Astronom yang kita tidak ketahui


Kategori : Science | Date : 22 December 2013
Sebuah ledakan bintang atau supernova di galaksi Bima Sakti dipastikan terlihat dimasa mendatang. Setidaknya 50 tahun lagi dan sinarnya bisa terlihat dengan mata telanjang pada malam hari. Untuk saat ini baru bisa terlihat dengan teleskop infrared di ruang teleskop observasi.
Mengapa cahaya ledakan bintang yang tidak terlalu jauh ini baru terlihat 50 tahun lagi. Karena letaknya memang jauh, cahaya ledakan bintang yang terang tersebut baru terlihat di bumi dalam beberapa tahun mendatang.



Sebuah bulan Jupiter dinamai Io dan ukuran sedikit lebih besar dari bulan kita di bumi. Bulan di Jupiter ini memiliki gravitasi rendah, bedanya ada beberapa gunung berapi disana. Memiliki erupsi abu dengan abu terlempar keluar ke ruang angkasa sampai ketinggian 500km dari permukaan bulan tersebut dan berbentuk payung . Kekuatan gravitasi Jupiter juga menganggu gaya tarik bulan Io. Bulan ini memiliki orbit elips

Bulan Jupiter paling dekat




Kecepatan badai di planet Neptunus sedemikian besarnya, sampai menembus kecepatan suara. Maklum planet ini ukurannya memang raksasa, dan berisi lebih banyak gas.



Seandainya matahari kita seukuran sel darah merah. Ukuran galaksi Bima Sakti dapat digambarkan sebesar daratan Amerika Serikat. Bisa dibayangkan itu hanya perbandingan sel darah merah dengan ukuran matahari. Bagaimana dengan luasnya alam semesta





Sebuah mateorid ditemukan di California pada April 2012. Uniknya batuan meteor ini memiliki molekul organik berbeda. Atau memiliki molekul yang tidak pernah di temukan dari meteor lain yang pernah jatuh di bumi. Bisa saja batuan ini berasal dari luar tata surya. Cukup aneh, tetapi dalam dunia kosmos hal ini wajar. Bisa saja batuan bukan datang dari sekitar tata surya.



Sebuah desa kecil di Arizone disebut Sky Village atau kampung langi. Disana memiliki satu aturan "matikan lampu terkutuk mu". Khususnya bagi para tamu yang mampir ke desa ini harus mengikuti aturan tersebut. Ada apa sebenarnya di desa ini.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Video tentang dunia sain, yang satu ini menceritakan kehidupan dunia kosmos untuk ratusan miliar tahun kedepan. Bintang yang membentuk cahaya di alam semesta, suatu hari akan mati satu persatu dan alam semesta akan gelap gulita.



Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya


No popular articles found.