model smartphone. Cyanogen Mod 141 mengunakan OS berbasis Android 7.1. Info get.cm

Dibawah OS Cyanogen CM14.1 sudah tersedia untuk smartphone terakhir:

Xiaomi Mi3w ( cancro ), Xiaomi Mi4 ( cancro )
Lenovo Moto G ( falcon ), Lenovo Moto G 2014 ( titan ), Lenovo Moto G 4G 2014 ( thea ), Lenovo Moto G 4G ( peregrine )
LG G3 ( d855 ), LG G4 T-Mobile US ( H811 ), International ( H815 )
Google Nexus 5X ( bullhead )Nexus 6 Shamu, Nexus 7 2013 WIFI, Nexus 2013 4G,
Moto G 2015 Osprey


Samsung Galaxy S5 ( KLTE , Vodafone ( kltedv ), Sprint ( kltespr ), US Cellular ( klteusc ), Verizon ( kltevzw ), Samsung Galaxy Note 10.1 2014, Samsung Galaxy Tab S 8.4 WiFi
OnePlus 3 ( oneplus3 ).Oneplus , Oneplus
Asus Zenfone 2 Laser 720p ( Z00L ) dan Asus Zenfone 2 laser 1080p ( Z00T )
HTC 10
Wileyfox Storm

Cyanogen 13 Nightlies
Cyanogen Mod adalah OS alternatif atau modifikasi OS Android. Apa fungsi dari OS Android CyanogenMod.

OS ini adalah OS alternatif berbasis Android. Dibuat oleh pengembang OS Android, dan dikumpulkan dalam satu tim Cyanogen.

Misalnya smartphone tidak mendapat update OS Android dari produsen. Beberapa pengembangan software Android membuat OS Android Cyanogen dengan versi modifikasi.

OS Cyanogen dapat membuat OS Android lama mendapatkan upgrade OS Android baru. Seperti mengupgrade Windows XP ke Windows 7 tapi dibuat oleh tim pengembang lain.

Misalnya dari OS Gingerbread atau OS Android 2.3 dapat di upgrade ke OS Kit Kat / Android 4.4.

OS Cyanogen tidak menjamin sistem smartphone anda berjalan dengan stabil, karena beberapa keterbatasan hardware yang ada. Seperti procesor model lama yang lambat. Artinya OS Cyanogen untuk upgrade OS pilihan terakhir, karena smartphone sudah lagi di dukung produsen dengan beberapa alasan. Tapi penguna ingin mendapatkan OS Android versi lebih tinggi, beberapa kekurangan atau sebaliknya mendapatkan fitur baru, dan disarankan mengunakan versi Stable.

Bagi mereka yang masih ingin mengunakan smartphone lama dengan alasan masih menyukai kinerja smartphone lama, atau sudah cukup dengan smartphone yang ada. Tapi membutuhkan OS Android lebih tinggi, dapat meng-update ke OS CyanogenMod untuk menguprade ke versi lebih tinggi

Satu versi OS CyanogenMod dibuat khusus untuk satu model smartphone. Pastikan tipe smartphone anda sesuai dengan versi OS Cyanogen yang tersedia.

CyanogenMod versi 11 yang sudah dirilis, dapat memberikan OS smartphone lama di upgrade dari OS Android 2.3 Gingerbread ke OS Android 4.0+ atau Kit Kat. Dilanjutkan dengan Cyanogenmod CM12 berbasis OS Android Lolippop, dan CM13 berbasis OS Android Marsmallow dan terakhir CM14.

Kebanyakan data yang menginstall OS Android Cyanogen adalah Galaxy S, S II dan S III. Sedangkan versi paling populer CM 10.1 Nightlies dan CM10.2. Kebanyakan penguna perangkat Android menginstall update dari CyanogenMod.

OS Cyanogen baru baru ini dikabarkan akan dipakai oleh smartphone Oppo N1 sebagai perangkat resmi pertama. Dan Google memberikan ijin kepada Oppo untuk tetap login ke Google Play.

Sebelum membuat Root atau Flash ROM smartphone anda.



Mohon dibaca baik baik apa yang akan terjadi. Salah Flash ROM smartphone, artinya smartphone anda Blep - So whoever takes the risk, takes the responsibility
Bila salah langkah, smartphone anda mungkin ada sesuatu yang kurang.
Bila stuck, smartphone tidak rusak. Tapi OS Android (seperti OS Windows) yang salah install.
Ikuti satu sumber yang anda yakin benar dan paling lengkap. Pelajari satu persatu tahapan apa yang perlu dilakukan dan jangan sampai terlupa.
Hindari mengikuti sumber dari Copy Paste, dan hanya memberikan link tidak aktif, atau sudah dihapus.
Pastikan mendapat file lengkap seperti IMG Recovery file dan ZIP file Custom ROM dan GAPP (Google Applications)
Pastikan informasi tentang Custom ROM yang sudah ada tidak memiliki masalah atau dikeluhkan oleh penguna lain.

