Cara membuat teleskop dari Sciencetech.technomuses.ca hanya membutuhkan 2 kaca pembesar, tabung dan penutup agar cahaya tidak masuk. Gambar yang dilihat akan terbalik, tapi itu tidak penting. Intinya membuat kekeran sendiri dari kaca pembesar.

Karena melihat benda di angkasa tidak terpengaruh dibanding kita melihat gambar pemandangan. Dibutuhkan 2 tabung untuk menempel 2 kaca pembesar sebagai penyesuai fokus. Untuk ukuran lensa kaca pembesar bisa diambil dengan perbedaan ukuran diameter masing masing lensa.  Atau dua lensa di depan dengan kaca pembesar, dan satu lensa di belakang mengunakan lensa okuler (lensa untuk microskop di sekolah) untuk melihat gambar.
Untuk membuat teleskop sendiri bisa dimulai dari gulungan karton, atau majalah yang dibuat dalam bentuk silinder. Bisa menempelkan kaca pembesar di depan dan belakang serta tabung karton bisa dimaju mundurkan. Mengapa video dibawah mengunakan karton berwarna hitam. Tujuannya agar kita lebih mudah melihat fokus objek dan cahaya yang masuk tidak memantul ke kaca pembesar.

Pembesaran x  = focal length of telescope / focal length of eyepiece

Dibawah ini teknik membuat teleskop sederhana sendiri.
Bagian depan adalah cermin.
Titik bersingungan adalah jatuhnya fokus (titik api dari kaca pembesar depan)
Kaca pembesar dibelakang untuk memperbesar gambar dari titik di tengah.


Pada posisi CCD (sensor / mata), bila bagian ini dimundurkan maka gambar akan semakin di Zoom.

Setelah dicoba dibuat dengan karton majalah. Kaca pembesaran paling depan (Object Lens) adalah bagian paling penting untuk memperbesar gambar. Kaca kedua dibelakangnya membantu memperbesar gambar dari kaca di depan.







Note. Gunakan peralatan yang ada untuk membuat teleskop sendiri sebagai penambah ilmu pengetahuan. Tapi tidak membuang dana berlebihan. Karena teleskop buatan pabrikkan tipe Reflaktor dapat dibeli dipasaran dengan harga terjangkau.