Daftar smartphone yang dapat di Root dengan Cyanogen Mod

Daftar perangkat yang dapat di upgrade ke OS Android CyanogenMod + www.cyanogenmod.org
 


Root Guidehttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1317394

CWM Recoveryhttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1446593

CM9 ROMhttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1576874

CM9 Bug Report and FAQhttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1598056

GAPP Open : opengapps.org/


Apa OS Cyanogen Mod (kata indahnya)

  • OS Cyanogenmod adalah OS alternatif OS Android. Smartphone Android kadang memiliki bloatware yang menganggu, menghabiskan baterai, diam diam bekerja secara background dan banyak lagi. Produsen memberikan aplikasi ke smartphone mereka untuk kebaikan penguna. Tapi bagi penguna terkadang menganggu.
  • Produsen dapat menghentikan upgrade OS di smartphone kapan saja. Bila mereka tidak mau mengupgrade dengan berbagai alasan. Misalnya hardware produk mereka yang di produksi 2 tahun atau 3 tahun lalu tidak bisa di upgrade karena smartphone akan mengalami masalah.
  • Atau produsen sudah tidak peduli lagi untuk mengupgrade, dan membiarkan penguna mengunakan OS lama
  • Anda membutuhkan OS Android lebih tinggi, sementara smartphone yang dipakai masih mengunakan OS Android 2 atau Android 4. Dan produsen tidak memberikan alternatif untuk upgrade, karena dianggap sudah out of date.
  • Ingin membeli smartphone baru, hanya masalah OS Android sudah tertinggal. Bisa mencoba mengupgrade dengan OS Cyanogenmod
  • Cyanogenmod mengunakan versi 11 untuk Android 4.4, 12 untuk Android 5 dan 13 untuk Android Marshmallow
  • OS Cyanogen mod dikembangkan oleh grup untuk memberikan update OS dengan disain Android mereka untuk setiap tipe/model smartphone. Satu versi OS Cyanogenmod dirancang untuk satu model smartphone. Kita harus mengetahui apakah file Flashrom yang digunakan adalah Flashrom yang tepat untuk smartphone yang kita miliki.



Bagaimana menginstal Cyanogenmod (kata yang bikin pusing kepala)

  • Masing masing OS Android alternatif di setiap versi dan model smartphone memiliki teknik tersendiri.
  • Setiap smartphone memerlukan OS Cyanogen dalam bentuk Zip dan Recovery IMG sendiri. Dan dibutuhkan file GAPP atau Google Play, bagian ini tidak boleh lupa karena berhubungan ketika anda menginstall smartphone dari Play Store.
  • Pengembang OS Cyanogen akan memberikan ciri dengan nama dibelakang nama file untuk masing masing model smartphone dan tablet. Misalnya Shamu untuk Nexus 6, Serrano3gxx untuk Galaxy S4 Mini, Mondrianwifi untuk Galaxy Tab Pro 8 dan lainnya. Dan hanya bekerja di satu model yang sudah ditentukan. Pastikan mendownload versi sesuai model smartphone.
  • Teknik install dapat membaca di milis terpercaya seperti forum XDA. Dan baca berulang kali serta membandingkan dari informasi lain, khususnya tentang masalah hardware atau bug dan keluhan dari mereka yang sudah mencoba. Hindari membaca blog yang copy paste dari sumber lain, biasanya informasi tidak lengkap dan tidak ada komentar dari user lain yang sudah mencoba. Tidak semua smartphone yang di Root mengunakan teknik yang sama, dan memFlash dengan teknik berbeda.
  • Terbaik, pilih satu sumber website, dan melengkapi semua file yang dibutuhkan, mengikuti tahap demi tahap, menempatkan semua file seperti diminta seperti memindahkan ke micro SDcard, membutuhkan kabel data, software ODIN dan lainnya. Karena mengupgrade smartphone sama saja seperti mengupgrade computer. Diperlukan flashdrive, CD, driver. Bila mengunakan aplikasi ketahui ketika tahap apa aplikasi Android harus dijalankan. Beberapa aplikasi untuk memodifikasi smartphone dengan Custom Rom sudah tersedia. Dari proses Root, memasukan Recovery File sampai Flash Custom ROM baru

Apa resiko mengunakan OS Cyanogenmod (yang membuat kita berpikir 999 kali)

  • Smartphone anda harus di status di Root atau sebagai Super User. Tahap ini OS Android anda tidak berubah, tapi dibuka. Seperti memiliki Windows OS, dan anda sudah mendapat hak untuk login tertinggi Supervisor. Artinya file di smartphone yang tidak dapat dihapus, dapat dihapus karena anda membuka hak paling tinggi. Tapi bila salah hapus,hati hati smartphone malah tidak bekerja dengan baik.
  • Bila mentok dan gagal Flashroom. Smartphone anda akan diminta untuk mengupgrade Board oleh servis center dengan biaya mahal karena layanan purna jual tidak mau berurusan dengan modifikasi OS seperti ini. Jadi resiko ini harus kita hadapi, setidaknya ada teman yang mau membantu bila upgrade ternyata mentok / salah. Atau anda menyiapkan cadangan untuk mencari servis ponsel yang dapat memperbaiki atau mengembalikan ROM anda seperti semula atau jasa upgrade OS Android. Mengoprek dengan Custom ROM tidak merusak smartphone, tapi smartphonenya saja yang tidak jalan ;-)
  • OS Cyanogenmod kemungkinan akan mengalami gangguan, misalnya kompatibel perangkat. Bisa di baca dari laporan penguna yang sudah mengugrade. Khususnya terlalu percaya diri mengambil OS terbaru yang masih bermasalah. Alasannya, karena hardware lama belum tentu mampu menjalankan OS lebih tinggi.
  • Disarankan mengunakan OS yang sudah stabil untuk meminimalkan bug. Karena di versi Beta atau OS Cyanogen Mod yang lebih tinggi umumnya belum diketahui masalah pada bug yang muncul. Dan jangan jengkel bila OS untuk smartphone Android anda ternyata lebih sering bermasalah. Bisa saja disebabkan hardware yang kurang tinggi, seperti RAM terlalu kecil atau storage terlalu kecil, dan kita harus memindahkan aplikasi dan data ke microSD. Sementara microSD yang dipakai memiliki kecepatan lambat.
  • Smartphone anda terlihat mati total, boot loop, karena kesalahan menginstall OS tersebut, sementara anda tidak tahu lagi untuk melakukan langkah lainnya.
  • Atau kehilangan data seperti login, kontak telepon dan lainnya. Disarankan membackup semua data, karena smartphone anda akan berganti OS ke Cyanogenmod dan data di smartphone akan di format total. Buat backup semua kontak ke account Google, sebelum melakukan upgrade Flashrom Cyanogenmod.
  • Kurang informasi dan ragu melihat langkah yang diberikan tidak dapat menyakinkan diri anda, sebaiknya batalkan untuk upgrade dengan OS Cyanogenmod. Dibanding nantinya masalah menjadi kenyataan, dan membuat anda cemberut berhari hari karena smartphone anda tidak berfungsi lagi
  • Bila terjadi kesalahan install apa yang dilakukan. Bertanya, dan di coba lagi. Seluruh informasi dengan Root smartphone akan tertulis "Kesalahan fatal, resiko ada ditangan anda"

gambaran proses install Cyanogenmod

Contoh modifikasi dengan Custom ROM di smartphone Android




Informasi update smartphone yang dapat di upgrade OS Android ke Cyanogenmod


2016-08-01 Huawei Honor 5X dan ASUS ZenPad 8.0 CyanogenMod 13

2016-06-15  Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 5, Nexus 4, OnePlus One, Moto E (2015), OPPO Find 7 and 7s, OPPO R7 Plus, Xiaomi Mi 4, LG G2, Android One devices, Nexus 7 (2013) WiFi / 4G, Nexus 9, Nexus 10
2016-03-09 Asus Selfie Z00T cm-13.0-20160309-NIGHTLY-Z00T.zip (478.75 MB)

2016-02-06 Samsung Galaxy S2 i9100 update Marshmallow (Unoff) cm-13.0-20160206-NIGHTLY-i9100.zip (252.88 MB)
2016-01-27 Moto X 2013 cm-12.1-20160127-SNAPSHOT-YOG7DAO3J1-ghost.zip (254.4 MB)
2016-01-27 Droid Ultra/MAXX cm-12.1-20160127-SNAPSHOT-YOG7DAO3J1-obake.zip (254.76 MB)
2016-01-27 Moto MAXXcm-12.1-20160127-SNAPSHOT-YOG7DAO3J1-quark.zip (389.14 MB)
2016-01-17 Google Galaxy Nexus cm-12.1-20160117-NIGHTLY-maguro.zip
2016-01-11 Moto E  cm-13.0-20160111-NIGHTLY-condor
2015-11-17 Moto X 2014  cm-13.0-20160111-NIGHTLY-victara.zip
2016-01-11 Optimus L70  cm-13.0-20160111-NIGHTLY-w5.zip
2016-01-11 Moto G 2014 cm-13.0-20160111-NIGHTLY-titan.zip
2016-01-11 Android One  cm-13.0-20160111-NIGHTLY-sprout4.zip
2016-01-11 Nexus 6  cm-13.0-20160111-NIGHTLY-shamu.zip


Tampilan OS Cyanogenmod untuk smartphone terbaru

Tim Cyanogen Mod tidak lagi mengembangkan OS smartphone Android terbaru. Tim lain masih terus mengembangkan Upgrade OS Android untuk smartphone lama adalah Lineage OS Android memberikan update